Tetap Fit Saat Lebaran

Reporter : Dwi Ratih
Rabu, 15 Juli 2015 09:04
Tetap Fit Saat Lebaran
Mengonsumsi minuman tersebut secara berlebihan dapat memicu berbagai penyakit seperti batuk bahkan radang tenggorokan.

Dream - Setelah sebulan penuh menjalankan puasa ramadan, kini tiba saatnya semua umat muslim bersiap merayakan hari kemenangan. Tapi, seringkali kesibukan selama Lebaran membuat stamina menjadi terganggu. Perjalanan jauh selama mudik dilanjutkan dengan jadwal silahturahmi membuat kondisi tubuh menjadi sangat lelah.

Kondisi semakin berat karena makanan yang disiapkan untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri kerap berlimpah. Membuat pola makan menjadi berlebihan dan tidak seimbang. Jika hal ini terus dibiarkan dapat menyebabkan tubuh jatuh sakit.

Nah, agar anda terhindar dari penyakit yang kerap menyerang selama lebaran. Simak yuk beberapa tips di bawah ini, supaya anda tetap sehat selama menikmati libur beberapa hari ke depan:

Atur Jadwal
Kegiatan pulang kampung saat lebaran tentu membuat anda disibukan dengan mengunjungi banyak sodara dan teman. Hal tersebut sebaiknya tidak membuat jam tidur anda menjadi berkurang. Atur jadwal sebaik mungkin agar tidak mudah terserang flu dan pegal - pegal. Lakukan peregangan di pagi hari agar badan terasa lebih rileks.

Hindari Minuman Manis
Segala jenis minuman dari sirup beraneka rasa, hingga minuman bersoda banyak tersaji saat hari raya tiba. Mengonsumsi minuman tersebut secara berlebihan dapat memicu berbagai penyakit seperti batuk bahkan radang tenggorokan. Ada baiknya jika anda hindari minuman - minuman tersebut dan tetap memperbanyak konsumsi air putih.

Jaga Pola Makan
Makanan khas lebaran seperti opor dan rendang tentu sangat menggoda lidah. Tapi anda harus tetap mengontrol pola makanan untuk menghindari kolestrol tinggi dan berat badan yang naik seusai lebaran. Jauhkan diri dari toples - toples yang berisi kue kering. Kue seperti nastar, kastengel dan putri salju dibuat dari mentega dan telur berpotensi menyebabkan timbulnya jerawat.
Batasi konsumsi karbohidrat sebanyak 55 - 65 persen, sedangkan lemak sekitar 30 persen dan sisanya untuk memenuhi jumlah proteiin. Usahakan untuk tetap memasukan asupan buah dan sayur ke dalam daftar makanan. Keduanya efektif menyerap gula dan lemak jahat yang menumpuk dan dapat menghambat pencernaan.

Konsumsi suplemen
Anda bisa mengonsumsi vitamin C untuk menjaga stamina tubuh agar tetap fit. Atau jika anda sempat, siapkan ramuan tradisional dari racikan madu asli dicampur dengan kuning telur ayam kampung dan sedikit air jeruk limau. Minum secara rutin saat pagi dan malam hari membuat badan terasa lebih segar.

Beri Komentar
Terlahir Tuli, Anak Ray Sahetapy Lulus Cum Laude di New York