Ternyata Begini Perbedaan Paru-paru Pasien Covid yang Sudah dan Belum Vaksin

Reporter : Sugiono
Kamis, 29 Juli 2021 13:14
Ternyata Begini Perbedaan Paru-paru Pasien Covid yang Sudah dan Belum Vaksin
Pasien Covid-19 yang belum mendapatkan vaksin itu memiliki gejala lebih parah.

Dream - Baru-baru ini media sosial heboh dengan postingan Facebook yang ditulis oleh seorang ahli penyakit dalam dan penyakit menular bernama dr Anne Gabriel-Chan.

Di postinga tersebut, dokter asal Filipina itu membagikan foto-foto rontgen yang menunjukkan perbedaan pasien Covid-19 yang sudah dan belum divaksin.

Dari foto tersebut terlihat perbandingan paru-paru pasien Covid-19 yang sudah dan belum divaksin, yang terlihat nyata perbedaannya.

1 dari 4 halaman

Perbedaan Kondisi Paru-paru Pasien Covid yang Sudah dan Belum Divaksin

Dokter Anne menyebutkan kondisi ketiga paru-paru pasien Covid-19 itu sebelumnya mengalami gejala ringan hingga hampir tanpa gejala.

Kemudian ada foto rontgen pasien Covid-19 yang sebelumnya mengalami sesak napas dan harus dirawat di ruang intensif care unit (ICU).

Tiga pasien dengan gejala ringan atau tanpa gejala itu ternyata telah mendapatkan vaksin Covid-19 secara lengkap dengan merek yang berbeda, yakni Sinovac, AstraZeneca, dan Pfizer.

Sementara satu pasien dengan kondisi pernapasan yang parah dan terpaksa dirawat di ICU belum mendapatkan vaksin Covid-19 sama sekali.

2 dari 4 halaman

Kondisi Pasien Covid yang Sudah Divaksin

Dokter Anne kemudian menjelaskan kondisi paru-paru ketiga pasien Covid-19 yang telah mendapatkan suntikan vaksin.

Ternyata, ketiga pasien yang sudah mendapatkan vaksin secara lengkap atau dua dosis kondisi paru-parunya terlihat baik.

Kondisi paru-paru pasien Covid yang sudah divaksin.© Facebook Dr. Anne Gabriel-Chan

Hal itu dibuktikan dengan foto rontgen yang memperlihatkan kondisi paru-paru ketiga pasien tampak sehat, dengan peradangan minim.

" Lihat foto-foto ini! Ada pneumonia yang sangat sangat ringan/minimal hingga x-ray dada yang hampir normal!!" tulis dokter Anne di foto-foto rontgen itu.

Dia menambahkan foto-foto rontgen itu adalah kondisi pasien Covid-19 yang sudah menerima suntikan vaksin lengkap yaitu dua dosis.

Dengan bukti foto-foto rontgen itu, vaksinasi secara lengkap diketahui dapat mencegah terjadinya gejala parah akibat infeksi Covid-19.

3 dari 4 halaman

Kondisi Pasien Covid yang Belum Divaksin

Setelah itu dokter Anne memperlihatkan foto rontgen pasien yang tidak pernah divaksin Covid-19 sebelumnya.

Ternyata kondisinya berbanding terbalik dengan pasien Covid-19 yang sudah divaksin dengan dosis yang lengkap.

Kondisi paru-paru pasien Covid-19 yang belum divaksin.© Facebook Dr. Anne Gabriel-Chan

Pasien Covid-19 yang belum mendapatkan vaksin itu memiliki gejala parah, yang disertai banyaknya peradangan pada paru-paru atau pneumonia.

" Pasien ini datang dengan napas terengah-engah. Dia menderita Covid yang parah dan membutuhkan pasokan oksigen yang banyak serta perlu menerima tindakan invasif seperti Hemoperfusion," lanjut dokter Anne.

4 dari 4 halaman

Manfaat Vaksin Covid-19

Dari postingannya itu, Dr Anne menghimbau masyarakat untuk melakukan vaksinasi Covid-19 dengan merek apa pun. Sehingga pastikan untuk mendapatkan vaksin sesegera mungkin.

" Memang kita masih bisa tertular Covid-19 meski sudah divaksin. Namun gejalanya seringkali lebih ringan. Anda akan lebih terlindungi dan terhindar dari risiko gejala parah," tambahnya.

Dr Anne juga menekankan bahwa tidak ada merek vaksin yang lebih unggul dari lainnya. Setiap vaksin dapat menjadi proteksi terbaik di tengah pandemi saat ini.

Sumber: Facebook

Beri Komentar