Kuba Izinkan Pembangunan Masjid Pertama di Havana

Reporter : Sandy Mahaputra
Selasa, 23 Desember 2014 10:03
Kuba Izinkan Pembangunan Masjid Pertama di Havana
Tanah untuk masjid telah dipersiapkan Pemerintah Kuba di kota Havana Lama.

Dream - Pemerintah Kuba membawa angin segar bagi ribuan penganut agama Islam di negara itu.

Duta Besar Kuba untuk Turki mengatakan bahwa negaranya menjamin hak-hak muslim untuk mendirikan sebuah masjid. Dubes Kuba bahkan berjanji masjid pertama di Kuba bakal dibangun dalam waktu dekat.

" Muslim punya hak untuk memiliki sebuah masjid," Dubes Kuba Alberto Gonzales Casals mengatakan dalam sebuah siaran TV di Turki, yang dilaporkan oleh World Bulletin, akhir pekan kemarin.

Menurut Casals muslim di Kuba telah mengajukan permohonan pembangunan sebuah masjid. Kuba, sebagai negara sekuler, telah mempertimbangkan permintaan dari agama yang berbeda.

" Pemerintah Turki dan Kementerian Urusan Agama Kuba akan membantu pembangunan masjid pertama tersebut," tambahnya.

Rencana pembangunan masjid pertama Kuba muncul setelah Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan Christopher Columbus telah melihat ada masjid di sebuah bukit di Kuba

Masjid impian itu disetujui setelah ada kunjungan oleh Departemen Urusan Agama Turki (TDV) ke Departemen Urusan Agama Kuba pada April lalu

Dirancang menggunakan arsitektur masjid terkenal di Istanbul, Masjid Ortakoy, masjid ini dibangun untuk melayani 3.500 muslim dan diperkirakan selesai dalam waktu satu tahun.

Menurut rencana, Masjid Havana akan dibangun di atas lahan seluas 32.300 meter persegi. Tanah untuk masjid telah dipersiapkan Pemerintah Kuba di kota Havana Lama.

[crosslink_1] 

Beri Komentar