Bantu UMKM Lokal Jadi Mendunia, Ini Ragam Solusi yang Shopee Hadirkan

Reporter : Editor Dream.co.id
Jumat, 13 Oktober 2023 15:00
Bantu UMKM Lokal Jadi Mendunia, Ini Ragam Solusi yang Shopee Hadirkan
Shopee hadirkan ragam program untuk dukung UMKM lokal mengglobal.

1 dari 14 halaman

© Dream

2 dari 14 halaman

Perkembangan era digital yang berjalan begitu pesat ternyata memberikan dampak baik bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal. Pasalnya, di era seperti ini terdapat berbagai kesempatan yang terbuka lebar buat mereka yang ingin mendongkrak usaha sendiri agar lebih dikenal di pasaran.

Ini semua tentunya juga merupakan jerih payah banyak pihak, termasuk e-commerce yang memberikan akses pada pelatihan, pendampingan, pemasaran produk, hingga solusi untuk bisa ekspor

3 dari 14 halaman

Salah satu platform e-commerce yang terus berinvestasi dalam memfasilitasi perluasan pasar untuk UMKM lokal adalah Shopee.

E-commerce yang terkenal dengan kampanye tanggal kembar ini, terus membantu UMKM lokal melalui ragam program yang konsisten dihadirkan.

Misalnya, untuk membawa UMKM bisa go global, ada Program Ekspor Shopee yang diprakarsai sejak tahun 2019 silam.

4 dari 14 halaman

Sadar UMKM Butuh Pendampingan

Sadar UMKM Butuh Pendampingan © Dream

Di sisi lain, Shopee sadar kalau UMKM lokal juga butuh pendampingan untuk bisa masuk dalam ekonomi digital sehingga Shopee pun membangun Kampus UMKM Shopee yang tersebar di 10 kota termasuk Solo, Bandung, Medan, Jakarta, Malang, Bali, Samarinda, serta Yogyakarta.

5 dari 14 halaman

Tidak tanggung-tanggung, di setiap kampus disediakan pelatihan gratis serta berbagai fasilitas pendukung penjualan seperti studio foto dan studio live streaming.

Kampus UMKM Shopee menjadi tempat pelatihan dan pendampingan dengan fasilitas gratis yang bisa dipakai oleh setiap UMKM. Tidak heran, Dalam 2 tahun terakhir, jumlah UMKM terlatih di Kampus UMKM Shopee meningkat hingga dua kali lipat, mencapai puluhan ribu UMKM.

Puluhan ribu produk UMKM juga berhasil menembus pasar ekspor setelah mengikuti pelatihan di Kampus UMKM ini.

6 dari 14 halaman

Hadirkan Program ‘Gerakan Ekspor Serentak di 10 Kota’

Bulan lalu, Shopee juga menginisiasikan sebuah program yang bertajuk ‘Gerakan Ekspor Serentak di 10 Kota’.

Program ini bertujuan untuk melatih 1000 UMKM lokal untuk bisa memahami seluk beluk penjualan online hingga bagaimana mereka bisa mengekspor produknya dengan cara yang sangat mudah.

7 dari 14 halaman

Selain itu, untuk memastikan kapasitasnya dalam membantu pemasaran produk UMKM, Shopee juga meresmikan Gudang Ekspor yang terletak di Jakarta Barat.

Gudang yang juga diresmikan oleh Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan ini, setiap harinya mampu memproses puluhan ribu produk UMKM yang akan diberangkatkan ke berbagai negara di Asia Timur, Asia Tenggara, dan Amerika Latin.

8 dari 14 halaman

Cerita Inspiratif dari Monica The Label

image" /> © Dream

Lantas bagaimana prospek bisnis online setelah investasi jor-joran yang dilakukan oleh Shopee untuk UMKM? Cerita dari wanita muda asal Solo ini bisa jadi jawabannya. Monica Kumala, perempuan berusia 25 tahun ini sukses menapaki bisnis jalur online, dengan membuka toko Monica The Label.

9 dari 14 halaman

Tidak hanya mendulang omzet ratusan juta rupiah dari bisnisnya, Monica juga berhasil menjual produknya hingga mancanegara.

Kisah Monica berbisnis dimulai sejak ia masih duduk di bangku SMA. Kala itu, remaja yang bersekolah di Surakarta ini menjajakan dagangan berupa baju muslim dan hijab, melalui ponselnya dengan metode broadcast message. Di tahun 2017, Monica pun mengalihkan bisnisnya dengan menjual makanan kekinian saat itu yakni Bakso Aci.

Sayangnya, setelah kurang lebih dua tahun beroperasi, Monica harus menutup usaha kulinernya karena terdampak pandemi.

10 dari 14 halaman

“Waktu pandemi itu saya habis-habisan mas. Bukan hanya omzet berkurang, saya juga rugi sampai tidak bisa lagi bayar sewa warung bakso sampai akhirnya saya tutup. Kebetulan masih ada sisa-sisa penghasilan dari bakso aci, dari situ saya mulai riset dan akhi

ungkap Monica.

11 dari 14 halaman

Produk-produk Monica The Label sendiri mengusung konsep pakaian wanita basic, yang artinya tidak terpaku oleh sebuah tren mode sesaat, dan bisa digunakan hampir setiap waktu dan kesempatan. Tentunya, tujuannya adalah untuk menggaet pangsa pasar yang lebih luas.

“Dulu waktu awal-awal jualan baju di Shopee, itu tuh kayak nggak setiap hari juga ada orderan. Kalaupun ada orderannya juga nggak banyak, paling ada 5 atau 10 gitu. Tapi aku berusaha memaksimalkan beragaim fitur di Shopee kayak iklan, diskon, dan juga kerja sama endorse biar dapat orderan. Alhamdulillah, mulai bulan September 2021, omzetku naik terus, puncaknya itu waktu Lebaran tahun ini, omzetku naik hampir 3 kali lipat,” ujar Monica.

12 dari 14 halaman

Kaget Bisa Menjual Produk UMKM ke Luar Negeri

image" /> © Dream

Bukan hanya omzet yang meningkat, perempuan kelahiran Magelang 25 tahun ini pun sempat kaget ketika baju-baju yang ia produksi, ternyata sudah mendapatkan pelanggan dari sejumlah negara seperti Malaysia, Thailand, Vietnam, hingga Brasil.

13 dari 14 halaman

“Aku tuh pertama kali tahu produk aku bisa kejual di luar negeri itu di Malaysia. Nggak nyangka banget karena produk yang dari Solo bisa dikirim sampai ke Malaysia gitu. Bahkan ga nyangka kalo prosesnya semudah itu, aku tidak perlu urus perizinan karena u

ungkap Monica.

14 dari 14 halaman

Berperan Penting untuk Kembangkan Ekspansi UMKM

Dalam dunia yang semakin terhubung ini, sederet investasi yang dilakukan Shopee, tentu berperan penting untuk mengembangkan ekspansi bisnis UMKM lokal ke pasar global. Berdasarkan data yang dikutip dari Shopee, hingga tahun 2023 ini sudah 20 juta produk UMKM lokal yang sudah terjual hingga luar negeri.

Terlepas dari peran pemerintah, dukungan dari Shopee sebagai pihak swasta ini tentunya bisa membantu para pelaku UMKM untuk memperluas cakupan pasar mereka dan mengeskplorasi bisnis yang dipunya dengan lebih percaya diri. 

Beri Komentar