Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Bahaya Mencabut Bulu Hidung, Paru-Paru Tak Terlindungi Optimal

Bahaya Mencabut Bulu Hidung, Paru-Paru Tak Terlindungi Optimal Ilustrasi

Dream - Bulu hidung pada beberapa orang tumbuh cukup panjang sampai terlihat. Tentunya hal ini sangat menganggu penampilan. Untuk menghilangkan, sebaiknya bulu hidung jangan dicabut, lebih baik digunting saja.

Bulu hidung sebenarnya memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu perisai yang melindungi kesehatan paru-paru. Dikutip dari KlikDokter, saat menarik napas, bulu hidung bertugas menyaring segala partikel yang ikut terhirup.

Dibantu oleh lendir, bulu hidung akan memerangkap partikel berbahaya yang terhirup agar tidak sampai ke paru-paru. Partikel tersebut akan dikeluarkan dalam bentuk kotoran atau upil.

Bila punya kebiasaan mencabut bulu hidung, fungsi tersebut bisa saja terganggu. Selain itu, akan meningkatkan risiko mengalami komplikasi kesehatan yang berbahaya. Berikut dampaknya.

Nyeri dan Iritasi
Hal pertama yang mungkin akan dirasakan setelah mencabut bulu hidung adalah rasa nyeri dan iritasi. Terjadinya kondisi tersebut membuat bagian dalam hidung menjadi rentan untuk dihinggapi kuman penyebab penyakit. Hal ini adalah awal mula terjadinya infeksi saluran pernapasan.

 

Mimisan
Bulu hidung yang dicabut dengan keras atau secara paksa bisa menyebabkan perdarahan, atau dengan kata lain mimisan. Kondisi ini khususnya terjadi jika mencabut bulu hidung yang memang bersenggolan dengan pembuluh darah di dalam hidung.

Bisul
Memasukkan tangan yang kotor ke dalam lubang hidung untuk mecabut bulu yang kepanjangan bisa menjadi jalan masuk kuman untuk singgah dan berkembang biak.
Salah satu kondisi yang bisa terjadi akibat hal ini adalah bisul yang timbuh di dalam hidung.

 

Ingrown Nose Hair
Mencabut bulu hidung bisa membuat pertumbuhan bulu tersebut mengami masalah. Bulu hidung yang bermasalah tidak akan tumbuh ke arah luar, justru masuk ke dalam kulit (extrafollicular penetration). Keadaan ini bisa menyebabkan peradangan pada hidung.

Radang Paru-paru
Saat bulu hidung dicabut, juga akan kehilangan faktor pertahanan terhadap debu dan kotoran dalam udara yang dihirup. Akibatnya, berbagai kotoran akan mudah masuk ke dalam saluran pernapasan dan memicu peradangan saluran pernapasan, termasuk radang paru-paru.

Penjelasan selengkapnya baca di sini.

Pasien Melihat Paru-Parunya Seperti Permen Karet Sehabis Digerogoti Covid-19

Dream - Seorang pria berusia 25 tahun harus mendapatkan transplantasi paru-paru ganda setelah terpapar Covid-19 pada April 2021 lalu. Dalam pengakuannya, virus yang pernah bersarang di tubuhnya itu telah membuat paru-parunya seperti 'sisa permen karet yang dikunyah'.

Blake Bargatze asal Georgia, Amerika Serikat, mengaku tidak pernah memiliki masalah kesehatan sebelum terpapar Covid-19. Namun ia harus masuk ke ruang ICU virus Corona menyerang tubuhnya.

Selama dirawat di rumah sakit, kondisinya terus memburuk dan dokter terus bekerja keras membuat Blaze bertahan hidup.

Untuk menyelamatkan nyawanya, Blake membutuhkan satu set paru-paru baru yang akhirnya diperoleh dari doner pada Juni lalu. 

 

 

Virus Menggerogoti Paru-paru

Blake

Dikutip dari Insider, Selasa 28 September 2021, pria 25 tahun itu merasa terkejut melihat seberapa cepat Covid-19 menyerang tubuh dan menggerogoti paru-parunya. 

Dari penglihatannya, paru-paru lamanya nampak seperti permen karet yang dikunyah ketika dokter mengeluarkan dari dalam tubuhnya. Orang penting dalam tubuh Blake itu penuh dengan lubang.

"Saya hanya cukup beruntung karena tidak mengalami banyak kegagalan organ," terang Blake.

Blake merupakan salah satu dari sedikit orang yang berhasil menerima tranplantasi paru-paru ganda akibat virus corona, yang sejauh ini telah menewaskan lebih dari 687 ribu orang di Amerika Serikat. Angka ini berdasarkan hasil penelitian yang dikeluarkan John Hopkins University.

Tertular Saat Mendatangi Konser

Dalam pengakuannya, Blake yakin tertular Covid-19 saat mendatangi sebuah konser di Florida pada Maret lalu. Kala itu dia sudah menerima vaksinasi penuh juga patuh menggunakan masker.

Dengan pengalaman mengerikan yang dirasakannya, Blake mendesak aseluruh orang untuk segera menerima suntikan vaksin.

"Saya mencoba membuat orang menjadi lebih sadar tentang realita serta dampak virus ini," terangnya.

Dia juga mengatakan, masih banyak orang yang masih sembrono bahkan ketika varian Delta sudah masuk ke Amerika Serikat dan menyebabkan terjadinya lonjakan pasien rawat inap. Virus ini bahkan diketahui kebanyakan menyerang mereka yang tidak divaksin.

 

 

Meneguk 50 Pil Perhari

Kini setelah sembuh, pria 25 tahun itu berharap bisa kembali ke hobi favoritnya dan menjalani aktivitasnya seperti sediakala.

Ia mengaku ingin sekali segera memancing dan bermain biliar bersama teman-temannya. Tak hanya itu, dikatakan bahwa dirinya sudah boleh kembali bekerja dan hal tersebut merupakan pencapaian besar baginya.

Lantaran kerusakan paru-paru tersebut, Blake harus meneguk setidaknya 50 pil sehari. Namun ia tetap merasa bersyukur bisa sembuh dan melewati fase mengerikan akibat terpapar virus Covid-19.

Sumber: Insider.com

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Banyak Orang Tak Tahu, Cabut Bulu Hidung Sendiri Bisa Berbahaya

Banyak Orang Tak Tahu, Cabut Bulu Hidung Sendiri Bisa Berbahaya

Beberapa orang mencabut bulu hidungnya sendiri karena mengganggu penampilan atau merasa kurang nyaman. Ternyata, kebiasaan ini bisa membahayakan kesehatan.

Baca Selengkapnya
9 Buah Ini Bantu Tubuh Tetap Terhidrasi saat Cuaca Terik Terjadi, Mana Kesukaan Kamu?

9 Buah Ini Bantu Tubuh Tetap Terhidrasi saat Cuaca Terik Terjadi, Mana Kesukaan Kamu?

Buah-buahan yang tidak hanya menyegarkan, tetapi juga mengandung kadar air tinggi.

Baca Selengkapnya
4 Cara Ampuh Atasi Hidung Tersumbat, Layak Dicoba

4 Cara Ampuh Atasi Hidung Tersumbat, Layak Dicoba

Hidung tersumbat menjadi problem umum yang sering menimpa kita, terutama saat musim flu atau saat kita sedang mengalami alergi.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
4 Cara Mudah untuk Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi di Bulan Ramadan

4 Cara Mudah untuk Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi di Bulan Ramadan

Cairan berperan vital dalam fungsi tubuh, dari melumasi sendi hingga mengatur suhu. Bagaimanapun, banyak orang masih rentan mengalami dehidrasi tanpa disadari.

Baca Selengkapnya
Ibu Pergi Liburan Tega Tinggalkan Bayinya 10 Hari Sendirian di Rumah, Saat Kembali Kondisi Anaknya Mengenaskan

Ibu Pergi Liburan Tega Tinggalkan Bayinya 10 Hari Sendirian di Rumah, Saat Kembali Kondisi Anaknya Mengenaskan

Balita tersebut meninggal karena kelaparan dan dehidrasi parah.

Baca Selengkapnya
4 Tips Hindari Perut Kembung, Perayaan Malam Tahun Baru Bakal Lebih Enjoy

4 Tips Hindari Perut Kembung, Perayaan Malam Tahun Baru Bakal Lebih Enjoy

Jangan sia-siakan malam tahun baru yang seru hanya karena perut tak nyaman akibat kembung, ikuti tips-tips ini.

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! Tebak-tebakan Buah

BUNGKUS! Tebak-tebakan Buah

Sahabat Dream, kira-kira kalian pada bisa jawab gak nih teka-teki buah ini? yuk komen dibawah.

Baca Selengkapnya
Tips Jitu Menjaga Kasur Tetap Bersih dari Bulu Hewan Peliharaan

Tips Jitu Menjaga Kasur Tetap Bersih dari Bulu Hewan Peliharaan

Perlu diketahui, jika kamu memilih untuk berada di satu kamar bersama hewan peliharaan, kamu akan lebih sulit nantinya untuk membersihkan kamar.

Baca Selengkapnya