Muslim India Dilarang Sembelih Sapi saat Idul Adha

Reporter : Sandy Mahaputra
Jumat, 3 Oktober 2014 15:07
Muslim India Dilarang Sembelih Sapi saat Idul Adha
Menyusul kampanye anti-menyembelih sapi oleh aktivis haluan kanan Hindu yang menganggap hewan ternak itu binatang suci.

Dream - Warga muslim di India dihadapkan pada persoalan serius jelang perayaan Idul Adha. Mereka takut menyembelih sapi saat merayakan Idul Adha, menyusul kampanye anti-menyembelih sapi oleh aktivis haluan kanan Hindu yang menganggap hewan ternak itu binatang suci.

" Pedagang banyak yang membeli sapi dari pasar sapi terbesar di distrik kami," Ramzan Ali, seorang pedagang sapi di barat Midnapur di distrik Benggala Barat kepada OnIslam.net, Rabu 3 Oktober 2014.

Dia mengatakan kampanye anti-menyembelih sapi telah berdampak pada pasar sapi.

" Hari Rabu perdagangan sapi menyusut menjadi 30-40 persen dan pasar hanya bisa menjual 70 ribu ekor pekan ini, turun dari 110 ribu ekor pada tahun lalu."

Sejak Partai Bharatiya Janata (BJP) mengusai pemerintahan bulan Mei lalu, kampanye anti-menyembelih sapi oleh aktivis Hindu telah mencapai puncaknya di seluruh Benggala Barat.

Di beberapa wilayah di Benggala Barat, truk pengangkut sapi dicegat dan sapi-sapi kemudian dilepaskan. Pedagang sapi muslim kemudian dipukuli.

Sapi menjadi hewan ternak favorit saat Idul Adha di Benggala yang memiliki populasi muslim 230 juta jiwa.

Diskriminasi lebih parah terjadi di Hyderabad, sebuah kota di selatan India. Muslim di sana dilarang menyembelih sapi dan kerbau.

Aturan tersebut bahkan sudah menjadi Undang-undang di Hyderabad sejak 1977. Bagi yang melanggar dianggap sebagai kriminal dan akan menghadapi tuntutan hukum.

Akibat kampanye anti-menyembelih sapi tersebut, banyak muslim India beralih ke domba dan unta sebagai hewan kurban mereka.

" Kami mendengar bahwa menuntun sapi dari pasar hewan ke rumah kami sudah tidak aman lagi karena aktivis Hindu sedang mengintai. Karena itu, tahun ini keluarga kami akan menyembelih kambing saja," Basir Ali, warga muslim pinggiran Kalkuta.

Seorang wartawan Hyderabad mengatakan larangan menyembelih sapi tak resmi telah diberlakukan di seluruh daerah muslim di negara ini pada Idul Adha tahun ini.

" Secara resmi tidak ada larangan penyembelihan sapi di Telangana. Tapi kantor polisi di seluruh negara bagian telah diperintahkan untuk menegakkan larangan penyembelihan sapi ini pada Idul Adha tahun ini," kata wartawan muslim yang tak mau disebutkan namanya itu.

Beri Komentar
Pengalaman Hidup Berharga Chiki Fawzi di Desa Ronting