CONNECT WITH US!

Jawaban Menohok Ani Yudhoyono Soal Ari-ari Bayi Cucu

Reporter : Ratih Wulan | Kamis, 4 Januari 2018 13:28
(Foto: Instagram Ani Yudhoyono)

Dream - Kebahagian Ibu Negara ke-6 Ani Yudhoyono dalam menyambut kelahiran cucu keempat harus terusik ulah seorang warganet. Kejadian bermula saat Ani menceritakan proses kelahiran anak perempuan Edhie Baskoro alias Ibas dan Aliya Rajasa.

Dalam sebuah foto kolase yang diunggah di Instagramnnya, @aniyudhoyono membagikan 5 foto. Berawal dari foto SBY dan Hatta Rajasa yang menunggu di luar ruangan persalinan.

Kemudian, yang paling menarik adalah cerita Ani yang teah menerima plasenta si bayi yang diberi nama Gayatri Idalia Yudhoyono.

 Instagram Ani Yudhoyono

Plasenta atau dalam istilah Jawa dikenal sebagai ari-ari biasanya ditanam di tempat khusus. Begitu pula dengan tradisi di keluarga Presiden RI yang ke-6 itu.

" Ari-ari sudah saya terima, dan tugas berikutnya menanam ari-ari. Pohon Rambutan dan Kelapa Gading saya tanam menandai kelahiran cucu ke-4," tulis Ani melengkapi foto-foto itu.

Banyak yang bersimpati melihat foto Ani Yudhoyono memegang cangkul dan menanam plasenta cucunya. Mereka juga banyak yang mendoakan yang terbaik untuk Gayatri.

 Instagram Ani Yudhoyono

Namun, seorang warganet berkomentar jika tradisi itu menurutnya bertentang dengan ajaran agamanya.

" Prinsip ya Bu, kalau di Islam ari-ari dibuang enggak apa-apa karena termasuk sampah yang sudah enggak dipakai, tulis pengguna Instagram bernama @indah_nurainy.

Seperti biasanya, Ani akan membalas beberapa komentar yang membuatnya tidak berkenan. Begitu pula dengan komentar dari akun @indah_nurainy.

" @indah_nurainiy itu prinsipmu yang menganggap ari-ari itu sampah dan bisa dibuang semaumu. Bagi saya berbeda. Ari-ari adalah sumber makanan bagi jabang bayi ketika masih dalam kandungan ibunya. Saya menanam ari-ari cucu-cucu saya dan berdoa sambil mengucap syukur kepada kebesaran Allah," balas Ani.

Pendapat Ani pun mendapat dukungan dari para followers lainnya.

" @aniyudhoyono Alhamdulillah, saya sangat setuju dengan ide ibu. Salam hangat saya untuk semua keluarga ibu tercinta," tulis @nenysyafitri.

" Tanam phon udh jd tradisi dr cu2 prtma ya bu @aniyudhoyono wah keren skali dn brmnfaat skali," tulis @meialfa.

" Ari² itu termasuk bagian manusia, jangankan ari².. kuku dan rambutpun ada aturannya untuk tidak dibuang begitu saja.. harus dikubur atau paling nggak dibuang melalui air mengalir.. yg ngomong ari² itu sampah, coba belajar fiqih," tulis @edelweiss_fever. (ism)

 



Resolusi Kesehatan 2018: Tahun Baru Saatnya Lebih Sehat