Hijabski, Kampanye Hijabers Muda Finlandia

Reporter : Eko Huda S
Rabu, 28 Mei 2014 10:54
Hijabski, Kampanye Hijabers Muda Finlandia
Muslimah muda Finlandia bangkit untuk meluruskan pandangan masyarakat yang keliru soal hijab. Maka dibuatlah proyek ini dengan nama Hijabski.

Dream - Para muslimah muda di Finlandia melakukan kampanye hijab. Mereka ingin menghapus pandangan miring masyarakat Barat terhadap busana muslimah tersebut.

Para muslimah itu menamakan diri Hijabees Utara. Mereka telah bertahun-tahun memperkenalkan busana muslimah ini. Berbagai kegiatan diselenggarakan. Mulai pagelaran olahraga, buka puasa Ramadan, hingga menonton film bareng.

" Ada 24 orang di antara kami--yang berusia di antara 15 hingga 29 tahun--yang mengerjakan proyek ini, dan kami datang dari latarbelakang berbeda," kata salah satu muslimah, Kochar Mahmoodi, dikutip Dream dari On Islam, Rabu 28 Mei 2014.

Aksi para hijaber Finlandia ini dilakukan karena mereka kadang-kadang menerima perlakuan diskriminasi. Sehingga mereka bangkit untuk meluruskan pandangan masyarakat yang keliru soal hijab itu. Maka dibuatlah proyek ini dengan nama Hijabski.

Proyek Hijabski berusaha meruntuhkan prasangka terhadap hijab dengan meningkatkan pemahaman orang lain terhadap busana muslimah itu. Hijabski merupakan gabungan kata " hijab" dan " iksi" . Dalam bahasa Finlandia, artinya " menjadi sesuatu" . Kombinasi kedua kata ini mewakili seseorang yang mengenakan hijab.

" Semua berawal ketika seorang karyawan the Centre of International Mobility (CIMO), sebuah agensi yang sebagian didanai pemerintah, melihat partisipasi aktif kami dalam komunitas Finlandia," tutur Mahmoodi.

" Dia mendorong kami kami untuk ambil bagian dalam program Aksi Persatuan Pemuda Eropa, yang mendukung proyek yang menawarkan kesempatan belajar baik non-formal lokal maupun internasional bagi pemuda," tambah dia.

Untuk langkah pertama, mereka menyusun sesi latihan dengan CIMO, di mana mereka membahas posisi perempuan muslim di kota mereka, Turku. Sesi itu mnerupakan langkah pertama setelah mereka menerapkan proyek Hijabski pada November 2013. (Ism)

Beri Komentar
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik