Tips Road Trip Anti-Panas Dalam Biar Tetap Segar Jalani Puasa

Reporter : Glugut Hari Pamungkas
Kamis, 22 Juni 2017 08:44
Tips Road Trip Anti-Panas Dalam Biar Tetap Segar Jalani Puasa
Cukup lakukan beberapa tips berikut ini agar kegiatan jalan-jalan tidak memicu panas dalam, yang dapat mengganggu kelancaran puasa.

Dream - Menjalankan ibadah puasa selama 30 hari penuh wajib dilakukan umat Muslim di Bulan Ramadan. Bagi penyuka traveling, terutama road-trip, berpuasa tidak harus jadi pantangan untuk melakukan aktivitas favorit ini.

Cukup lakukan beberapa tips berikut ini agar kegiatan jalan-jalan tidak memicu panas dalam, yang dapat mengganggu kelancaran puasa.

Rencanakan dengan Matang

Sebelum melakukan road trip, ada baiknya melakukan perencanaan dengan matang. Selain menentukan tujuan yang dapat dicapai tanpa mengganggu puasa, juga mencari fasilitas-fasilitas yang dapat dimanfaatkan sehingga tidak menghabiskan waktu tambahan di atas kendaraan.

Gunakan media sosial untuk mencari tahu tempat makan yang buka untuk sahur maupun berbuka. Begitu juga dengan penginapan, pilih yang tidak terlalu jauh dari destinasi wisata incaranmu, sehingga dapat menghemat dana dan waktu transportasi.

Jangan Lupa Sahur Bergizi

Jangan sampai melewatkan waktu sahur, yang jadi satu-satunya waktu makan untuk memberikan asupan energi pada tubuh. Pastikan untuk memilih menu sahur yang sederhana dan praktis, namun tetap bergizi. Coba konsumsi roti gandum, oatmeal, atau smoothie yang mudah disiapkan tapi ampuh menyediakan energi sepanjang hari.

Makanan yang mengandung serat tinggi, seperti sayuran dan buah-buahan, dapat mencegahmu mengalami panas dalam, akibat gangguan pencernaan. Gejala yang sering muncul saat puasa biasanya berupa sembelit, dan jika diabaikan dapat memicu penyakit ambeien yang lebih parah.

Jika mulai merasakan gejala panas dalam seperti bibir pecah-pecah, sariawan, bau mulut, gangguan pencernaan, tenggorokan kering, dan tubuh kurang fit, segera atasi dengan Larutan Penyegar Cap Badak. Mengandung bahan alami Gypsum Fibrosum dan Galcareus Spar, produk dari Sinde yang telah dipercaya dari generasi ke generasi ini diolah menggunakan teknologi modern, sehingga terjamin halal dan aman dikonsumsi segala usia.

Larutan Penyegar Cap Badak

Facebook.com/larutanpenyegar

Dikemas praktis dalam botol, kaleng, maupun sachet yang praktis dibawa saat road trip, sediakan selalu saat sahur dan berbuka puasa, untuk mencegah datangnya panas dalam dan memberi kesegaran pada tubuh. Pilih rasa yang disukai, mulai dari original hingga buah-buahan seperti jeruk, jambu, melon, dan lychee.

Rutin Bergerak

Duduk terlalu lama tidak hanya membuat tubuh terasa pegal, tapi juga berisiko menurunkan daya tahan tubuh. Akibatnya, traveling jadi kurang nyaman karena serangan penyakit dan panas dalam. Luangkan waktu untuk beristirahat, baik itu tidur siang atau berhenti setidaknya dua jam sekali untuk ke kamar mandi, melakukan peregangan, maupun sekadar peregangan.

Kendalikan Stres

Terjebak macet dan mulai bosan dengan panjangnya waktu yang dihabiskan di atas kendaraan, dapat memicu timbulnya stres. Jika dibiarkan, hal ini dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh rentan terkena stres dan panas dalam. Berlatihlah meditasi dengan mengatur nafas, mendengarkan lagu favorit, atau gunakan gadget untuk menjagamu tetap terhibur.

Walau sedang berpuasa, road trip tetap bisa dilakukan kok, dengan menggunakan beberapa tips jitu ini.

Beri Komentar