CONNECT WITH US!

Begini Posisi Baik Saat BAB

Reporter : Irma Suryani | Sabtu, 2 April 2016 06:02
Bagaimana posisi yang baik saat buang air besar?

Dream - Saat ini, toilet modern banyak dirancang berbentuk duduk, yang menyebabkan banyak orang kesulitan ketika ingin buang air besar. Ternyata, posisi duduk memang tidak disarankan untuk kesehatan. Toilet jongkok yang konvensional justru merupakan jenis toilet yang benar.

Posisi jongkok yang ideal untuk buang air adalah posisi jongkok dengan paha tertekuk pada bagian perut. Karena ketika jongkok, akan ada tekanan yang lebih kuat sehingga kotoran akan mudah keluar.

Hal ini dijelaskan oleh Henry L. Bockus, ahli Gastroenterology, " dalam posisi jongkok, kapasitas rongga perut sangat berkurang dan tekanan intraabdomen meningkat, sehingga mendorong kotoran untuk keluar,” katanya seperti yang dilansir asiaone.

Bockus juga menjelaskan ketika posisi jongkok, tekanan pada paha akan memberikan tekanan alami, sehingga tidak perlu proses mengejan. Berbeda ketika kita buang air menggunakan toilet duduk.

Namun, perlu diingat bahwa ketika sedang berada di toilet duduk jangan memaksa untuk naik dan jongkok, karena hal ini justru lebih berbahaya, kamu bisa tergelincir jatuh. (Ism) 

Q&A Bonaventura Genta [Part 2]