CONNECT WITH US!

Pilah-Pilih Alat Kontrasepsi Pasangan Millennial Masa Kini

Reporter : Ayu Siti Rachma | Kamis, 7 Desember 2017 08:15
(Sumber: Shutterstock)
Perencanaan keluarga bisa diawali dengan memilih alat kontrasepsi yang tepat bagi gaya hidup millennial masa kini.

Dream - Memasuki kehidupan berumah tangga, perencanaan keluarga sangat diperlukan oleh para pasangan muda. Terutama di zaman yang semakin maju ini, di mana gaya hidup kekinian menuntut semuanya serba praktis. Perencanaan keluarga bisa diawali dengan memilih alat kontrasepsi yang tepat bagi gaya hidup millennial masa kini.

Mengikuti gaya hidup millennial masa kini yang semakin praktis, Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) bisa menjadi alternatif yang tepat untuk dipilih. Kenali lebih jauh tentang metode berikut biar bisa merencanakan masa depan keluarga millennial yang maksimal, Sahabat Dream!

Apa Sih yang Dimaksud Metode Kontrasepsi Jangka Panjang?

Metode Kontrasepsi Jangka Panjang atau yang biasa disingkat MKJP adalah alat kontrasepsi yang digunakan untuk melindungi dari kehamilan yang tidak direncanakan dalam waktu yang cukup panjang. Pilihan kontrasepsi ini dinilai lebih cocok untuk pasangan millennial masa kini karena efektif, aman digunakan serta praktis karena sekali pakai untuk jangka waktu panjang.

Dengan menggunakan MKJP, kamu bisa melakukan perencanaan keluarga sesuai impian. Hal ini penting banget, soalnya perencanaan keluarga adalah kunci membangun keluarga harmonis dan bahagia di masa depan. Alat kontrasepsi yang termasuk dalam metode jangka panjang ini ada dua, yaitu IUD dan implan.

IUD, Apa Sih Keunggulannya?

IUD mungkin salah satu metode kontrasepsi yang sudah nggak asing lagi. Metode yang juga dikenal dengan istilah spiral ini adalah alat kontrasepsi yang memiliki efektivitas hingga 99,4%, dipasang di dalam rahim, tanpa hormon, dan sama sekali nggak mengganggu kesuburan. Proses pemasangan yang cepat dan aman menjadi salah satu kelebihannya. IUD ini juga cocok digunakan oleh ibu yang sedang menyusui karena tidak akan mengganggu produksi dan kualitas ASI.

Waktu perlindungan yang diberikan pun cukup bervariasi mulai dari 3, 5 hingga 10 tahun. Tentunya dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan bisa dilepas kapan saja saat sudah siap untuk merencanakan kehamilan.

Cara kerja IUD sendiri yaitu mencegah adanya pertemuan antara sprema dan sel telur untuk bertemu sehingga tidak akan terjadi pembuahan. Ada beberapa keuntungan penggunaan IUD. Selain bisa digunakan untuk jangka panjang sehingga kamu juga nggak perlu terikat kunjungan dokter atau bidan dan tidak menyebabkan efek samping hormonal.

Implan, Alternatif Metode Kontrasepsi Lainnya

Selain IUD, alternatif metode kontrasepsi lainnya adalah implan. Berbeda dengan IUD yang dipasang di rahim, implan dipasang di bawah kulit lengan atas bagian dalam yang sama sekali nggak mengganggu aktivitas harian. Metode kontrasepsi ini hanya mengandung hormon progesterone sehingga tetap aman untuk Ibu menyusui karena tidak mempengaruhi kualitas dan produksi ASI. Selain itu, implan juga dapat mengurangi heavy menstrual bleeding.

Implan punya beberapa keuntungan yang pas digunakan oleh pasangan millennial yang sedang melakukan perencanaan keluarga. Mulai dari efektif melindungi jangka panjang, bisa digunakan hingga 4 tahun, dan pemasangan yang mudah dan nyaman. Implan juga dapat dilepas kapan saja ketika ingin memulai perencanaan kehamilan.

Sudah tahu alat kontrasepsi mana yang paling pas untuk kebutuhan keluarga kamu, Sahabat Dream? Segera pilih metode kontrasepsi jangka panjang yang paling sesuai dan nyaman digunakan untuk mewujudkan keluarga millennial impian. Untuk info lebih lanjut bisa konsultasikan langsung dengan dokter atau bidan Andalan kamu atau kunjungi situs ini.

Andalan

Selamat memilih ya!