Gebi Ramadhan Meninggal karena Kanker Hati, Kenali Penyakitnya

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Rabu, 16 Januari 2019 09:51
Gebi Ramadhan Meninggal karena Kanker Hati, Kenali Penyakitnya
Kanker hati dapat terjadi tanpa disertai gejala dan sering ditemukan di stadium akhir.

Dream - Kabar duka datang dari dunia hiburan. Setelah berjuang melawan kanker hati, stand up comedian asal Banten, Gebi Ramadhan meninggal dunia pada Seasa, 15 Januari 2019.

Gebi dikenal sebagai sosok yang kerap mengundang gelak tawa. Pemuda 24 tahun ini bahkan sempat membintangi film 'Milly & Mamet'.

 Gebi Ramadhan

Foto: Instagram @gebi_ramadhan

Padahal di usia yang masih muda, ia sedang berjuang melawan penyakitnya.

Kanker hati yang dideritanya memang lebih sering menyerang kaum pria. Kondisi itu terjadi ketika sel-sel di dalam liver bermutasi hingga membentuk tumor.

Melansir dari laman Alodokter, kanker hati merupakan satu dari lima jenis kanker paling mematikan. Menurut riset WHO 2015, kanker hati menyebabkan lebih dari 700 ribu kematian dari total 9 juta kematian akibat kanker.

Kanker hati primer yang paling sering ditemukan adallah hepatocellular carcinoma. Kondisinya dipicu oleh komplikasi penyakit hati seperti sirosis atau hepatitis.

Sel kanker juga bisa bersembunyi di dalam pembuluh darah hati. Kondisi ini disebut dengan angiosarcoma.

Selain orang dewasa, kanker hati dapat menyerang anak-anak. Meski jarang terjadi, kasusnya juga cukup mematikan.

Ukuran tumor tidak bisa dijadikan tolak ukur stadium kanker hati. Jika terjadi penurunan fisik pasien dan gangguan fungsi liver, tandanya kanker sudah mencapai stadium akhir.

Akibat sifatnya yang silent killer, sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan liver seperti dengan tidak merokok dan minum alkohol.

 

2 dari 4 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Alasan Nada Zaqiyyah Terjun Sebagai Desainer Fashion Muslim