Penyebab Infeksi Liver yang Diidap Ameer Azzikra

Reporter : Mutia Nugraheni
Senin, 29 November 2021 13:12
Penyebab Infeksi Liver yang Diidap Ameer Azzikra
Menurut keterangan keluarga, Ameer meninggal dunia karena penyakit infeksi liver yang diidapnya.

Dream - Muhammad Amer Azzikra meninggal dunia hari ini, 29 November 2021. Putra mendiang ustaz Arifin Ilham tersebut mengembuskan napas terakhir di usia yang masih sangat muda, 20 tahun.

Menurut keterangan keluarga, Ameer meninggal dunia karena penyakit infeksi liver yang diidapnya. Ia juga mengalami masalah di paru-paru. Lalu apa yang dimaksud dengan infeksi liver dan penyebabnya?

Dikutip dari Halodoc, penyakit liver adalah penyakit yang mengganggu fungsi liver. Liver adalah satu-satunya organ dalam tubuh yang dapat dengan mudah mengganti sel yang rusak, tetapi jika sel-sel yang dibutuhkan hilang, liver tidak mungkin dapat memenuhi kebutuhan tubuh.

Untuk infeksi liver sendiri bisa disebabkan virus dan autoimun. Kondisi tersebut biasanya merujuk pada penyakit Hepatitis. Beberapa hepatitis tergolong pada kategori ringan yang bisa sembuh dengan sendirinya.

Sedangkan pada kategori serius, hepatitis bisa berkembang menjadi penyakit yang lebih serius, seperti sirosis, gagal liver, atau kanker hati. Untuk jenisnya, hepatitis terdiri dari hepatitis A, B, C, D, E, dan hepatitis autoimun.

Selain berbagai jenis hepatitis yang telah disebutkan sebelumnya, hepatitis juga bisa disebabkan oleh senyawa kimia beracun yang merusak jaringan hati. Hepatitis ini dikenal dengan sebutan hepatitis toksis. Penyakit ini bisa disebabkan oleh racun yang masuk dalam tubuh melalui konsumsi obat-obatan, suplemen makanan, dan zat kimia lainnya.

 

1 dari 5 halaman

Apa Gejalanya?

Ada beberapa gejala yang cukup khas pada mereka yang memiliki masalah pada liver. Keluhan yang muncul ini harus diwaspadai dan jangan menunda untuk konsultasi dokter jika mengalaminya. Berikut gejalanya, dikutip dari Hellosehat.com.

1. Penyakit kuning
Salah satu gejala umum dari sakit liver yaitu penyakit kuning atau jaundice. Penyakit kuning merupakan kondisi ketika selaput mata dan kulit menjadi berwarna kuning. Hal ini terjadi ketika kadar pigmen empedu (bilirubin) meningkat drastis dalam darah.

Kadar bilirubin yang tinggi dapat dipicu oleh peradangan, masalah pada sel hati, hingga penyumbatan saluran empedu. Selain itu, penyakit kuning juga bisa disebabkan oleh kerusakan sel darah merah dan hal ini cenderung terjadi pada bayi yang baru lahir.

 

2 dari 5 halaman

2. Nyeri perut bagian atas

Ada banyak penyakit yang dapat memicu rasa sakit pada bagian atas, salah satunya penyakit liver. Nyeri perut bagian atas merupakan gejala yang paling sering dialami oleh pasien sakit liver karena letak organ hati yang berada di sekitar area tersebut.

3. Kelelahan
Kelelahan merupakan gejala umum yang sering dialami oleh pasien sakit liver, terutama penyakit hepatitis, baik akibat dari virus maupun konsumsi berlebihan. Namun, rasa lelah yang dialami tidak bisa menjadi pertanda tingkat keparahan dari penyakit hati.

Hal ini dikarenakan gejala penyakit hati ini tidak dialami oleh semua orang. Beberapa pasien penyakit liver mungkin sangat merasa lelah, sedangkan lainnya tidak merasakan hal yang sama.

 

3 dari 5 halaman

4. Mudah memar

Bagi yang sering mendapati kulitnya terdapat memar-memar meski tidak pernah jatuh, mungkin perlu berhati-hati. Pasalnya, mudah memar juga bisa menjadi salah satu tanda-tanda dari penyakit liver akibat konsumsi alkohol berlebihan.

Penyalahgunaan alkohol merupakan faktor risiko utama dari penyakit hati, seperti sirosis. Pada saat kerusakan hati berkembang, hati mungkin akan berhenti memproduksi protein yang membantu proses pembekuan darah.

Proses pembekuan darah yang terganggu bisa membuat tubuh mudah memar yang juga bisa disertai dengan kondisi lainnya. Seperti, rasa gatal pada kulit, kelelahan, kaki bengkak, hingga penyakit kuning.

4 dari 5 halaman

Kronologi Meninggalnya Ameer Azzikra Adik Alvin Faiz, Sang Istri: 'Abang Bangun'

Dream - Ameer Azzikra adik dari Alvin Faiz meninggal dunia pada Senin dini hari, 29 November 2021 karena sakit.

Tak diketahui secara pasti apa penyakit yang diidap Ameer sebelum meninggal dunia, namun adik Alvin tersebut sempat menjalani perawatan di rumah sakit.

Bahkan Ameer sempat masuk ICU dan tidak sadarkan diri beberapa jam sebelum dinyatakan meninggal dunia.

" Hari ini abang Ameer masuk ICU, perasaan aku campur aduk, linglung sakit banget liatnya," kata Nadzira Shafa istri Ameer Azzikra di instagram.

Zira© Instagram

Nadzira pun meminta doa untuk kesembuhan sang suami, dan berharap Ameer sadar dari koma. " Abang bangun yuk, abang ade tunggu di depan ICU ya," ujar dia lagi.

 

5 dari 5 halaman

Zir© Instagram

Setelah beberapa jam Nadzira membuat status seperti itu di insta stories, nyawa Ameer tidak tertolong. Ameer dinyatakan meninggal dunia.

" Allah lebih sayang abang ternyata, selamat jalan Muhammadku," tutur dia.

Meski belum ada satu tahun dinikahi adik Alvin Faiz tersebut, Nadzira sangat bersyukur dan bahagia hari-harinya diwarnai canda dan tawa.

Al© Instagram

" 172 hari yang aku lalui bersamamu sangat membuatku bahagi, terimakasih sudah meminangkau menjadi khadijamu, aku bahagia," ungkapnya.

Diakhir postingannya, Nadzira mengucapkan salam sayangnya yang terakhir untuk Ameer. " love you," tulis dia.

Beri Komentar