`Bumil`, Ini Cara Hadapi Suhu Dingin di Musim Penghujan

Reporter : Kusmiyati
Sabtu, 23 Januari 2016 18:04
`Bumil`, Ini Cara Hadapi Suhu Dingin di Musim Penghujan
Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan para wanita hamil ketika dingin dan batuk menyerang salah satunya dengan banyak minum dan konsumsi sup.

Dream - Para ibu hamil terkadang merasa khawatir ketika batuk dan udara dingin menyerang, untuk mengobatinya mereka sangat hati-hati memilih obat. Hal itu dikarenakan bayi dalam kandungan masih sensitif dengan paparan bahan kimia dari obat.

Dikutip Boldsky, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan para wanita hamil ketika dingin dan batuk menyerang, yaitu:

1. Banyak Minum

Ketika udara dingin tubuh memerlukan cairan untuk mengantikan yang hilang karena buang air kecil terus menerus akibat dingin. Hindari minum air dingin, biasakan mengonsumsi air hangat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

2. Konsumsi Sup

Dengan mengonsumsi sup dapat membantu memberikan kehangatan pada tubuh dan membantu mengurangi batuk dan flu. Selain itu jga dapat membantu menambah cairan yang dibutuhkan ibu hamil.

3. Steam

Cara lain untuk meredakan flu dan mengusir hawa dingin yaitu dengan steam. Sediakan wadah untuk menampung air panas, kemudian uap air panas tersebut hirup. Agar uap tidak cepat habis, tutupi bagian kepala dengan handuk sehingga muka langsung berapa jarak di atas wadah itu.

Cara ini dapat membantu mengurangi sakit kepala saat kehamilan dan membersihkan rongga hidung.

4. Minum Masala Teh

Teh asal India ini berisi rempah-rempah seperti cengkeh dan daun herbal lainnya. Cara ini adalah pengobatan tradisional di India yang dapat mengobati rasa dingin pada wanita hamil.

5. Istirahat Cukup

Ketika daya tahan tubuh dirasa menurun, segera beristirahat. Istirahat yang cukup dapat membuat tubuh hangat serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

6. Bantal Lebih

Saat tidur untuk memudahkan pernapasan saat hidung ibu hamil tersumbat, dapat dilakukan dengan menambahkan bantal di kepala. Hal ini dapat membuat napas menjadi lega dan membersihkan rongga hidung.

7. Buang Lendir

Saat batuk atau flu sebaiknya meludahkan lendir yang ada, jika tidak dikeluarkan akan menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Lendir itu merupakan pertahanan tubuh untuk mengeluarkan bakteri atau kotoran untuk itu sebaiknya dibuang. 

(Ism) 

Beri Komentar