15 Manfaat Kunyit yang Luar Biasa Untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Kulit

Reporter : Sugiono
Selasa, 12 Maret 2019 18:45
15 Manfaat Kunyit yang Luar Biasa Untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Kulit
Inilah 15 manfaat kunyit yang luar biasa untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit yang perlu Sahabat Dream ketahui.

Dream - Tidak banyak yang tahu bahwa bumbu dapur yang bernama kunyit atau kunir memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Sifat anti-peradangan dan anti-oksidan yang terkandung di dalamnya, sangat potensial untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit.

Rempah-rempah yang identik dengan warna kuning ini diperkaya dengan bahan aktif utama yang disebut dengan kurkumin.

Bahan itulah yang membuat tanaman yang juga dipakai sebagai pewarna alami ini memiliki sifat anti-peradangan dan anti-oksidan yang sangat kuat.

Manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit, memang sudah terbukti selama ribuan tahun.

Setelah mengetahui manfaat kunyit untuk kesehatan dan kecantikan, para pakar segera melirik tanaman yang luar biasa ini.

Manfaat kunyit untuk kecantikan wajah telah diformulasi ke dalam berbagai produk skincare. Salah satunya dalam bentuk masker kunyit.

Selain itu, manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh juga sudah diproduksi dalam bentuk jamu kunyit. Termasuk minuman tradisional kunyit asam.

Manfaat kunyit untuk kecantikan kulit tidak hanya menghambat pigmentasi kulit. Tapi juga sangat efektif dalam mengurangi munculnya bintik-bintik serta jaringan parut.

Jika dicampur dengan bahan alami lainnya, manfaat kunyit untuk kecantikan kulit semakin bertambah luar biasa.

Demikian juga dengan manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah manfaat kunyit untuk mengatasi kanker.

Menurut penelitian, manfaat kunyit untuk kanker sudah sampai pada taraf meminimalkan efek buruk dari kanker itu sendiri.

Sementara itu , di India, manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh sudah dikenal sejak 2500 tahun yang lalu.

Lebih mencengangkan lagi, manfaat kunyit untuk kesehatan sudah setara dengan kinerja fluoride untuk gigi.

Khasiat anti-septik dan anti-bakteri yang di dalam kunyit mampu bekerja seperti layaknya fluoride pada gigi.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah 15 manfaat kunyit yang luar biasa untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit.

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh

Berikut adalah berbagai manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh:

1. Melancarkan haid

Efek farmakologis yang terkandung dalam kunyit dapat melancarkan darah dan haid, serta mengurangi rasa lelah dan nyeri saat datang bulan atau haid.

2. Mencegah pembekuan darah

Kunyit mampu sebagai anti-koagulan alami yang dapat menghalangi pembekuan darah dan mencegah terjadinya trombosis.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kurkumin yang ada di dalam kunyit adalah salah satu zat anti-oksidan yang kuat. Zat ini mampu mencegah radikal bebas yang mengganggu sistem DNA. Sistem DNA yang kuat berkontribusi pada meningkatnya imunitas atau sistem kekebalan tubuh

4. Menyehatkan pencernaan

Sekali lagi, kandungan kurkumin di dalam kunyit memberi manfaat kunyit untuk membunuh bakteri jahat di dalam perut sehingga mampu menyehatkan pencernaan.

5. Mengobati asma

Satu sendok bubuk kunyit yang dicampur dengan segelas susu hangat efektif untuk mengobati asma, flu, pilek, dan batuk. Ya, manfaat kunyit yang lain adalah untuk mengobati asma dan gangguan sistem pernapasan lainnya.

6. Meningkatkan kesehatan jantung

Berbagai macam vitamin dan mineral seperti potasium dan zat besi di dalam kunyit diperlukan untuk membangun sel darah merah. Sedangkan kalium di dalamnya mampu untuk mengontrol tekanan darah dan denyut jantung. Itulah sebabnya manfaat kunyit yang lain adalah untuk meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah penyakit kardiovaskular lain.

7. Menurunkan kolesterol

Selain kaya akan zat anti-oksidan, manfaat kunyit berikutnya adalah efektif untuk menurunkan LDL atau kolesterol buruk dalam darah.

8. Mencegah Alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif yang jadi penyebab utama demensia. Sejauh ini belum ada pengobatan yang ampuh untuk mencegah Alzheimer. Namun kamu bisa mencegahnya dengan konsumsi kunyit. Manfaat kunyit lain yang bisa kamu dapatkan adalah mampu mencegah Alzheimer karena kandungan kurkumin di dalamnya.

9. Anti-peradangan alami

Peradangan yang terjadi dalam tubuh menjadi cikal bakal dari munculnya penyakit, baik penyakit ringan hingga penyakit kronis termasuk penyakit jantung, kanker, Alzheimer, dan berbagai kondisi degeneratif lainnya. Tingginya kandungan kurkumin memberi manfaat kunyit sebagai agen anti-peradangan.

Demikianlah manfaat kunyit yang luar biasa untuk kesehatan tubuh yang  ternyata lumayan banyak dan tidak bisa dipandang ringan.  Berikutnya kita akan mencari tahu manfaat kunyit untuk kecantikan kulit dan wajah.

Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan Kulit dan Wajah

Selain berguna untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh, manfaat kunyit ternyata juga bisa untuk merawat kecantikan kulit dan wajah.

10. Mengurangi jerawat

Karena memiliki sifat anti-bakteri dan anti-septik, kunyit dapat membantu untuk melawan jerawat. Ini juga dapat mengontrol sekresi minyak pada kulit dan mengurangi bekas jerawat. Cara mengurangi jerawat secara alami dengan kunyit adalah dengan membuat masker kunyit. Campurkan sedikit bubuk kunyit, bubuk cendana dan sedikit air lemon. Oleskan masker kunyit ke seluruh wajah dan biarkan kering. Kemudian cuci wajah dengan air dingin.

11. Mencerahkan warna kulit

Kunyit dapat meratakan warna kulit dan memberikan efek cahaya pada kulit. Sertakan kunyit dalam masker wajah untuk mencerahkan warna kulit.

12. Menghambat proses penuaan

Kunyit dikenal memiliki sifat yang dapat membantu dalam menunda munculnya tanda-tanda penuaan. Maka, manfaat kunyit untuk kecantikan kulit adalah dengan mencegah penuaan dini. Campur beberapa sendok makan kunyit dengan sedikit air. Aduk hingga membentuk pasta. Oleskan pada wajah, leher dan lengan. Ketika itu mengering, gosok kulit dengan lembut dalam gerakan melingkar, lalu bersihkan sisanya dengan air hangat. Lakukan ini secara teratur untuk menghindari munculnya kerutan dan untuk membuat kulit selalu terlihat lebih muda.

1 dari 1 halaman

Manfaat Kunyit Untuk Kanker

Kanker adalah penyakit yang mengerikan, biasanya diawali oleh pertumbuhan sel kanker yang tidak terkendali.

Kabar baiknya, kanker bisa dicegah dan bahkan diminimalkan efek buruknya dengan kunyit. Ya, memang ada manfaat kunyit untuk kanker karena kunyit mengandung kurkumin.

Menurut penelitian kandungan kurkumin dalam kunyit mampu mengurangi angiogenesis (pertumbuhan pembuluh darah baru pada tumor), metastasis (penyebaran kanker), serta mampu mematikan sel kanker.

Dalam sebuah penelitian ditunjukkan bahwa konsumsi 4 gram kunyit selama 30 hari bisa mengurangi jumlah lesi di usus besar hingga sebesar 40%.

Manfaat Kunyit Asam

Minuman kunyit asam adalah minuman yang paling populer dengan bahan kunyit. Berikut merupakan manfaat kunyit asam untuk kesehatan tubuh.

13. Meredakan gejala arthritis

Sifat anti inflamasi yang ada dalam kunyit membantu meredakan peradangan dan pembengkakan pada penderita arthritis atau radangan sendi. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan kurkumin di dalam kunyit inilah yang memberi manfaat kunyit tersebut.

14. Mencegah Kolitis ulserativa

Kolitis ulserativa adalah penyakit kronis yang menyebabkan munculnya bisul di ujung bawah saluran pencernaan. Menurut penelitian yang dilakukan di University of Maryland Medical Center ditemukan bahwa konsumsi kunyit secara rutin mampu menyembuhkannya.

15. Mengobati uveitis

Uveitis adalah peradangan pada iris mata. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kurkumin yang ditemukan dalam kunyit sebetulnya sama efektifnya dengan pengobatan seperti kortikosteroid, namun tanpa efek samping.

Begitu tadi berbagai manfaat kunyit atau kunir yang luar biasa untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Semoga bisa menambah wawasan kita soal manfaat kunyit.

Dirangkum dari berbagai sumber

Beri Komentar