Selalu Haus? Bisa Jadi Tubuh Bermasalah

Reporter : Mutia Nugraheni
Jumat, 18 Januari 2019 08:16
Selalu Haus? Bisa Jadi Tubuh Bermasalah
Cari tahu penyebab utama mulut selalu kering dan kehausan.

Dream - Banyak dari kita yang baru minum air ketika merasa sangat haus. Padahal, seharusnya kamu tetap minum air putih meskipun tidak haus.

Hal ini karena tiap sel dan organ sangat membutuhkan cairan setiap saat untuk bekerja optimal. Lalu bagaimana jika haus selalu muncul dan terasa sangat ekstrem?

Rasa haus yang berlebihan, menurut Laura M. Hahn, MD, dokter perawatan primer Mercy Medical Center di Baltimore, bisa jadi isyarat bahwa tubuh sedang mengalami masalah kesehatan.

" Segala kondisi yang mengubah keseimbangan air atau garam dalam tubuh dapat memicu rasa haus," kata dr. Hahn, seperti dikutip dari Prevention.

Bila merasa haus sepanjang waktu meskipun sudah minum banyak air, mungkin Sahabat Dream mengalami masalah kesehatan ini.

Diabetes

Menurut Heather Rosen, MD, direktur medis UPMC Urgent Care North Huntingdon di Pennsylvania, diabetes tipe 1 dan tipe 2 dapat meningkatkan risiko dehidrasi, terutama jika belum menyadarinya. Ketika kadar gula darah terlalu tinggi, tubuh akan menekan ginjal memproduksi lebih banyak urine untuk membuang kelebihan glukosa.

" Sering buang air kecil, gejala umum lainnya, akan menimbulkan rasa haus. Ini mengarah pada minum lebih banyak cairan," ungkapnya.

Jika kamu mengalami rasa haus dan buang air kecil yang berlebihan, serta gejala lain seperti penurunan berat badan, kelelahan, atau masalah lainnya, segera lakukan tes glukosa darah untuk mengetahuinya.

1 dari 3 halaman

Mulut Kering (Xerostomia)

Mulut kering, juga dikenal sebagai xerostomia. Masalah mulut ini sering di salah artikan sebagai rasa haus yang berlebihan.

" Ini merupakan kekeringan yang tidak normal dari selaput lendir di mulut, karena pengurangan aliran atau perubahan komposisi air liur," kata Dr. Rosen.

 Konsumsi Air Putih Berlebih, Bahaya Bagi Kesehatan © MEN

Jika kelenjar tidak membuat air liur yang cukup, dapat menyebabkan gejala lainnya seperti bau mulut, kesulitan mengunyah, dan air liur yang tebal dan berserat. Penyebab umum mulut kering termasuk merokok tembakau atau ganja, stres, rasa cemas berlebihan, atau penuaan.

Ada juga beberapa penyakit yang dapat menyebabkan mulut kering. Sebaiknya segera periksa ke dokter untuk mencari tahu, ungkapkan gejala-gejala yang kamu alami.

2 dari 3 halaman

Pendarahan Berlebihan

Kehilangan darah yang terus-menerus, seperti menstruasi dan pendarahan, dapat meningkatkan rasa haus untuk menggantikan cairan yang terbuang.

 5 Fakta yang Harus Perempuan Ketahui Selama Menstruasi© MEN

Pendarahan berlebihan juga merupakan penyebab umum anemia, suatu kondisi tubuh kehilangan sel darah merah lebih cepat.

3 dari 3 halaman

Masalah Tiroid

Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak di bagian bawah leher. Organ tubuh ini bekerja memompa hormon tiroid, yang membantu mengatur nafsu makan, energi, suhu internal, dan fungsi tubuh vital lainnya.

Menurut Prudence Hall, MD, pendiri dan direktur medis The Hall Center di Santa Monica, CA, masalah tiroid cukup umum di kalangan wanita.

 3 Tahun Benjolan di Leher Istri, Dibedah Ternyata Isinya...© MEN

Ketika kelenjar memproduksi terlalu banyak atau terlalu sedikit hormon, hormon ini dapat memacu berbagai gejala nonspesifik. Antara lain siklus menstruasi yang tidak normal, rasa cemas, gerah, dan mulut kering, yang semuanya dapat menyebabkan rasa haus yang meningkat.

Laporan Mega Rasmiyati

Beri Komentar