Pergi Haji Legendaris: Dari Ibnu Batutah sampai `Kaji Nunut`

Reporter : Eko Huda S
Rabu, 10 September 2014 10:30
Pergi Haji Legendaris: Dari Ibnu Batutah sampai `Kaji Nunut`
Seribu jalan menuju Roma. Mungkin pepatah itulah yang pas untuk cara-cara unik pergi haji berikut ini. Sebab, orang-orang ini menempuh cara yang tidak lazim untuk pergi ke Mekah.

Dream - Seribu jalan menuju Roma. Mungkin pepatah itulah yang pas untuk cara-cara unik pergi haji berikut ini. Sebab, orang-orang ini menempuh cara yang tidak lazim untuk pergi ke Mekah. Bagaimanapun caranya, tujuan mereka hanya satu: sampai ke Tanah Suci untuk berhaji.

Ada yang berangkat haji dengan berjalan kaki. Padahal jarak tempat asalnya dengan Mekah tidaklah dekat. Tak hanya puluhan atau ratusan kilometer. Perjalanan itu menempuh ribuan kilometer. Ada beberapa orang yang berjalan kaki untuk berhaji, namun yang paling fenomenal dilakukan oleh si pengembara Muslim, Ibnu Batutah.

Ada pula yang ramai-ramai naik motor. Seperti para pejalan kaki, para biker ini berangkat ke Tanah Suci jauh-jauh hari. Sepanjang perjalanan, mereka juga mempelajari budaya komunitas Muslim di negara yang dilewati.

Atau yang unik adalah kisah `menyusup` ke Tanah Suci ala Choiron Nasichin, pria asal Sumobito, Jombang, Jawa Timur. Dia diam-diam menyusup dan nebeng pesawat jamaah haji di Juanda. Dia tak ketahuan petugas, padahal penjagaan bandara tergolong sangat ketat dan sulit ditembus.

Berikut kisah-kisah unik pergi ke Tanah Suci sebagaimana dirangkum Dream, Rabu 10 September 2014: 

2 dari 6 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Akses Komunikasi Ditutup Salmafina, Sunan Kalijaga Terpaksa Gunakan Instagram