Akhirnya Fitur Leave Group atau Keluar dari Grup Whatsapp Diam-diam Bisa Digunakan,

Reporter : Sugiono
Jumat, 30 September 2022 08:46
Akhirnya Fitur Leave Group atau Keluar dari Grup Whatsapp Diam-diam Bisa Digunakan,
Seperti pembaruan aplikasi pada umumnya, ketersediaan fitur yang ditunggu-tunggu ini akan bertahap. Tidak langsung tersedia untuk semua pengguna.

Dream - WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chatting yang paling banyak digunakan untuk berkomunikasi saat ini.

Tidak hanya untuk chatting, WhatsApp juga bisa dipakai untuk mengirimkan foto, dokumen, dan bahkan video.

Fitur lain yang tak kalah bergunanya bagi pengguna, terutama yang punya hobi kumpul-kumpul atau berorganisasi, adalah grup WhatsApp.

1 dari 4 halaman

Grup WhatsApp ini memiliki banyak fitur yang sangat berguna bagi untuk berkomunikasi dalam jumlah besar bagi para anggotanya.

Sayangnya sebagai anggota, kita tidak memiliki privasi yang menjamin kerahasiaan saat meninggalkan grup WhatsApp.

Status kita ketika meninggalkan grup WhatsApp itu langsung ketahuan saat itu juga karena bisa dilihat semua orang yang jadi anggota.

2 dari 4 halaman

Namun pada Agustus lalu WhatsApp telah mengumumkan fitur privasi yang sudah lama ditunggu-tunggu para penggunanya.

Fitur tersebut adalah leave group atau meninggalkan grup WhatsApp tanpa meninggalkan notifikasi sehingga saat keluar dari grup tidak ketahuan.

Beberapa fitur baru WhatsApp, termasuk keluar dari grup diam-diam.© WABetaInfo

Untuk menggunakan fitur leave group atau keluar dari grup WhatsApp diam-diam ini kita harus memperbarui aplikasi ke versi yang paling baru.

Ketika memperbarui aplikasi, WhatsApp akan memberitakan fitur baru tersebut. Disebutkan bahwa anggota tidak akan bisa melihat notifikasi leave group ketika seseorang keluar dari grup WhatsApp kecuali admin.

3 dari 4 halaman

Seperti diketahui, selama ini setiap ada anggota yang keluar, akan muncul jejak berupa notifikasi di grup chat WhatsApp.

Notifikasi tersebut biasanya berupa tulisan seperti '(nomor/nama kontak) keluar'. Akibatnya seluruh anggota grup WhatsApp tahu.

Kondisi ini tentu saja bisa menimbulkan rasa tidak nyaman atau sungkan di kalangan pengguna yang jadi anggota grup WhatsApp.

4 dari 4 halaman

Fitur leave group WhatsApp secara diam-diam ini diumumkan sendiri oleh CEO Meta Mark Zuckerberg pada Agustus lalu.

Tampilan terbaru saat anggota keluar dari grup WhatsApp diam-diam.© WABetaInfo

" Beberapa fitur privasi baru akan diluncurkan di WhatsApp: keluar dari grup tanpa notifikasi, mengontrol siapa yang dapat melihat saat Anda online, dan pemblokiran tangkapan layar untuk pesan sekali lihat," kata Zuck.

" Kami meyakini bahwa berkirim pesan dan melakukan panggilan harus terasa privat dan aman, seperti halnya ketika melakukan percakapan secara tatap muka. Ibarat dua orang yang sedang bercengkerama, tanpa ada orang lain di antara mereka," demikian penjelasan dari WhatsApp.

Seperti pembaruan aplikasi pada umumnya, ketersediaan fitur yang ditunggu-tunggu ini akan bertahap. Tidak langsung tersedia untuk semua pengguna.

Karena itu, jika WhatsApp Sahabat Dream belum ada fitur keluar grup diam-diam, silakan update aplikasi ke versi terbaru.

Sumber: WABetaInfo

Beri Komentar