Foto: Ilustrasi/Shutterstock
Dream – Grup perawatan kesehatan global asal Korea, Daewoong Pharmaceutical, merekrut ‘Daewoong Social Impactor’ kedua yang melibatkan mahasiswa Indonesia lewat Daewoong Pharmaceutical Company Indonesia.
Daewoong Social Impactor merupakan program duta mahasiswa yang diluncurkan pada 2021 lalu dengan mengumpulkan mahasiswa berbakat lewat ide-ide kreatif untuk mengangkat berbagai masalah kesehatan dan berkomunikasi dengan publik buat hidup masyarakat Indonesia yang lebih sehat.
Tahun ini Daewoong Social Impactor akan melakukan kegiatan untuk membantu perkembangan penyandang disabilitas yang tidak dapat mengekspresikan gejala sakitnya serta penggunaan layanan medis, serta meningkatkan kesadaran sosial.
Dalam hal ini, duta mahasiswa terpilih akan ambil bagian pembuatan kartu Augmentative Alternative Communication (AAC) untuk membantu penyandang disabilitas supaya mudah mengungkapkan penyakit mereka dan menerima layanan medis.
Program ini merupakan kelanjutan dari program ‘Say Pain’, sebuah CSR yang dilakukan Daewoong Pharmaceutical sejak 2019 silam di Korea.
‘Say Pain’ adalah program yang mendidik penyandang disabilitas perkembangan melalui kartu AAC untuk memastikan mereka dapat mengekspresikan penyakit mereka sendiri dan berkomunikasi dengan dokter/apoteker untuk mendapatkan layanan medis yang tepat.
Karena kartu AAC yang didistribusikan Daewoong digunakan secara luas di sekolah-sekolah khusus dan rumah sakit serta ambulans dan stasiun pemadam kebakaran Korea, proyek ‘Say Pain’ menawarkan bantuan praktis untuk meningkatkan kualitas hidup para penyandang disabilitas perkembangan.
Jeon Seng-ho, CEO Daewoong Indonesia mengatakan tahun lalu, Daewoong Social Impactor melakukan kegiatan untuk memberikan dampak positif kepada masyarakat Indonesia dalam mengatasi kesulitan COVID-19.
“ Tahun ini, mahasiswa Indonesia dan Daewoong Pharmaceutical akan bekerja sama untuk meningkatkan kondisi medis bagi orang-orang dengan cacat perkembangan,” ujar Seng-ho dalam keterangan tertulis, Kamis 12 Mei 2022.
Pendaftaran online untuk Daewoong Social Impactor kedua tersedia mulai 29 April 2022 lalu melalui website resmi Daewoong.co.id dan akun Instagram @daewoong_socialimpactor.
Setiap mahasiswa yang tertarik dengan kontribusi sosial dan kegiatan SNS, dapat mendaftar.
Ke-20 finalis yang terpilih melalui penyaringan dokumen dan wawancara, akan melaksanakan kegiatan selama kurang lebih lima bulan hingga Oktober mendatang.
Seluruh peserta terpilih akan diberikan beasiswa senilai Rp 7,8 juta per orang dan ‘Starter Pack’ untuk kegiatan DSI.
Selain itu, beasiswa khusus akan diberikan kepada tim yang berprestasi, serta kesempatan untuk mempromosikan konten mereka melalui iklan online yang disponsori Daewoong Pharmaceutical.

Selanjutnya, peserta akan bertemu dengan karyawan Daewoong dan mantan peserta DSI, dan menghadiri kuliah offline khusus yang diberikan berbagai pakar tentang promosi media sosial dan keterampilan produksi video.
Hal itu dilakukan karena melihat Daewoong Social Impactor pertama mendapat perhatian sosial yang besar dengan mengangkat berbagai isu kesehatan terkait COVID-19 dan membuat konten yang informatif.
Secara khusus, DSI memenangkan Penghargaan Utama Korea PR Awards 2021, dalam kategori kampanye publik, dan dinobatkan sebagai finalis dalam total lima kategori (Reputation Management, Corporate Reputation, Engaging Society, Digital and Social Media, Healthcare) pada Asia-Pacific SABRE Awards 2021, sebuah penghargaan PR global.
Advertisement


IOC Larang Indonesia Jadi Tuan Rumah Ajang Olahraga Internasional, Kemenpora Beri Tanggapan

Ada Komunitas Mau Nangis Aja di X, Isinya Curhatan Menyedihkan Warganet

Wanita 101 Tahun Kerja 6 Hari dalam Seminggu, Ini Rahasia Panjang Umurnya

Kenalan dengan CX ID, Komunitas Customer Experience di Indonesia

Ranking FIFA Terbaru, Indonesia Turun ke Peringkat 122 Dunia

Warung Ayam yang Didatangi Menkeu Purbaya Makin Laris, Antreannya Panjang Banget