Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Manfaat Mengagumkan Buah Kurma, Si Kecil nan Manis

Manfaat Mengagumkan Buah Kurma, Si Kecil nan Manis Shutterstock.com

Dream – Buah kurma sudah banyak dikenal masyarakat muslim Indonesia. Buah kecil manis ini biasanya jadi hidangan khas saat memasuki bulan Ramadan. Namun bukan berarti buah khas negara gurun ini tak bisa dinikmati di waktu di luar bulan Puasa. 

 

Kurma menjadi menu favorit masyarakat karena cita rasa manis yang khas serta daging buah bertekstur empuk. Selain disantap langsung, kurma kini sudah banyak digunakan sebagai bahan membuat makanan, terutama kue, dan minuman. 

Bernama latin Phoenix Dactylifera, kurma merupakan salah satu jenis tanaman yang masuk ke dalam golongan tanaman palma.

Selain cita rasa yang begitu enak, buah kurma juga mengandung segudang nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan tersebut mulai dari serat, kalium, tembaga, magnesium hingga vitamin B6 yang sangat tinggi.

Fakta tersebut tentu saja membuat siapa saja terpukau dengan buah kecil ini karena zat-zat tersebut memberikan manfaat besar bagi kesehatan tubuh.

Khasiat buah kurma bisa kamu rasakan jika kalian mengonsumsinya secara teratur, bukan hanya mengonsumsi sebuah saja.

Penasaran dengan manfaat dari buah kurma? Yuk simak informasi lengkapnya berikut ini.

Manfaat Buah Kurma: Mengatasi Alergi

Manfaat Buah Kurma, Si Kecil nan Manis

Manfaat buah kurma yang pertama adalah membantu mengatasi alergi yang dialami oleh seseorang. Buah kurma mengandung salah satu unsur yang sangat sulit ditemukan pada makanan tertentu.

Kandungan yang dimaksud adalah unsur belerang organic yang memang secara alami terdapat di dalam buah kurma.

Belerang organic ini telah dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan terutama mengatasi reaksi alergi. Dalam penelitian pada tahun 2002 diketahui jika unsur belerang organik mampu memberikan dampak positif bagi penderita rhinitis alergi musiman atau SAR (Seasonal Allergic Rhinitis).

Manfaat Buah Kurma: Fungsi Seksual

Manfaat Buah Kurma, Si Kecil nan Manis

Manfaat buah kurma berikutnya adalah membantu meningkatkan fungsi seksual. Sebuah studi menunjukan kurma mampu meningkatkan stamina dalam seksualitas seseorang.

Tidak hanya itu saja, Bahmanpour pada tahun 2006 memulai untuk mempelajari efek dari pohon kurma serta minyak yang terkandung di dalamnya.

Hasil dari penelitian tersebut menemukan bahwa kandungan Estradiol dan Flavonoid sangat tinggi dalam sebutir kurma mampu meningkatkan jumlah sperma dan motilitas.

Penelitian ini juga menemukan hasil bahwa kurma mampu untuk meningkatkan berat serat ukuran testis pada pria.

Manfaat Buah Kurma: Mencegah Kanker

Manfaat Buah Kurma, Si Kecil nan Manis

Khasiat buah kurma ini belum banyak diketahui orang dan bisa membuat kamu terpukau. Kurma diyakini mampu mencegah munculnya kanker pada lambung seseorang.

Dari sebuah penelitian diketahui jika buah kurma juga mampu mengurangi dampak yang lebih serius dari kanker lambung ini.

Dalam beberapa kasus juga diketahui jika buah kurma bekerja secara efektif daripada mengonsumsi obat tradisional. Pasalnya, buah kurma merupakan salah satu obat alami yang tidak menimbulkan suatu efek samping tertentu.

Buah kurma juga dikenal bekerja sebagai tonikum yang sangat bermanfaat bagi seluruh kelompok usia.

Manfaat Buah Kurma: Bebas Lemak Jenuh

Manfaat Buah Kurma, Si Kecil nan Manis

Bagi kalian yang telah mengidap penyakit kolesterol, tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi buah kurma. Buah ini mengandung serat sangat tinggi dan tidak mengandung lemak jenuh di dalamnya.

Fakta tersebut membuat buah kurma tidak memiliki kandungan kolesterol dan sodium yang terkandung di dalamnya. Fakta ini juga telah diungkapkan oleh ahli gizi dari Nutrifood Research Center, Fendy Susanto, STP, CPT, CFT.

Manfaat Buah Kurma: Menjaga Kesehatan Fungsi Otak

Manfaat Buah Kurma, Si Kecil nan Manis

Manfaat buah selanjutnya adalah membantu menjaga kesehatan fungsi pada otak seseorang. Sudah banyak sekali penelitian yang dilakukan untuk mengkaji manfaat buah kurma untuk kesehatan fungsi otak ini.

Sebuah penelitian oleh JAMA Internal Medicine menemukan bahwa jumlah kandungan vitamin B6 yang tinggi di dalam buah kurma mampu untuk meningkatkan kinerja otak. Mengonsumsi buah kurma juga mampu memberikan manfaat berupa nilai hasil tes yang lebih baik.

Penelitian lain juga menemukan fakta bahwa buah kurma mampu untuk membantu proses peradangan salah satunya adalah interleukin 6 (IL-6) pada otak. Tahukah kalian? Semakin meningkatnya kadar IL-6 pada otak akan berkaitan dengan resiko terkena penyakit Alzheimer. Selain itu, penelitian lain juga menyatakan bahwa buah kurma mampu untuk mengurangi resiko kematian sel otak pada seseorang.

(Sah, Sumber: honestdocs dan klikdokter)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Manfaat Pisang untuk Kesehatan dan Cara Terbaik Mengkonsumsinya

Manfaat Pisang untuk Kesehatan dan Cara Terbaik Mengkonsumsinya

Pisang merupakan buah serbaguna yang terkenal lezat dan kaya manfaat. Yuk, simak manfaat pisang dan tips mengkonsumsinya!

Baca Selengkapnya
5 Manfaat Makan Kurma di Bulan Ramadan, Buah Kaya Nutrisi yang Cepat Pulihkan Energi Usai Puasa Seharian

5 Manfaat Makan Kurma di Bulan Ramadan, Buah Kaya Nutrisi yang Cepat Pulihkan Energi Usai Puasa Seharian

Tidak hanya memiliki rasa yang manis alami, kurma juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan bagi tubuh usai menjalani ibadah puasa.

Baca Selengkapnya
Suka Makan Keju? Intip 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

Suka Makan Keju? Intip 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

Keju tidak hanya bisa membuat rasa makanan jadi lebih gurih. Kamu juga bisa mendapatkan berbagai manfaat kesehatan setelah menyantapnya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Mandi Malam Bisa Bikin Masuk Angin, Benarkah?

Mandi Malam Bisa Bikin Masuk Angin, Benarkah?

Banyak orang yang menganggap mandi di malam hari bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Padahal, mandi di malam hari memiliki berbagai manfaat kesehatan.

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Capek Kerja tapi Teringat Cicilan, ADUH!

NOTED KAK! Capek Kerja tapi Teringat Cicilan, ADUH!

Sahabat Dream, kalian pernah gak sih batal istirahat setelah kerja keras karena teringat cicilan. Yuk berbagi. Kali aja ada yg senasib

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! Menu Telur Favorit

BUNGKUS! Menu Telur Favorit

Hidangan berbahan telur bisa disajikan dalam aneka masakan. Nah, kira-kira kalian suka menu telor yang bagamana? Komentar di bawah yuk

Baca Selengkapnya