Al Bina Senayan, Masjid `Turki` Tempat Nikah Favorit Artis

Reporter : Bimo
Rabu, 11 Maret 2015 16:27
Al Bina Senayan, Masjid `Turki` Tempat Nikah Favorit Artis
Lokasi yang strategis dan arsitektur cantik khas Tmur Tengah menjadi tempat ideal melangsungkan pernikahan.

Dream - Masjid Al Bina menjadi satu primadona bagi kalangan Muslim Jakarta. Letaknya tak jauh dari pusat keramaian kawasan Istora Gelora Bung Karno. Tepatnya, berseberangan dengan Hotel Atlet Century dan Pusat Perbelanjaan FX Senayan. Cukup strategis bagi orang untuk beribadah di sela aktivitas yang padat.

Dominasi arsitektur khas Timur Tengah menjadi satu daya tarik tersendiri. Hal itu menjadi sebab banyaknya orang menjadikan masjid ini tempat favorit untuk melangsungkan pernikahan.

" Lokasi yang strategis menjadi favorit masyarakat untuk gelar pernikahan," ungkap salah satu Takmir Masjid Al Bina, Kastari, saat ditemui Dream.co.id, Rabu, 11 Maret 2015.

Dari bentuknya, masjid ini dikelilingi empat menara di tiap sudutnya. Berdekatan dengan kubah, sebuah menara tinggi menjulang, penanda itu merupakan menara utama.

Masuk ke dalam, 18 pilar dengan kokoh berdiri menopang bangunan dua lantai itu. Lantai atas khusus untuk salat dengan kapasitas 4.000 jamaah, sementara lantai bawah difungsikan sebagai aula atau ruang pertemuan yang bisa menampun 1.500 orang.

Sepintas terlihat, bangunan ini tampak seperti Masjid Sultan Ahmed yang begitu terkenal di Istanbul, Turki. Ciri kesamaan paling menonjol adalah bentuk kubah masjid yang begitu cantik berhias warna biru dengan beberapa ornamen bentuk kotak.

" Kubahnya yang cantik menjadi daya tarik pengunjung yang melihatnya dan ingin mencoba beribadah di dalamnya," tuturnya.

Usai salat, jika ada jamaah yang hendak bersantai di luar, halaman masjid ini cukup nyaman. Banyaknya pohon buah menjadikan halaman cukup rindang, dan nyaman untuk bersantai di tengah terik matahari Ibu Kota.

" Masjid ini ditanami pohon-pohon besar seperti pohon duren, pohon rambutan, pohon kecapi, dan beberapa pohon sayuran," ucapnya lagi.

Tata ruang yang nyaman menjadi alasan mengapa banyak orang ingin melangsungkan pernikahan di masjid ini. Penggunanya berasal dari beragam latar belakang, termasuk juga artis dan pejabat negara.

Tercatat beberapa pasangan artis melangsungkan pernikahan di masjid ini. Mereka seperti Irwansyah dan Saskia Sungkar, Ashraff Sinclair dengan Bunga Citra Lestari, juga pasangan Intan Ayu dengan Olaf, serta Anang Hermansyah dan Ashanti.

Tidak hanya mereka, beberapa ustaz selebritis juga tercatat menikah di tempat ini. Salah satunya adalah Ustaz Solmed.

" Paling ramai booking untuk pernikahan antara bulan Mei dan Agustus atau menjelang Lebaran," katanya.

Berdiri di atas tanah seluas 1.800 meter persegi di sisi selatan Gelora Bung Karno, Masjid Al Bina menelan biaya pembangunan mencapai Rp 7 miliar. Tetapi, besaran biaya itu tak sebanding dengan kualitas bangunan.

Selang tiga tahun dari selesainya proyek pembangunan pada 1998, masjid ini mengalami kerusakan. Kerusakan menimpa bagian pondasi dan atap, termasuk juga kubah.

" Kubah pernah retak dan mengakibatkan bocor kalau hujan besar. Itu sempet terjadi ketika sedang salat Jumat," ungkap Kastari.

Kerusakan itu cukup parah. Sebagian kubah runtuh dan hampir menimpa jamaah. Akibat kejadian itu, takmir memutuskan masjid harus direnovasi total tahun 2013.

Pertengahan 2013, renovasi selesai. Wajah masjid ini berubah, dari sebelumnya didominasi warna putih, kini banyak terlihat kombinasi warna kuning dan hijau seluruh bagiannya.

" Kami mencoba mengganti warna sekaligus memperbaiki beberapa titik bagian yang rusak," terangnya.

Pernah suatu ketika, seorang pengusaha ingin menyumbang Rp 1 miliar. Dana sebesar itu diniatkan untuk anggaran perawatan masjid.

Tetapi, takmir menyatakan tidak dapat menerima bantuan itu. Alasannya, Masjid Al Bina merupakan aset negara.  (Ism) 

Beri Komentar