8 Tip Simpel Redakan Mata Bengkak Kala Kelelahan dan Kurang Tidur

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Jumat, 1 Juli 2022 06:45
8 Tip Simpel Redakan Mata Bengkak Kala Kelelahan dan Kurang Tidur
Jika mata bengkak karena kelehahan atau kurang tidur, Sahabat Dream bisa mencoba trik simpel ini untuk meredakan mata bengkak

Dream - Bengkak pada kantung mata seringkali membuat resah banyak orang. Sebab, bengkak pada kantung mata bisa mengganggu penampilan.

Penyebabnya pun beragam, bisa karena faktor genetik, kurang tidur, maupun kebiasaan makan. Jadi, sebelum membeli krim mata, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk menilai penyebab bengkak pada kantung mata.

Jika mata bengkak karena kelehahan atau kurang tidur, Sahabat Dream bisa mencoba trik simpel ini untuk meredakannya:

Tip 1: Tempatkan kantung teh dingin pada kulit dan biarkan selama 15 sampai 30 menit.

Tip 2: Oleskan kompres dingin. Pilihan DIY termasuk satu sendok teh dingin, mentimun dingin, atau sekantong sayuran beku.

Tip 3: Oleskan kompres dingin. Rendam kain lap bersih dan lembut dalam air dingin. Setelah direndam, buang sisa airnya. Tekan waslap dengan lembut di bawah dan di sekitar mata, menutupi area yang terkena. Lanjutkan selama sekitar lima menit.

1 dari 5 halaman

Tip 4: Manfaatkan kentang. Dengan sifat anti-inflamasi dan dasar pati, mengandung enzim yang mengurangi retensi air, mengurangi bengkak di bawah mata. Dinginkan kentang, iris, dan oleskan di sekitar mata selama sekitar 20 menit untuk hasil terbaik.

Tip 5: Putih telur kaya akan kolagen dan protein, membuat kulit lebih kencang dan elastis. Kocok putih telur sampai kaku dalam mangkuk, lalu oleskan di bawah mata. Saat benar-benar kering (sekitar 15 menit kemudian), bersihkan dengan sabun dan air untuk memperlihatkan kulit yang halus.

2 dari 5 halaman

Tip 6: Sebelum tidur, hapus riasan. Sahabat Dream mungkin juga dapat menghindari kantung di bawah mata dengan meningkatkan rutinitas harian.

Tip 7: Tidur dengan kepala ditinggikan dengan bantal ekstra. Disarankan untuk menggunakan dua bantal atau lebih. Dengan mengangkat kepala, mencegah akumulasi cairan di bawah kelopak mata bawah yang menyebabkan bengkak saat tidur.

(Source: Boldsky)

3 dari 5 halaman

Bahaya Pakai Lensa Kontak Saat Mandi dan Tidur

Dream - Mengenakan lensa kontak bagi beberapa orang jadi alternatif praktis dibandingkan harus mengenakan kacamata. Hal yang harus diingat adalah, jika menegnakan lensa kontak harus disiplin menjaga kebersihan dan melepasnya saat tidur dan mandi.

Kadang kala saat sudah sangat lelah dan mengantuk, kita langsung mandi tidur. Sementara lensa kontak masih menempel di mata hingga pagi hari. Kebiasaan ini sebenarnya sangat berbahaya bagi kesehatan mata.

" Orang bisa terbuai dengan rasa aman yang salah ketika mereka melakukan hal yang salah selama bertahun-tahun dan kemudian tiba-tiba mereka memiliki masalah," kata Andrew D. Pucker, pakar kesehatan mata dan profesor di University of Alabama di Birmingham School of Optometry.

1. Iritasi
Jika tidur masih menggunakan lensa kontak maka biasanya terbangun dengan mata kering dan iritasi. Begitu pun dipakai saat mandi, dan terkena sampo atau sabun.

" Secara umum, hal ini dapat menyebabkan efek samping seperti mata yang merah, gatal atau iritasi," kata dokter mata Brian Boxer Wachler, MD, dari Boxer Wachler Vision Institute yang berbasis di California. Gejala ini umumnya mereda setelah Anda melepas lensa.

4 dari 5 halaman

2. Penglihatan kabur

" Ketika tidur dengan lensa kontak, mata tidak menghasilkan banyak air sehingga keringg dan menghentikan kornea dari mendapatkan oksigen yang dibutuhkan," jelas Scott Drexler, OD, asisten profesor oftalmologi di University of Pittsburgh School of Medicine.

Hati-hati! Pemakaian Lensa Kontak Dapat Berujung Kebutaan© MEN

5 Tahap Membersihkan Mata Agar Tidak Memperparah Kondisinya

Kekurangan oksigen yang umumnya disebut hipoksia ini bisa membuat kornea membengkak dan penglihatan mengabur. Kornea merupakan bagian transparan di mata depan tempat biasa lensa kontak diletakkan. Sedangkan hipoksia dapat menyebabkan kerusakan sel di dalam mata.

5 dari 5 halaman

3. Terinfeksi

Risiko infeksi penggunaan lensa kontak menigkat 6-8 kali jika memakainya selagi tidur atau mandi. Mata kering berpotensi menimbulkan pembukaan lubang mikro yang memungkinkan bakteri untuk melaluinya dan masuk ke dalam kornea.

Setelah di kornea, bakteri menyebabkan ulkus kornea, infeksi yang dikenal sebagai keratitis.

" Keratitis (biasanya ringan) bisa diatasi dengan obat tetes mata, namun dalam beberapa kasus, keratitis juga menyebabkan jaringan parut pada kornea. Kasus yang parah bahkan dapat menyebabkan kehilangan penglihatan. Saya tidak ingin menakut-nakuti siapa pun, tetapi saya telah melihat pasien yang membutuhkan transplantasi kornea karena infeksi yang sangat buruk," ujar Dr. Drexler.

5 Tips Mengatasi dan Mempercepat Penyembuhan Mata Bintil

Ada dua jenis bakteri yang bisa menginfeksi mata yaitu, Pseudomonas aeruginosa dan Staphylococcus aureus.

Umumnya menyebabkan keratitis bakteri, dengan tidur semalaman dengan lensa kontak sebagai faktro risiko utama selain karena jamur atau virus. Menurut Dr. Drexler, semakin lama tidur dengan lensa kontak, semakin berbahaya.

Jika mandi tanpa melepas lensa kontak dan di kamar mandi banyak bakteri akan sangat berbahaya. Saat lensa kontak terkena air, itu bisa berubah bentuk atau bahkan menempel di mata dan ini menyebabkan goresan kecil dan kerusakan pada kornea Anda yang memberi mikroba jalan masuk ke mata.


Laporan Fitri Syarifah/ Sumber: Liputan6.com

Beri Komentar