CONNECT WITH US!

Kedelai Menyebabkan Pria Tidak Subur?

Reporter : Mutia | Rabu, 28 Desember 2016 17:00
Susu Kedelai
Dipercaya dapat mengurangi kecepatan sperma serta meminimalisir jumlah kromosom.

Dream - Bagi para pria disarankan untuk jangan terlalu banyak mengonsumsi produk kedelai. Seperti tahu, tempe, susu kedelai, atau olahan kedelai lainnya. Pasalnya, bahan kimia alami pada kedelai bisa berdampak buruk pada kondisi kesuburan pria.

Bahan kimia yang dimaksud adalah jenis phytoestrogen yang terdapat dalam kedelai. Menurut para peneliti dari University of Valencia, Spanyol, bahan kimia itu akan sangat berpengaruh pada fertilitas pria.

Tim peneliti awalnya mengukur dampak dari zat kimia yang disebut " pengganggu endokrin" seperti Bisphenol A. Bahan itu digunakan untuk membuat pelapis plastik.

Tetapi ketika dianalisis lebih dalam selama hampir dua tahun, mereka menemukan makan kedelai benar-benar memiliki efek terbesar.

" Hasil penelitian ini bisa membantu pria yang memiliki masalah kesuburan, menemukan perawatan yang tepat, salah satunya dengan mengurangi konsumsi kedelai," ujar Dr Francisco Dominguez, dari University of Valencia

Akan tetapi, Profesor Allan Pacey dari Universitas Sheffield mengatakan bahwa para pria hanya perlu berhati-hati dan mengurangi makanan atau minuman yang mengandung kedelai. " Ini masih merupakan studi yang relatif kecil dan saya pikir pria hanya perlu berhati-hati." katanya.

(Ism, Sumber: Daily Mail)

Laporan Nanda Febriani

 

 

Resep Fettucine Carbonara Untuk Bekal Anak