Manfaat Mengagumkan Buah Kurma, Si Kecil nan Manis

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Jumat, 16 Agustus 2019 14:48
Manfaat Mengagumkan Buah Kurma, Si Kecil nan Manis
Hampir sebagian orang menyukai buah kecil ann manis yang satu ini. Yuk kenali manfaatnya berikut ini.

Dream – Buah kurma sudah banyak dikenal masyarakat muslim Indonesia. Buah kecil manis ini biasanya jadi hidangan khas saat memasuki bulan Ramadan. Namun bukan berarti buah khas negara gurun ini tak bisa dinikmati di waktu di luar bulan Puasa

 

Kurma menjadi menu favorit masyarakat karena cita rasa manis yang khas serta daging buah bertekstur empuk. Selain disantap langsung, kurma kini sudah banyak digunakan sebagai bahan membuat makanan, terutama kue, dan minuman. 

Bernama latin Phoenix Dactylifera, kurma merupakan salah satu jenis tanaman yang masuk ke dalam golongan tanaman palma.

Selain cita rasa yang begitu enak, buah kurma juga mengandung segudang nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan tersebut mulai dari serat, kalium, tembaga, magnesium hingga vitamin B6 yang sangat tinggi.

Fakta tersebut tentu saja membuat siapa saja terpukau dengan buah kecil ini karena zat-zat tersebut memberikan manfaat besar bagi kesehatan tubuh.

Khasiat buah kurma bisa kamu rasakan jika kalian mengonsumsinya secara teratur, bukan hanya mengonsumsi sebuah saja.

Penasaran dengan manfaat dari buah kurma? Yuk simak informasi lengkapnya berikut ini.

1 dari 5 halaman

Manfaat Buah Kurma: Mengatasi Alergi

 Manfaat Buah Kurma, Si Kecil nan Manis

Manfaat buah kurma yang pertama adalah membantu mengatasi alergi yang dialami oleh seseorang. Buah kurma mengandung salah satu unsur yang sangat sulit ditemukan pada makanan tertentu.

Kandungan yang dimaksud adalah unsur belerang organic yang memang secara alami terdapat di dalam buah kurma.

Belerang organic ini telah dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan terutama mengatasi reaksi alergi. Dalam penelitian pada tahun 2002 diketahui jika unsur belerang organik mampu memberikan dampak positif bagi penderita rhinitis alergi musiman atau SAR (Seasonal Allergic Rhinitis).

2 dari 5 halaman

Manfaat Buah Kurma: Fungsi Seksual

 Manfaat Buah Kurma, Si Kecil nan Manis

Manfaat buah kurma berikutnya adalah membantu meningkatkan fungsi seksual. Sebuah studi menunjukan kurma mampu meningkatkan stamina dalam seksualitas seseorang.

Tidak hanya itu saja, Bahmanpour pada tahun 2006 memulai untuk mempelajari efek dari pohon kurma serta minyak yang terkandung di dalamnya.

Hasil dari penelitian tersebut menemukan bahwa kandungan Estradiol dan Flavonoid sangat tinggi dalam sebutir kurma mampu meningkatkan jumlah sperma dan motilitas.

Penelitian ini juga menemukan hasil bahwa kurma mampu untuk meningkatkan berat serat ukuran testis pada pria.

3 dari 5 halaman

Manfaat Buah Kurma: Mencegah Kanker

 Manfaat Buah Kurma, Si Kecil nan Manis

Khasiat buah kurma ini belum banyak diketahui orang dan bisa membuat kamu terpukau. Kurma diyakini mampu mencegah munculnya kanker pada lambung seseorang.

Dari sebuah penelitian diketahui jika buah kurma juga mampu mengurangi dampak yang lebih serius dari kanker lambung ini.

Dalam beberapa kasus juga diketahui jika buah kurma bekerja secara efektif daripada mengonsumsi obat tradisional. Pasalnya, buah kurma merupakan salah satu obat alami yang tidak menimbulkan suatu efek samping tertentu.

Buah kurma juga dikenal bekerja sebagai tonikum yang sangat bermanfaat bagi seluruh kelompok usia.

4 dari 5 halaman

Manfaat Buah Kurma: Bebas Lemak Jenuh

 Manfaat Buah Kurma, Si Kecil nan Manis

Bagi kalian yang telah mengidap penyakit kolesterol, tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi buah kurma. Buah ini mengandung serat sangat tinggi dan tidak mengandung lemak jenuh di dalamnya.

Fakta tersebut membuat buah kurma tidak memiliki kandungan kolesterol dan sodium yang terkandung di dalamnya. Fakta ini juga telah diungkapkan oleh ahli gizi dari Nutrifood Research Center, Fendy Susanto, STP, CPT, CFT.

5 dari 5 halaman

Manfaat Buah Kurma: Menjaga Kesehatan Fungsi Otak

 Manfaat Buah Kurma, Si Kecil nan Manis

Manfaat buah selanjutnya adalah membantu menjaga kesehatan fungsi pada otak seseorang. Sudah banyak sekali penelitian yang dilakukan untuk mengkaji manfaat buah kurma untuk kesehatan fungsi otak ini.

Sebuah penelitian oleh JAMA Internal Medicine menemukan bahwa jumlah kandungan vitamin B6 yang tinggi di dalam buah kurma mampu untuk meningkatkan kinerja otak. Mengonsumsi buah kurma juga mampu memberikan manfaat berupa nilai hasil tes yang lebih baik.

Penelitian lain juga menemukan fakta bahwa buah kurma mampu untuk membantu proses peradangan salah satunya adalah interleukin 6 (IL-6) pada otak. Tahukah kalian? Semakin meningkatnya kadar IL-6 pada otak akan berkaitan dengan resiko terkena penyakit Alzheimer. Selain itu, penelitian lain juga menyatakan bahwa buah kurma mampu untuk mengurangi resiko kematian sel otak pada seseorang.

(Sah, Sumber: honestdocs dan klikdokter)

Beri Komentar
Bukan Pertama Kali, Ini Deretan Kebrutalan Anjing Milik Bima Aryo