Stres Akibat Masalah Finansial Bikin IQ Turun

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 3 Desember 2019 11:12
Stres Akibat Masalah Finansial Bikin IQ Turun
Stres justru menyebabkan kesalahan perhitungan dan mengacaukan fungsi otak.

Dream - Mungkin Sahabat Dream seringkali menghindari keinginan melihat saldo ATM atau sisa tagihan kartu kredit agar tidak stres. Bahkan, kamu pun menolak untuk menghitung pengeluaran.

Semakin banyaknya persaingan, membuat penyebab stres juga meningkat. Sementara, masalah ekonomi masih menjadi yang utama. Jika pernah mengalaminya, Sahabat Dream pasti tahu bagaimana hal itu bisa mengganggu pikiran.

Namun daripada menghindari masalah keuangan dan mencari pengalihan, ada baiknya kamu mencari penyebab serta solusinya agar tidak stres atau mengganggu kesehatan.

 

1 dari 3 halaman

Fight or Flight Response

Dilansir dari Times of India, istilah yang dikenal sebagai respons stres akut ini adalah rantai reaksi dalam tubuh, yang memungkinkan manusia untuk menghadapi keadaan yang mengancam.

Ketika menghadapi ancaman fisik atau psikologis yang akan segera terjadi, detak jantung semakin cepat, tekanan darah naik dan kamu mulai bernapas lebih cepat.

 stres

Ini karena tubuhmu memicu pelepasan hormon stres untuk melawan bahaya apapun yang akan terjadi, seperti membayar pinjaman atau mengelola tabungan.

Sedihnya, banyak orang tidak menyadari bahwa ketika tubuh masuk ke dalam fase ini, kesehatanmu akan terganggu.

Respons stres ini mengirimkan sinyal stres ke tubuh yang menyebabkan kondisi siaga tinggi. Namun ketika tubuh secara konstan berfungsi pada respons stres, kamu akan merasa lelah, bahkan dapat menyebabkan kerusakan pada otak.

2 dari 3 halaman

Hasil Penelitian

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam penelitian Princeton, respons kronis yang berkepanjangan dapat menyebabkan hilangnya fungsi otak.

Ya, menurut penelitian, tekanan finansial dapat menyebabkan penurunan IQ sementara.

Penelitian ini dilakukan pada 400 pembeli di mall antara 2010 dan 2012, dengan pendapatan rumah tangga yang bervariasi. Penelitian ini dilakukan dalam empat sesi. 

Lalu, mereka menyimpulkan bahwa ketika orang khawatir tentang keuangan, mereka cenderung membuat lebih banyak kesalahan perhitungan.

 

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Sederhananya, berjuang dengan masalah keuangan dapat menghilangkan kemampuan orang untuk memikirkan dan membuat pilihan yang masuk akal.

 Menyiasati Stres Saat Liburan

Alasannya, bisa jadi fakta bahwa masalah finansial mendominasi pikiran dan dapat menyebabkan penurunan kemampuan kognitif.

Beri Komentar
Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie