Ini yang Terjadi Jika Otak Tidak Istirahat

Reporter : Irma Suryani
Kamis, 7 April 2016 11:43
Ini yang Terjadi Jika Otak Tidak Istirahat
Tidur dapat mengistirahatkan otak. Kalau tidak tidur, ini yang akan terjadi.

Dream - Tidur merupakan satu bagian yang paling penting bagi otak. Karena studi terbaru menyebutkan bahwa ketika seseorang terlelap tidur, otak melakukan kegiatan 'rumah tangga'.

Kegiatan yang dimaksud antara lain seperti membersihkan puing-puing ingatan, mengatur ulang sampai mengembalikan jaringan syaraf. Ini dilakukan otak sampai siap beroperasi keesokan harinya, dengan kapasitas yang penuh saat seseorang terbangun.

Pada sebuah penelitian kecil yang dipublikasikan dalam jurnal Radiologi, tim peneliti Tiongkok dan Eropa melaporkan, kesulitan tidur dapat mempengaruhi jenis tertentu dari saraf di bagian otak yang mengatur kognisi, emosi dan proses sensorik, seperti yang dilansir Time.

Shumei Li, Peneliti dari Guangdong membandingkan otak dari 23 orang yang insomnia dengan 30 orang yang tidur normal.

Mereka menemukan, orang dengan insomnia didefinisikan sebagai kesulitan tidur selama lebih dari sebulan pasti merasakan kantuk saat siang. Ini akan berakibat tidak produktif, sulit berkonsentrasi dan mudah emosi.

Li berspekulasi, gangguan ini di sinyal antara wilayah ini dipicu oleh penipisan myelin yang mengelilingi neuron, yang diakibatkan dari otak yang kurang beristirahat.

Bahkan, ilmuan menganalisis 83%, atau lima dari enam saluran saraf utama orang dengan insomnia, memiliki otak kanan yang terganggu. Otak kanan merupakan tempat emosi dan banyak fungsi berpikir.

Otak kanan juga merupakan tempat diprosesnya informasi sensorik seperti penglihatan, penciuman dan sentuhan. (Ism) 

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie