Keren! H&M Indonesia dan Danone Aqua Buat Koleksi Daur Ulang Bertema Star Wars

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 19 Januari 2022 09:12
Keren! H&M Indonesia dan Danone Aqua Buat Koleksi Daur Ulang Bertema Star Wars
Produksi lokal untuk dijual secara global.

Dream - Isu menjaga kelestarian alam seiring kampanye global warming yang makin marak semakin menyadarkan banyak pihak. Dari kalangan industri, berbagai program dan gerakan serta untuk menghasilkan produk ramah lingkungan juga semakin digaungkan.

Mulai dari hal kecil berupa gerakan kelola sampah lebih bijak hingga munculnya produk hasil daur ulang limbah. Produk yang bisa dihasilkan dari daur ulang limbah bukan hanya hiasan, pajangan, atau tas.

Pakaian yang sudah tak layak kita pakai juga bisa menjadi produk hasil daur ulang limbah. Hal ini dibuktikan melalui koleksi kolaborasi Danone Aqua dan H&M Indonesia yang bertajuk 'Bottle2Fashion'.

1 dari 3 halaman

Sekilas Tak Terlihat Seperti Hasil Recycling

Sekilas, koleksi yang terbuat dari hasil daur ulang limbah plastik ini tidak memiliki perbedaan dengan jenis pakaian lainnya. Bahkan, koleksi bertema Star Wars itu juga diklaim berbahan nyaman dan lembut. 

Namun, ternyata perbedaannya terletak pada pembuatan bahan poliester. 

Koleksi Bottle2Fashion H&M Indonesia x Danone Aqua© Twitter @hmindonesia_

" Salah satu material baju, yaitu poliester bisa dibuat dari botol plastik kemasan. Kami percaya diri untuk mencoba produksi koleksi pakaian. Dan akhirnya, merilis koleksi pertama di 2020 dan sekarang koleksi kedua," ungkap Anya Sapphira, Program, Stakeholder Engagement and Public Affair Manager H&M Indonesia dalam peluncuran koleksi tersebut, Selasa 18 Januari 2022.

2 dari 3 halaman

Mengumpulkan 7,5 juta botol plastik

Koleksi Bottle2Fashion H&M Indonesia x Danone Aqua© Twitter @hmindonesia_

Anya pun mengungkapkan bahwa proses pembuatan koleksi yang didominasi warna monokrom dan pastel itu dimulai dari tahun lalu.

" Dari 2021 sudah mengumpulkan (botol plastik) dan memprosesnya jadi bahan pakaian. Ada lebih dari 7,5 juta botol plastik yang terkumpul" .

3 dari 3 halaman

Proses daur ulang limbah plastik jadi poliester

Proses pembuatan bahan untuk koleksi yang diperuntukkan bagi anak berusia 9-14 tahun itu terdiri dari 5 tahap. " Pertama, botol plastik dicacah menjadi kepingan kecil-kecil. Lalu, dipanaskan sampai derajat tertentu dan dibentuk menjadi palettes yang lebih kecil dan teratur," ujarnya.

Kemudian, palettes tersebut diproses oleh mitra produksi H&M di Jawa Barat untuk dipintal dan dijadikan recycled polyester fiber yang sekilas terlihat seperti rambut halus.

Selanjutnya, bahan poliester tersebut dipintal dan digabung dengan material lain sebelum dijahit menjadi koleksi tersebut. Meski hanya diproduksi di Indonesia, namun koleksi itu bisa ditemukan secara global.

Jika ingin membelinya, kamu bisa menemukan koleksi ini di H&M Grand Indonesia, Kota Kasablanka, Pondok Indah Mall, Gandaria City, Mal Kelapa Gading, Central Park, Tunjungan Plaza, 23 Pascal Shopping Center, Mall Paragon City Semarang, dan Hartono Mall Jogjakarta.

Beri Komentar