Yuk, Bijak Gunakan Smartphone di Samping Anak

Reporter : Mutia Nugraheni
Jumat, 11 November 2016 19:43
Yuk, Bijak Gunakan Smartphone di Samping Anak
"Sangat sulit bagi ibu dan ayah untuk membagi fokus otak saat menggunakan gadget."

Dream - Informasi mengenai tumbuh kembang dan kesehatan anak semakin mudah didapatkan para orangtua melalui internet. Perkembangan digital memang mempermudah orangtua mencari informasi. Tinggal pencet-pencet gadget, seluruh info muncul di depan mata dalam sekejap.

Sisi gelapnya, menggunakan gadget di sekitar anak bisa memicu timbulnya konflik dan interaksi negatif. Situasi " berebut" ponsel atau si kecil yang berteriak sambil memukul minta
perhatian, pasti sering dihadapi oleh para orangtua.

" Sangat sulit bagi ibu dan ayah untuk membagi fokus otak saat menggunakan gadget, batas yang ada pun telah kabur," kata Jenny Radesky, MD, seorang ahli perilaku anak dan dokter anak di University of Michigan’s C.S. Mott Children’s Hospital.

Sama sekali melepaskan gadget juga jadi hal yang tidak mungkin dilakukan. Lagipula gadget sering dijadikan alat untuk memperkenalkan banyak hal pada anak.

Saat menggunakan gadget di sekitar anak ada siasat yang bisa dilakukan agar tidak berlebihan.

Pertama, siapkan batasan waktu kapan gadget tak boleh ada di tangan. Misalnya saat di meja makan, menemani anak tidur, atau ketika mendampinginya bermain di halaman.

Monitor juga durasi pemakaian Anda menggunakan ponsel menggunakan aplikasi seperti Moment. Aplikasi tersebut bisa mencata berapa lama waktu penggunaan Anda di media sosial, email pekerjaan dan aktivitas internet lain.

Hindari juga membuka sesuatu yang serius ketika anak ada di sekitar. Misalnya membuka email kantor dan Anda harus konsentrasi sementara anak berteriak, menarik-narik dan berusaha sekuat tenaga mencuri perhatian Anda. Hal itu karena kondisi tersebut akan dengan mudah memicu emosi Anda pada anak.

(Sah/Sumber: Baby Center)

Beri Komentar