Rahasia Makanan Prajurit Gladiator

Reporter : Ervina
Kamis, 23 Oktober 2014 08:28
Rahasia Makanan Prajurit Gladiator
Lewat penelitian pada tulang dan tengkorak, para ahli menemukan rahasia ketangguhan prajurit gladiator. Rahasianya diet khusus untuk menghasilkan tenaga super.

Dream - Apa yang terbayang dalam benak anda jika mendengar kata 'gladiator'? Ya, manusia dengan kekuatan super yang dapat menaklukkan setiap lawan, bahkan hewan sekalipun dapat dikalahkan.

Pernahkah terbayang apa kira-kira makanan yang dimakan hingga bisa memiliki tenaga super kuat? Pasti akan terbayang para gladiator yang hidup di zaman Romawi kuno itu kerap memakan daging. Juga menyantap sejumlah makanan mengandung karbohidrat lainnya.

Ternyata apa yang dibayangkan dan lihat di sejumlah film Hollywood salah besar. Beberapa hari terakhir para antropolog membuktikan, para manusia super ini ternyata bukanlah pemakan daging.

Studi yang dilakukan oleh para antropolog terhadap gladiator dari kota Efesus, menemukan tulang dari kuburan gladiator di kota kuno ini ternyata menerapkan diet kacang-kacangan. Para prajurit tangguh ini juga kerap mengkonsumsi minuman yang terbuat dari sejenis abu tanaman untuk mendapatkan tenaga super.

Seperti yang diwartakan USAToday, dalam meneliti tulang gladiator para peneliti menggunakan spektroskopi untuk mengukur kadar karbon, nitrogen, dan sufur, serta rasio strontium (unsur kimia yang terdapat dalam abu) untuk mengetahui kadar kalsium.

Diet yang mereka terapkan ternyata tidak jauh berbeda dengan kebanyakan manusia saat ini. Mereka merupakan pemakan gandum, serta rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung magnesium dan kalsium untuk melakukan sejumlah tugas berat. Nah, anda ingin menjadi gladiator masa kini? Silakan dicoba diet itu. (Ism)

Beri Komentar