Warna Busana yang Tepat untuk Wawancara Kerja, Jangan Sampai Salah

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Selasa, 18 Januari 2022 07:35
Warna Busana yang Tepat untuk Wawancara Kerja, Jangan Sampai Salah
Warna pakaian merupakan poin penting yang harus kamu kenakan agar mendapat kesan yang baik.

Dream - Kesan pertama bisa jadi batu loncatan yang mumpuni. Terutama ketika Sahabat Dream wawancara kerja. Dalam dunia kerja, kesan pertama yang baik merupakan hal yang wajib kamu tampilkan.

Shutterstock© Shutterstock

Saat wawancara, bukan hanya penting untuk menyiapkan CV dan jawaban pertanyaan, tapi juga perhatikan outfit yang kamu kenakan. Penting untuk menyesuaikan pakaian dengan kebiasaan berbusana di kantor incaran.

Bagaimana cara mengetahuinya? Lakukan riset. Cari tahu bagaiman budaya dan suasana kerja. Jika menyediakan jasa, penuh dengan aturan administratif, kenakan busana formal. Seperti kemeja, celana bahan atau mungkin blazer.

Bila kantor cenderung santai, bisa kenakan busana semi formal. Walau santai, hindari wawancara kerja menggunakan jins.

Hal yang juga sangat penting adalah pilihan warna pakaian. Sahabat Dream bingung warna apa saja yang sebaiknya dikenakan dan dihindari pada hari wawancara kerja? Panduan beriku mungkin bisa membantu.

1 dari 4 halaman

Warna Gelap

1. Hitam

Warna ini mengambarkan sesuatu yang kuat dan berani, sangat cocok untuk kamu kenakan di hari wawancara. Hitam akan memberikan kesan pada pewawancara bahwa kamu tampak elegan dan menawan. Tentu awalan yang bagus untuk kamu gunakan di hari penting ini.

2. Biru Tua

Shutterstock© Shutterstock

Biru akan membantu menggambarkan tingkat kepercayaan dirimu, yang akan memberikan kesan baik pada pewawancara bahwa kamu yakin apa yang akan dilakukan.

Meski identik dengan pakaian kerja pria, warna biru juga bisa digunakan untuk wanita. Kamu bisa mengenakan blus warna biru laut yang akan memberikan kesan chic pada penampilan. Warna ini bagus dalam hal memberi kesan stabil dan produktif.

2 dari 4 halaman

Warna Netral

3. Abu-abu

Warna netral satu ini bisa jadi alternatif yang baik untuk wawancara kerja. abu-abu akan memberikan kesan mandiri dan logis. Warna ini dapat membuat kamu sebagai seorang pemikir independen, dan ingat kamu harus mengenakannya secara percaya diri. Kelemahan dari warna ini, noda ataupun keringat bisa tampak jelas.

4. Putih

Mengenakan putih merupakan 'zona' paling aman untuk dikenakan. Selain itu warna ini sangat pas dipadukan dengan berbagai warna lain seperti hitam, biru, ataupun abu-abu. Warna ini memberikan kesan tenang dan formal pada penampilanmu.

 

3 dari 4 halaman

Hindari Warna Terang

Shutterstock© Shutterstock

Bukan berarti kita tidak boleh menggunakan pakaian dengan warna-warna terang dan mencolok, namun ada baiknya untuk dihindari. Semua tergantung dengan jenis pekerjaan yang akan kamu lakukan.

Jika kamu mencari pekerjaan di bidang kreatif, silakan untuk menggunakan pakaian terang seperti warna kuning atau ungu yang akan menyampaikan aura optimistis dan kreativitas.

Untuk sementara, hindari warna oranye. Warna dianggap kurang pas untuk wawancara, karena mengesankan terlalu percaya diri dan tidak profesional.

Hindari juga busana warna merah menyala. Pasalnya, memberikan kesan yang terlalu kuat. Alih-alih pakaian, kamu bisa memberikan aksen merah pada aksesori kecil seperti kalung atau anting.

 

4 dari 4 halaman

Hindari Hijau dan Cokelat

Banyak pendapat untuk boleh mengenakan atau dihindari. Namun busana hijau bukanlah pilihan yang tepat untuk kamu gunakan di hari wawancara. Hijau menggambarkan keceriaan dan kedamaian namun warna ini juga akan menciptakan kesan ketidakdewasaan pada penampilan.

Untuk cokelat, kurang memberikan kesan terbaik selama wawancara kerja. Warna ini cenderung memberikan kesan kuno dan lemah. (mut)

Laporan: Abinsha Nurmaulida Rizky

Sumber: Fustany

Beri Komentar