4 Gaya Hidup Ramah Lingkungan yang Bisa Diterapkan, Simpel dan Bisa Selamatkan Bumi

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Minggu, 3 Juli 2022 08:27
4 Gaya Hidup Ramah Lingkungan yang Bisa Diterapkan, Simpel dan Bisa Selamatkan Bumi
Berikut 4 hal yang bisa Sahabat Dream lakukan untuk dapat menjaga bumi.

Dream - Konsep ramah lingkungan telah menjadi salah satu tren paling menarik untuk diterapkan. Semakin banyak orang menyadari segala sesuatu yang mereka beli dan pakai akan berdampak berdampak pada kesehatan dan kesejahteraan bumi.

Tak melulu barang elektronik yang disebutkan bisa merusak lapisan ozon, bumi juga bisa terganggu karena kebiasaan kita dalam memilih pakaian atau makanan. Intinya semua hal yang dilakukan manusia akan membawa pengaruh pada planet ini. 

Jangan hanya sekadar ikut tren biar dibilang kekinian, Sahabat Dream bisa mulai melakukan usaha untu menyelamatkan bumi dengan melakukan hal-hal kecil. Keinginan itu bisa ditunjukan dengan semakin banyaknya produk-produk yang mengklaim suistainable.

Nah beberapa tindakan-tindakan kecil yang bisa Sahabat Dream lakukan untuk turut merawat planet agar bisa terus sehat hingga anak cucu kita kelak. 

1 dari 5 halaman

1. Gunakan Produk Multiguna

Produk multiguna sangat membantu dalam upaya menuju gaya hidup yang lebih hijau, karena produk tersebut dapat mencegah menggunakan banyak produk untuk menangani satu masalah alih-alih mengatasi banyak masalah dengan satu produk.

2. Tukar Produk Mini ke Versi Jumbo

Shutterstock© Shutterstock

Produk berukuran besar membutuhkan lebih sedikit pengemasan dan pengiriman, produk tersebut mewakili pilihan yang lebih ramah lingkungan.

 

2 dari 5 halaman

3. Beralih dari Sabun Cair ke Sabun Batangan

Shutterstock© Shutterstock

Sementara sebagian besar produk perawatan diri cair dikemas dalam plastik, alternatif batangan yang berkelanjutan tersedia dalam berbagai pilihan kemasan ramah lingkungan.

Secara global, industri kosmetik menghasilkan lebih dari 120 miliar unit kemasan yang tidak dapat didaur ulang setiap tahun, dan peralihan sederhana ke produk batangan dapat membantu menghilangkan sebagian besar limbah ini.

3 dari 5 halaman

4.Kapas

Shutterstock© Shutterstock

Tukar kapas wajah dengan kapas yang dapat digunakan kembali saat membersihkan wajah. Atau Sahabat Dream juga dapat menggunakan kain yang dapat digunakan kembali seperti kain flanel tradisional untuk menghapus riasan.

(Source: Boldsky)

4 dari 5 halaman

Mulai Gaya Hidup Sunstainable dari Kemasan Produk Kecantikan yang Ramah Lingkungan

Dream - Gaya hidup sustainable atau ramah lingkungan mulai dilakoni oleh banyak perusahaan. Mulai dari hal kecil seperti tidak menyediakan sedotan, hingga pembeli harus membawa tas sendiri untuk mengurangi penggunaan plastik.

Begitu pula dengan dunia kecantikan. Banyak brand kecantikan mulai menaruh perhatian besar pada pengelolaan limbah kemasan produk. Hal ini agar limbah produk kecantikan tidak terus mencemari lingkungan.

Salah satu yang menerapkan konsep ramah lingkungan ini adalah L’oreal Indonesia. Melalui tiga brand kecantikannya yaitu Garnier, Maybelline Newyork dan L’oreal Paris, perusahaan ini memperkenalkan kemasan yang lebih ramah lingkungan.

Loreal© Dream

“ Menyadari dampak yang dihasilkan dari rantai bisnis, kami mengajak para konsumen lebih sadar dengan memulai kebiasaan dengan kemasan kirim yang ramah lingkungan,” jelas Martin Crosnier, General Manager Consumer Product Division L’oreal Indonesia, pada konferensi virtual, Kamis 18 November 2021.

5 dari 5 halaman

Kemasan Kirim Ramah Lingkungan

Kini, produk-produk kecantikan dari Garnier, Maybelline New York dan L’oreal Paris menggunakan kemasan kirim yang lebih ramah lingkungan dengan meniadakan plastik sebagai pembungkus tambahan.

Tiga komponen utama kemasan kirim yang dipakai adalah flute liner yang berbahan kertas untuk mengganti bubble wrap, selotip plastik diubah menjadi selotip kertas, lalu menggunakan kardus yang telah menerima sertifikasi CoC (Chain of Custody) dari FSC (Forest Stewardship Council).

Sertifikasi tersebut adalah bukti bahwa asal usul bahan baku yang digunakan dalam proses produksinya dipastikan berasal dari sumber yang bertanggung jawab.

Beri Komentar