Khasiat Lidah Buaya untuk Rambut

Reporter : Irma Suryani
Sabtu, 13 Februari 2016 17:01
Khasiat Lidah Buaya untuk Rambut
Meski berhijab, kamu harus tetap merawat kesehatan rambut

Dream- Banyak penelitian yang mengatakan bahwa Lidah Buaya atau Aloe Vera memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan rambut.

Banyak produk kecantikan memakai Lidah Buaya sebaga bahan dasar produknya, seperti shampoo dan juga produk perawatan rambut lainnya.

Berikut manfaat dari lidah buaya yang kami kutip dari simplyorganicbeauty.com:

  1. Meningkatkan Tumbuh Rambut

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Hawai, Lidah Buaya sudah digunakan pada zaman Mesir kuno untuk mengatasi rambut rontok. Hal ini dikarenakan Lidah Buaya memiliki zat enzim yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Enzim tersebut adalah proteolitik yang dapat memberantas sel kulit mati pada kulit kepala yang bisa menyumbat pertumbuhan rambut.

  1. Anti Gatal

Dalam zat yang terkandung di Lidah Buaya selain enzim untuk membantu pertumbuhan rambut adalah zat anti gatal. Kulit kepala yang kering menyebabkan efek gatal karena munculnya sel kulit mati itu.

Aloe Vera bisa menghilangkan kulit mati secara langsung dapat membuat kulit kepala tidak gatal lagi. Dalam sebuah studi yang dibuat oleh pakar dermatology, lebih dari 80% penderita gatal di kulit kepala sembuh berkat Lidah Buaya.

  1. Anti Peradangan

Salah satu manfaat dari pemakaian Lidah Buaya adalah mengurangi kemerahan dan peradangan baik internal maupun eksternal. Bahkan, Aloe Vera telah lama digunakan pada luka bakar dan luka eksternal sebagai antiseptik untuk mengurangi pembengkakan, dan menghilangkan bakteri. 

Zat yang bisa mengobati peradangan adalah Bradykinase, dan enzim analgesik serta asam salisilat, yang merupakan senyawa aspirin seperti dengan anti-inflamasi, analgesik, dan anti-bakteri juga terdapat pada Lidah Buaya.

  1. Mengurangi Ketombe

Banyak masalah kulit kepala yang menyebabkan munculnya ketombe, namun kebanyakan dokter menyebutkan ketombe muncul karena lemak yang hidup di kulit kepala. Aloe Vera juga memiliki sifat anti jamur.

Hal ini karena jamur tumbuh subur di lingkungan asam, Zat alkalizing dari Aloe Vera mampu menghilangkan jamur proaktif, dan membunuh pertumbuhan jamur tersebut. (Ism) 

Beri Komentar