7 Manfaat Kulit Manggis bagi Kesehatan yang Sudah Terbukti

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Rabu, 28 Agustus 2019 18:12
7 Manfaat Kulit Manggis bagi Kesehatan yang Sudah Terbukti
Kulit manggis menyimpan banyak manfaat yang baik bagi kesehatan, tidak hanya bagi kesehatan kulit saja. Berikut manfaat kulit manggis bagi kesehatan yang sudah terbukti secara medis.

Dream - Manggis punya banyak manfaat bagi manusia. Tidak hanya rasa yang unik, buah tropis bernama latin Garcinia mangostana ini juga bisa dimanfaatkan kulitnya.

Buah yang menjadi favorit Ratu Victoria ini mengandung banyak nutrisi, salah satunya antioksidan. Bagian buah manggis yang mengandung antioksidan terbanyak terdapat pada kulit bagian dalam.

Tidak hanya kaya antioksidan, kulit manggis juga mengandung vitamin, mineral, dan asam amino, yang baik untuk kesehatan tubuh. Dalam 100 gram kulit manggis mampu memenuhi 2.96% kebutuhan kalori harian tubuh.

Kulit manggis juga mengandung serat sehat yang cukup banyak, sehingga sangat cocok jadi menu diet. Esktrak kulit manggis juga cocok dikonsumsi oleh segala usia, menyesuaikan kebutuhan serat masing-masing.

Selain itu, masih banyak lagi manfaat kulit manggis bagi kesehatan, seperti berikut ini:

1 dari 7 halaman

Manfaat Kulit Manggis untuk Mencegah Kanker

Kanker© Shutterstock

Kandungan antiksidan dalam kulit manggis berupa xanthone, sangat baik untuk mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh. Kulit manggis baik dikonsumsi bagi pasien yang berisiko menderita kanker, maupun yang sudah menderita kanker.

Antioksidan yang ada dalam kulit manggis mampu memerangi radikal bebas penyebab kanker secara efektif. Namun, konsumsi kulit manggis saja tidak cukup bagi pasien yang sudah terkena kanker, dan hanya mampu membatasi pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Bagi penderita kanker, konsumsi kulit manggis harus diikuti dengan perawatan kanker lain untuk hasil yang lebih efektif. Sedangkan bagi orang yang tidak menderita kanker, konsumsi kulit manggis dapat menurunkan risiko dan mencegah kanker.

2 dari 7 halaman

Manfaat Kulit Manggis untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selain mengandung antioksidan, kulit manggis juga mengandung banyak vitamin C yang berperan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Dengan vitamin C yang cukup dalam tubuh, membuatnya menjadi lebih kebal terhadap infeksi virus dan jarang sakit.

Kekebalan Tubuh© Shutterstock

Tidak hanya bermanfaat untuk orang yang sehat untuk meningkatkan kekebalan tubuh saja. Kulit manggis juga baik dikonsumsi orang yang sedang sakit atau mengalami penurunan kekebalan tubuh, seperti penderita tuberkolusis dan HIV/AIDS.

Manfaat kulit manggis sangat efektif karena kandungan antimikroba dalam kulit manggis dapat melawan bakteri Staphylococcis aureus yang menyebabkan kekebalan tubuh seseorang menurun.

3 dari 7 halaman

Manfaat Kulit Manggis untuk Mengatur Kadar Gula Darah

Kesehatan Tubuh© Shutterstock

Manfaat kulit manggis bagi kesehatan selanjutnya sangat baik bagi penderita diabetes, yaitu mampu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan kalori dalam kulit manggis tidak terlalu banyak, sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes.

Selain itu, kulit manggis juga mengandung serat yang dapat membuat kadar gula darah berada di level normal. Kulit manggis mampu mencegah penyerapan gula oleh darah secara berlebihan.

Walau begitu, konsumsi kulit manggis saja tidak cukup, kita juga harus menjaga pola hidup sehat dengan rutin melakukan aktivitas fisik, konsumsi makanan sehat, dan istirahat yang cukup.

4 dari 7 halaman

Manfaat Kulit Manggis untuk Mengatur Kadar Kolesterol

Dalam tubuh terdapat beberapa jenis kolesterol, kolesterol baik (HDL), kolesterol jahat (LDL), dan trigliserida. Dengan mengonsumsi kulit manggis secara rutin, dapat membantu tubuh meningkatkan HDL dan menurunkan kadar LDL dan trigliserida.

Kolesterol© Pixabay

Kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dapat menyebabkan tubuh mengalami masalah kesehatan lainnya. Apabila kadar dua jenis kolesterol ini meningkat, dapat menyebabkan atheroklerosis yang dapat memicu berbagai jenis komplikasi.

5 dari 7 halaman

Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan Jantung

Penyakit Jantung© Shutterstock

Dengan kemampuan mengatur kadar kolesterol, kulit manggis juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Dua hal ini berkaitan, karena kolesterol yang tinggi dipengaruhi oleh masalah dan kondisi jantung, begitu sebaliknya.

Apabila kadar kolesterol seimbang, tubuh dapat mencegah flek pada dinding pembuluh bagian dalam. Tidak hanya itu saja, jantung yang sehat dan kolesterol yang seimbang, juga dapat mencegah atherosclerosis, yang menjadi penyebab utama tekanan darah tinggi, stroke dan serangan jantung.

Manfaat kulit manggis ini sangat baik bagi kesehatan jantung dan kesehatan organ tubuh lainnya.

6 dari 7 halaman

Manfaat Kulit Manggis untuk Detoksifikasi

Antioksidan dalam kulit manggis menjadi kandungan yang sangat penting dan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Antioksidan dapat menjaga tubuh dari racun dan bahan kimia berbahaya yang disebabkan oleh radiasi, polusi dan lain sebagainya.

Detoksifikasi© Shutterstock

Manfaat kulit manggis sebagai detoksifikasi, dapat membuat racun dan bahan kimia berbahaya tersebut keluar dari tubuh melalui urine. Selain itu, kemampuan detoksifikasi ini juga dapat melindungi lapisan lendir tubuh dari kontak langsung dengan racun berbahaya.

7 dari 7 halaman

Manfaat Kulit Manggis untuk Mencegah Sembelit

Sembelit© Shutterstock

Selain keenam manfaat kulit manggis tersebut, masih banyak lagi manfaat kulit manggis bagi kesehatan tubuh lainnya. Salah satunya mencegah sembelit. Kandungan serat yang tinggi dalam kulit manggis mampu menyerap air yang berada di luar usus, sehingga membuat makanan yang masuk dalam tubuh menjadi lebih mudah diserap.

Konsumsi kulit manggis yang rutin dapat memperlancar saluran pencernaan dalam tubuh, dan membuat Buang Air Besar (BAB) menjadi lebih lancar. Dengan BAB yang lancar, tubuh secara otomatis akan terhindari dari berbagai masalah pencernaan seperti sembelit.

Sumber: Dr Health Benefits

Beri Komentar