Agar Tubuh Tetap Fit Selama Liburan, Ini Kuncinya

Reporter :
Kamis, 27 Desember 2018 07:12
Agar Tubuh Tetap Fit Selama Liburan, Ini Kuncinya
Jangan sampai, maksud hati berlibur malah hanya berdiam di dalam hotel karena sakit.

Dream - Akhir tahun dengan banyak tanggal merah, memang paling pas diisi dengan liburan. Apalagi jika berlibur bersama orang-orang tersayang, pasti jadi momen yang sangat berkesan.

Saat berlibur, pastikan bukan hanya keperluan traveling yang terpenuhi tapi juga kondisi kesehatan. Jangan sampai, maksud hati berlibur malah hanya berdiam di dalam hotel karena sakit.

Pastikan kamu menjaga kesehatan tubuh dengan tips-tips berikut, dikutip dari Healthline.

1. Jaga kebersihan
Sebuah penelitian baru-baru ini yang diterbitkan dalam jurnal PNAS melaporkan bahwa, penumpang yang duduk dalam dua kursi atau satu baris orang yang memiliki penyakit pernapasan, memiliki peluang sebanyak 80 persen atau lebih besar untuk jatuh sakit.

Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk menjauhi kuman. Antara lain, gunakan tisu desinfektan untuk membersihkan meja baki dan sandaran kepala.

Bisa juga mengaplikasikan pembersih tangan yang memiliki 62 hingga 70 persen etanol. Bersihkan selama 15 detik. Kenakan masker atau syal untuk mencegah paparan virus.

 

1 dari 2 halaman

2. Segera Ganti Pakaian

Rata-rata, orang yang menyentuh wajah, hidung, mulut, dan mata mereka, 5 hingga 16 kali per jam, rentan terjangkit kuman penyakit. Cara terbaik untuk menghindarinya adalah, dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air.

 Kapal Pesiar Mewah Ini Bak Istana Monako Diatas Laut

Saat mencuci tangan, luangkan 30 detik untuk membersihkan area kuman  bersembunyi. Seperti di sela-sela jari dan bawah kuku.

Begitu sampai di tujuan, segera ganti pakaian yang dikenakan. Pasalnya, pakaian menjadi sarang mikroba dan kuman saat berada di tempat umum. Jangan lupa untuk segera mandi dengan sabun antiseptik.

 

2 dari 2 halaman

3. Makanan Sehat

Sebelum memulai perjalanan, ada baiknya untuk mulai membangun sistem kekebalan tubuh dengan baik. Makan makanan sehat, olahraga, dan tidur yang cukup. Terutama jika kamu melakukan perjalanan ke luar negeri.

 Makanan Sehat Setelah Liburan

Iklim dan cuaca akan sangat mempengaruhi kekebalan tubuh. Untuk itu, jaga kondisi tubuh sebelum melakukan perjalanan liburan. Sangat dianjurkan untuk memulai sarapan dengan menu sehat.

Jus buah segar, smoothies atau salad. Lakukan olahraga ringan dan bisa juga mengonsumsi supleme vitamin untuk memaksimalkan sistem daya tahan tubuh.

Selama berlibur, Sahabat Dream!

(ism, Laporan: Mega Rasmiyati)

Beri Komentar
Wasiat Terakhir Ustaz Arifin Ilham