Jaga Keberlangsungan Hidup, Ini 7 Manfaat Tumbuhan bagi Manusia

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Minggu, 16 Mei 2021 13:45
Jaga Keberlangsungan Hidup, Ini 7 Manfaat Tumbuhan bagi Manusia
Keberadaan tumbuhan sangatlah penting sebagai penopang kehidupan.

Dream – Tumbuhan memiliki manfaat sangat penting bagi manusia dalam mendukung keberlangsungan hidup. Inilah yang membedakan bumi dengan planet lainnya.

Bumi mampu menopang kehidupan. Sedangkan di planet lainnya diketahui tampak gersang dan tidak ditemukan adanya unsur-unsur kehidupan.

Keberadaan tanaman ini tidak hanya penting bagi manusia saja, tetapi juga bagi hewan sebagai sumber makanannnya. Sedangkan bagi alam, adanya tumbuhan juga mampu untuk mencegah terjadinya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.

Hal ini karena ada akar-akar juta dari pepohonan yang mampu menahan tanah agar tetap stabil. Namun tidak sedikit dari manusia yang justru tidak peduli dengan tumbuhan.

Bahkan mereka memanfaatkannya untuk kepentingan komersial tanpa memikirkan dampak negatif yang akan dihasilkan. Padahal antara manusia dan tumbuhan memiliki hubungan yang saling terikat dan membuat manusia bisa tetap bertahan hidup di dunia.

Berikut adalah beberapa manfaat tumbuhan bagi manusia yang wajib kamu ketahui sebagaimana dihimpun melalui Merdeka.com.

1 dari 4 halaman

Sebagai Penyedia Oksigen dan Menjaga Iklim yang Baik

Ilustrasi Tumbuhan sebagai Penyedia Oksigen© Pixabay.com

Sebagai Penyedia Oksigen

Manfaat tumbuhan bagi manusia adalah sebagai penyedia oksigen. Berdasarkan Green Tumble, tanpa adanya tumbuhan, maka manusia dan hewan tidak akan memiliki udara segar yang digunakan untuk bernapas.

Dari proses fotosintesis yang dilakukan oleh tumbuhan, nantinya oksigen akan dilepaskan dan kembali ke atmosfer. Perlu kamu tahu juga tumbuhan di laut juga menyediakan sebagian besar udara yang kita hirup.

Tumbuhan terrestrial hijau akan membentuk sisa oksigen atmosfer yang sangat penting demi kelangsungan hidup organisme hidup. 

Menjaga Iklim yang Baik

Manfaat tumbuhan bagi manusia bisa untuk menjaga iklim agar tetap baik. Diketahui bersama bahwa karbon dioksida atau CO2 adalah gas rumah kaca yang berpengaruh pada terjadinya perubahan iklim. Nantinya tumbuhan akan mengambil CO2 dan melepaskan oksigen dari proses fotosintesis.

CO2 inilah yang akan digunakan menjadi bahan penyusun jaringan baru, misalnya seperti batang, akar, cabang, dan daun yang fungsinya adalah untuk menyimpan karbon.

Saat ada penebangan atau pembakaran hutan, maka banyak karbon yang disimpan di jaringan tanah dan tanaman yang dilepaskan ke atmosfer. Oleh karena itu, penting sekali menjaga habitat, apalagi hutan primer purba yang terdapat spesies asli di dalamnya dan jarang mendapat gangguan dari manusia terdahulu.

2 dari 4 halaman

Sebagai Obat dan Sumber Makanan

Ilustrasi Obat dari Tumbuhan© Freepik.com

Sebagai Obat

Manfaat tumbuhan bagi manusia lainnya adalah digunakan sebagai obat. Hal ini pun sudah dilakukan manusia sejak lama untuk mengatasi beragam penyakit dengan bergantung pada tumbuhan di alam.

Bahkan hingga saat ini masih banyak pengobatan tradisional yang melibatkan tumbuhan sebagai obat yang mujarab. Oleh karena itu, menjadi sangat penting untuk melindungi keanekaragaman hayati supaya nantinya bisa ditemukan obat-obat yang baru di masa depan.

Sehingga bisa memberikan dampak yang besar bagi kesehatan dan juga dari sisi perekonomian masyarakat.

Sebagai Sumber Makanan

Selain sebagai obat, manfaat tumbuhan bagi manusia juga digunakan sebagai sumber makanan. Semua karbon di dalam protein, lemak, dan karbohidrat berasal dari fotosintesis yang terjadi pada tumbuhan.

Apapun yang kita konsumsi, tidak terkecuali daging hewan, yang mana juga mengonsumsi tumbuhan adalah hasil dari penggunaan energi sinar matahari. Untuk kemudian mengambil karbon dioksida dan membuat molekul kompleks yang mengandung karbon.

3 dari 4 halaman

Menjaga Kondisi Tanah Tetap Baik dan Mengatasi Polusi Udara

Ilustrasi Kondisi Tanah yang Baik karena Tumbuhan© Pixabay.com

Menjaga Kondisi Tanah Tetap Baik

Manfaat tumbuhan bagi manusia juga bisa untuk menjaga kondisi tanah agar tetap baik. Hal ini sebagaimana menurut Woodland Trust, tanaman dan pohon sangatlah penting untuk menjaga kondisi tanah yang baik.

Akar dan mikroorganisme yang ada di sekeliling akar akan menyatukan tanah, dan meminimalisir terjadinya risiko erosi tanah. Saat ada daun yang jatuh ke tanah dan saat ada tanaman yang mati, maka tanaman tersebut akan membusuk, dan akhirnya bisa menyuburkan tanah serta ada kemungkinan tanaman lainnya bisa tumbuh dan berkembang.

Mengatasi Polusi Udara

Manfaat tumbuhan bagi manusia berikutnya adalah untuk mengatasi polusi udara. Hal ini karena di lingkungan kita ada banyak polutan kimia yang menjadi penyebab adanya gangguan kesehatan. Terutama bagi kamu yang tinggal di daerah perkotaan maupun industri.

Namun dengan tersedianya ruang hijau di daerah tersebut, maka bisa memudahkan untuk menyerap polutan dan meningkatkan kualitas udara. Apalagi jika adalah hutan yang tercipta tidak jauh dari perkotaan maupun area industri, maka sangat efektif untuk membantu menyerap polutan yang berlebih.

4 dari 4 halaman

Mengatur Siklus Air

Ilustrasi Siklus Air yang Baik© Pixabay.com

Manfaat tumbuhan bagi manusia yang tak kalah penting adalah untuk mengatur siklus air. Tumbuhan mendapatkan air dari akarnya dan melepaskan uap air melalui pori-pori kecil yang ada di bagian bawah daun.

Dari proses transpirasi ini, tumbuhan akan membantu dalam mengalirkan air dari tanah untuk kembali ke atmosfer.

Selain itu, tumbuhan juga akan membantu untuk menstabilkan badan air, seperti halnya sungai dan danau. Bagian akar akan meningkatkan stabilitas tanah, mencegah terjadinya longsor, dan menjaga agar ekosisten tetap baik.

Menyadari bahwa ada berbagai cara bagi tumbuhan untuk membantu manusia dan lingkungan, maka ekosistem dan tumbuhan pun sangat penting untuk dilindungi.

Itulah 7 manfaat tumbuhan bagi manusia. Oleh karena itu, keberadaan tumbuhan haruslah dijaga dengan sebaik mungkin untuk keberlangsungan umat manusia dan juga menghindari dari terjadinya bencana alam yang merugikan.

Beri Komentar