Catat, Asupan Penting Bagi Kesehatan Organ Intim Pria

Reporter : Mutia Nugraheni
Selasa, 6 Desember 2022 06:48
Catat, Asupan Penting Bagi Kesehatan Organ Intim Pria
Selalu ingat untuk tidak menyepelekan kesehatan area intim.

Dream - Makanan yang dikonsumsi mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun, makanan tertentu telah terbukti mempengaruhi bagian tubuh tertentu, termasuk penis dan organ seks pria lainnya.

Menjaga dan merawat kesehatan organ intim sangat penting tidak hanya untuk kesehatan, namun untuk meningkatkan kualitas seks itu sendiri. Bagi para pria, selalu ingat untuk tidak menyepelekan kesehatan area intim.

Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi asupan tertentu. Apa saja?

Makanan flavonoid

Flavonoid adalah jenis antioksidan yang diketahui dapat membantu kondisi disfungsi ereksi atau impotensi, yaitu keadaan dimana sulit bagi seseorang untuk mendapatkan atau mempertahankan ereksi untuk melakukan hubungan intim.

Sebuah studi menyatakan bahwa pria yang tidak mengalami disfungsi ereksi lebih banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya akan flavonoid. Studi lain menyatakan bahwa flavonoid buah dan sayuran dapat meningkatkan produksi testosteron, berkontribusi pada produksi sperma normal, dan mencegah penyakit terkait usia yang berhubungan dengan defisiensi testosteron. Makanan yang mengandung flavonoid yaitu teh, sayuran berdaun, rempah, bawang, apel, berry, ceri, kedelai, buah sitrus, dark chocolate.

 

1 dari 3 halaman

Makanan ala Mediterania

Minyak Kelapa vs Minyak Zaitun, Lebih Sehat Mana?© MEN

Diet Mediterania telah terbukti berdampak positif pada fungsi seksual. Beberapa studi menyatakan bahwa makanan yang menyerupai diet mediterania mengurangi kemungkinan dan tingkat keparahan disfungsi ereksi. Mengikuti diet ini juga meningkatkan kemampuan penis untuk mencapai dan mempertahankan ereksi. Makanan yang termasuk dalam diet Mediterania diantaranya adalah minyak zaitun, sayuran, buah, biji-bijian utuh, kacang-kacangan, dan ikan.

 

2 dari 3 halaman

Makanan Nabati

Buah dan Sayur yang Penyimpanannya Tak Boleh Digabung, Biar Tak Cepat Busuk© MEN

Mengonsumsi makanan kualitas tinggi berbasis tumbuhan dapat menurunkan kemungkinan disfungsi ereksi, dan tingkat keparahan disfungsi ereksi. Untuk meningkatkan asupan sumber nutrisi nabati, tingkatkan asupan sayuran, ganti protein hewani dengan sumber nabati, memilih makanan nabati utuh daripada produk olahan dengan bahan hewani.

 

3 dari 3 halaman

Semangka

L-citrulline, senyawa alami yang ditemukan dalam semangka menunjukkan dapat meningkatkan kekerasan ereksi pada pria dengan disfungsi ereksi ringan. Selain itu, semangka juga dapat membantu mencegah kanker prostat. Buah merupakan sumber antioksidan lycopene.

Semangka© Shutterstock


Makanan dengan Magnesium
Magnesium dibutuhkan untuk lebih 300 reaksi dalam tubuh, termasuk status hormon testosteron pada pria. Adapun utama magnesium meliputi biji labu, biji chia, kacang almond, kacang mete, bayam yang dimasak, susu kedelai, edamame, kacang hitam


Makanan dengan Lemak Cukup
Makanan rendah lemak dapat dikaitkan dengan kadar testosteron yang lebih rendah. Hal ini bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan dengan lemak lebih tinggi, seperti avokad/minyak alpukat, zaitun/minyak zaitun, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Laporan: Meisya Harsa Dwipuspita/ Sumber: Health

Beri Komentar