Ciri-Ciri Vagina Sehat dan Cara Menjaganya

Reporter : Ulyaeni Maulida
Kamis, 27 Agustus 2020 19:33
Ciri-Ciri Vagina Sehat dan Cara Menjaganya
Sangat penting untuk tetap menjaga kebersihan vagina.

Dream – Vagina merupakan organ reproduksi yang rentan terserang bakteri. Selain karena area tersebut selalu lembab, cara menjaganya pun tergolong sulit. Bahkan beberapa wanita masih menyepelekan kebersihan vaginanya.

Organ reproduksi wanita ini berperan penting untuk berhubungan intim, pembuangan urine, darah menstruasi, serta proses melahirkan. Untuk itu sangat penting agar tetap menjaga kebersihan vagina.  

Kondisi vagina yang tidak sehat tentu dapat mengganggu kenyamanan wanita. Jika vagina mengalami gangguan atau penyakit akan memberi efek negatif terhadap kesuburan dan menjadi masalah saat melakukan hubungan intim.

Lalu seperti apa ciri-ciri vagina yang sehat? Berikut ulasannya:

1 dari 2 halaman

Ciri-Ciri Vagina Sehat

Tingkat kelembapan

Vagina yang sehat memiliki tingkat kelembapan yang baik. Terasa hangat dan tidak kering adalah salah satu ciri vagina sehat. Kelembapan inilah yang membuat sperma dapat bertahan lebih lama.

Tidak berbau

Vagina yang sehat tidak mengeluarkan bau menyengat. Bau tidak sedap pada vagina bisa jadi merupakan ciri-ciri vagina yang terinfeksi bakteri atau jamur.

Vagina yang terinfeksi juga menimbulkan keluhan lain, seperti gatal, perasaan terbakar pada vagina, dan keluar cairan kental berwarna hijau atau kekuningan dari vagina.

Ilustrasi© Freepik

Keputihan normal

Keputihan pada vagina merupakan hal normal. Cairan yang dikeluarkan juga kental dan berwarna putih. Selain itu, keputihan biasanya timbul saat mendekati waktu haid sampai beberapa hari haid.

Tidak ada benjolan

Selain itu vagina sehat juga tidak mengalami gatal-gatal di daerah kewanitaan dan tidak ada kista atau benjolan di sekitar vagina.

Jika vagina terasa gatal dalam waktu yang lama segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin. Ini penting untuk mencari tahu penyebab keluhan tersebut secara pasti.

© Dream
2 dari 2 halaman

Cara Menjaga Vagina Tetap Sehat

Ilustrasi© Freepik

 

Agar vagina senantiasa sehat, maka perlu untuk melakukan beberapa perawatan. Berikut adalah beberapa tipsnya:

  1. Gunakan celana dalam berbahan katun agar dapat menyerap keringat dengan baik.
  2. Gunakan sabun khusus vagina hanya untuk bagian luar area vagina. Jangan membersihkan hingga ke area dalam, karena bisa mengganggu flora normal.
  3. Jika menggunakan pantyliner, maka sebaiknya diganti setiap 3-4 jam sekali.
  4. Saat mencuci vagina, lakukan dari arah depan ke belakang. Ini penting agar bakteri tidak masuk kembali ke dalam vagina
  5. Usahakan vagina tetap kering dengan membasuhnya menggunakan handuk lembut setelah mandi dan buang air
  6. Jika terasa sangat lembap, segera ganti celana dalam yang digunakan
  7. Hindari penggunaan celana yang ketat. Agar udara tetap dapat masuk dan membuat vagina tetap terasa nyaman.

Bakteri dan virus juga dapat menyerang vagina ketika kamu tidak melakukan hubungan intim yang sehat dan aman.

 

(Sumber: klikdokter.com dan sumber lainnya)

Beri Komentar