Sisi Gelap Mie Instan, Anak Kost Harus Waspada

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Rabu, 13 Maret 2019 18:43
Sisi Gelap Mie Instan, Anak Kost Harus Waspada
Seperti apa?

Dream - Murah dan lezat, mie instan banyak diandalkan sebagai menu di tanggal tua. Mie instan juga sangat lumrah dikonsumsi oleh anak kost.

Namun kontroversi mengenai bahaya mie instan memang ada benarnya. Seperti kasus tewasnya mahasiswa di Taiwan yang menderita kanker perut akibat mengonsumsi mie instan setiap hari.

" Tren hipertensi juga mulai meningkat di kalangan mahasiswa. Ada penelitian di suatu universitas yang menunjukan, rata-rata anak kost mengonsumsi mie instan sebanyak 3 - 4 bungkus per harinya," tutur Cut Putri Arianie, Direktur P2PTM Kemenkes RI, di Jakarta, Selasa 13 Maret 2019.

Mie instan mengandung garam yang cukup tinggi. Dalam satu bungkus, jumlahnya sudah hampir melebihi batas konsumsi Gula, Garam dan Lemak (GGL) per hari. Berlebihnya garam dapat memicu laju tekanan darah.

1 dari 1 halaman

Yang Bakal Terjadi Pada Tubuhmu

Hipertensi tidak hanya menyerang organ kardiovaskular seperti jantung dan pembuluh darah, melainkan ginjal. Tingginya tekanan darah dapat menurunkan fungsi ginjal tanpa kita sadari.

 Mie Instan

" Dalam satu ginjal ada 1 juta unit nefron, yakni serat-serat halus yang bekerja untuk menyaring darah. Tekanan darah tinggi dapat mengganggu fungsi nefron dan pembuluh darah ginjal sehingga proses filtrasi tidak optimal," ujar Aida Lydia, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Ginjal dan Hipertensi.

Hipertensi ditandai dengan tekanan darah yang mencapai 140/90 mmHg atau lebih. Jika dibiarkan, ginjal akan mengalami penurunan fungsi dan memicu Penyakit Ginjal Kronis (PGK) atau gagal ginjal.

PGK hanya dapat diatasi dengan terapi pengganti ginjal seperti cuci darah (hemodialisis) hingga transplantasi ginjal yang tentunya tidak murah.

Beri Komentar
(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary