Vaginismus, Si Pemicu Nyeri Hebat Saat Berhubungan Intim

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Rabu, 27 November 2019 19:13
Vaginismus, Si Pemicu Nyeri Hebat Saat Berhubungan Intim
Ada kontraksi abnormal di otot sekitar vagina yang menyebabkan rasa nyeri berlebihan pada wanita.

Dream - Bagi pasangan suami istri, berhubungan intim lebih dari sebuah kebutuhan biologis tapi juga menjaga hubungan dan kemesraan agar tetap mesra. Hubungan ini idealnya dinikmati oleh suami maupun istri.

Sayangnya, pada beberapa kondisi istri tak bisa sama sekali menikmatinya, bahkan sebaliknya malah merasa kesakitan. Salah satu penyebabnya adalah karena vaginismus. Kondisi ini merupakan kesulitan penetrasi ketika berhubungan seksual yang disebabkan oleh kontraksi abnormal di otot sekitar vagina yang menyebabkan rasa nyeri berlebihan pada wanita.

Gangguan seksual ini hanya terjadi ketika penetrasi. Secara fisik, vaginismus terjadi akibat infeksi genital, trauma saat melahirkan atau perlukaan di jalan lahir. Sementara dari segi psikis, hal ini juga bisa terjadi karena rasa kurang percaya diri, stres berat dan trauma kekerasan seksual.

" Penetrasi akan sangat sulit terjadi, vagina terasa sangat ketat dan tidak nyaman. Bahkan pada kasus parah, lubang vagina sepenuhnya menutup ketika dilakukan penetrasi," kata Ni Komang Yeni, dokter Spesialis Obstetri & Ginekologi di Seminar Media Bamed Women's Clinic, Jakarta, Rabu 27 November 2019.

 

1 dari 5 halaman

Tak Boleh Dibiarkan

Bila mengalami kondisi tersebut, segeralah konsultasi dengan dokter. Jika dibiarkan, vaginismus dapat menurunkan kualitas hidup perempuan. Bisa memicu perasaan gagal karena tidak mampu melayani suami.

 Peremajaan Area Intim Kewanitaan Bisa Bikin Tampak 'Baru', Penasaran?© MEN

Pada kasus parah, pria juga bisa mengalami disfungsi ereksi psikogenik karena frustasi akibat keadaan hubungan seksual. Penderita vaginismus dapat ditangani dengan kolaborasi antara psikiatri dan ginekolog.

 

2 dari 5 halaman

Terapi yang bisa Dilakukan

Ada beberapa terapi yang bisa dilakukan di rumah, misalnya Sensate Focus. Suami istri bisa melakukan aktivitas saling menyentuh yang tujuannya untuk intimasi.

" Bukan untuk penetrasi, tapi meningkatkan rasa nyaman dan rasa saling percaya," kata Yeni.

Jika terapi mandiri belum juga berhasil, pasien bisa mengunjungi pakar kesehatan. Terapi psikis seperti physioteraphy dan hypnotherapy dapat membantu menghilangkan ketakutan serta merelaksasi otot dasar panggul.

Pada kasus parah di mana pasangan suami istri sudah sangat menginginkan anak, dokter akan melakukan terapi dengan tingkat lebih tinggi. Seperti pemakaian krim Lidocaine, sejenis analgesik yang dioleskan ke permukaan kulit dan dinding vagina.

3 dari 5 halaman

Panduan Penting Pemakaian Sabun Khusus Organ Intim

Dream - Menjaga kebersihan sangat penting dilakukan. Biasanya kaum hawa baru sadar untuk menjaga kesehatan organ intimnya setelah mengalami masalah. Terutama untuk mereka yang sudah aktif secara seksual.

Salah satu yang penting dilakukan untuk menjaga kesehatan organ intim adalah selalu mengganti celana dalam secara rutin. Bilas organ intim setelah buang air dari arah depan ke belakang.

 Panduan Penting Pemakaian Sabun Khusus Organ Intim © MEN

Pastikan kondisinya sudah kering sebelum mengenakan celana dalam kembali. Hal yang juga bisa dilakukan adalah membilasnya dengan sabun khusus.

" Disarankan untuk anak yang aktivitasnya mulai aktif. Atau anak perempuan saat sudah mulai menstruasi, sekitar 10 atau 11 tahun," kata Diana Derdameisya, Aesthetic Gynaecologist dalam acara ‘Pillow Talk with Andalan, The Untold Facts of Intimate Beauty’ di Jakarta Pusat, Rabu 4 September 2019.

4 dari 5 halaman

Cegah keputihan

Sabun khusus organ intim sebaiknya digunakan 3-7 kali seminggu untuk mencegah terjadinya infeksi.

Kamu juga bisa mencegah keputihan dengan menggunakannya secara teratur. Tak hanya itu, sabun ini juga bisa dipakai laki-laki.

 Bahan Katun Bisa Lindungi Organ Intim Kewanitaan© MEN

" Tanda keputihan selain bau biasanya gatal, baunya menyengat dan keputihannya berwarna serta menggumpal. Kalau sudah timbul semuanya, harus ke dokter. Tapi kalau hanya bau, bisa menggunakan sabun seperti Andalan Feminine Care, baik laki-laki maupun perempuan," kata Diana.

5 dari 5 halaman

Lebih percaya diri

Selain mencegah penyakit kelamin, menjaga kebersihan organ intim dengan memakai sabun feminine care juga bisa membuat seseorang lebih percaya diri. Terutama ketika berhubungan intim.

 10 Cara Mudah Memutihkan Area Organ Intim Wanita Secara Alami© MEN

" Kalau area intimnya sehat, nggak ada eksim, tidak akan menyebabkan penyakit apa-apa. Bisa melakukan seks dengan berbagai cara. Dan kalau bau pun jadi nggak pede, takut pasangannya turn off. Jadi harus diatasi dengan menggunakan sabun khusus organ intim," ujar sexologist, Haekal Anshari.