4 Jenis Karbohidrat yang Lebih Sehat Daripada Nasi

Reporter : Cynthia Amanda Male
Minggu, 26 Juni 2022 17:30
4 Jenis Karbohidrat yang Lebih Sehat Daripada Nasi
Bisa memenuhi energi dan nutrisi harian.

Dream - Karbohidrat sebagai salah satu zat yang banyak ditemukan dalam berbagai jenis bahan makanan kerap dihindari ketika ingin menurunkan berat badan. Apalagi, jika kamu terbiasa mengonsumsinya dalam jumlah banyak.

Di satu sisi tubuh juga sangat membutuhkan asupan karbohidrat untuk memenuhi nutrisi serta energi harian. Kamu hanya perlu memilih jenis karbohidrat terbaik dan mengontrol jumlah yang dikonsumsi agar tetap seimbang.

Pilihan karbohidrat dengan kalori cukup rendah dan kaya akan nutrisi sebetulnya cukup banyak. Kamu tidak perlu kebingungan ketika harus memenuhi nutrisi dan ingin menyantap makanan yang terasa lezat. Dilansir dari Eat This, berikut jenis karbohidrat yang lebih sehat untuk dikonsumsi harian menurut pakar diet.

1 dari 4 halaman

1. Oatmeal

Oatmeal© Pexels

Foto: Pexels

Oatmeal merupakan jenis karbohidrat yang sangat kaya akan serat dan memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah menurunkan kadar kolesterol.

Mengonsumsi oatmeal juga tidak hanya dengan dicampur lauk pauk sebagai pengganti nasi. Buah-buahan, yogurt, dan susu juga bisa dicampur dengan oatmeal agar lebih sehat serta lezat. Bahkan, kamu bisa mengolahnya menjadi kue atau panekuk sehat.

2 dari 4 halaman

2. Apel

Apel© Pexels

Foto: Pexels

Selain kaya serat, apel juga bisa mengontrol keinginan untuk mengonsumsi makanan manis. Bahkan, apel diklaim mampu mengoptimalkan fungsi tubuh. Mengonsumsi sebuah apel sehari mampu membuatmu lebih berenergi sekaligus ternutrisi.

3 dari 4 halaman

3. Sayuran

Sayuran© Pexels

Foto: Pexels

Sayuran merupakan bahan makanan yang jarang disadari bisa menjadi pengganti nasi. Pasalnya, sayuran bisa menjadi sumber karbohidrat yang kaya akan serat dan berbagai jenis vitamin maupun mineral. Sehingga, kamu bisa mendapatkan manfaat lebih banyak ketika mengonsumsinya.

4 dari 4 halaman

4. Buah Beri

Buah Beri© Pexels

Foto: Pexels

Buah beri mengandung serat, vitamin, mineral, dan antioksidan tinggi. Kandungan gulanya mampu menggantikan fungsi karbohidrat seperti nasi dan roti agar kamu tetap berenergi sepanjang hari. Mengonsumsi buah beri dalam jumlah yang cukup akan membuatmu lebih mudah mengontrol rasa lapar.

Beri Komentar