Ilmuwan Berhasil Ciptakan `Granat` Pembasmi Sel Kanker

Reporter : Puri Yuanita
Rabu, 4 November 2015 07:41
Ilmuwan Berhasil Ciptakan `Granat` Pembasmi Sel Kanker
Temuan ini diklaim sebagai temuan mahapenting dalam ilmu kedokteran nano atau nanomedicine.

Dream - Sekelompok ilmuwan dari Universitas Manchester, Inggris berhasil merancang 'granat' berukuran mikroskopis yang diklaim dapat menghancurkan sel kanker atau tumor di dalam tubuh.

'Granat' itu berbentuk liposoma atau gelembung kecil lemak yang nantinya akan digunakan untuk membawa dan melepaskan obat penghancur sel kanker pada tubuh. 'Granat' ini akan bereaksi saat suhu badan ditingkatkan.

Para ahli tersebut mengatakan, teknologi yang mereka ciptakan terbukti efektif ketika dicoba pada hewan. Temuan ini diklaim sebagai temuan mahapenting dalam ilmu kedokteran nano atau nanomedicine.

" Kesulitannya adalah bagaimana Anda melepaskan obat itu ketika mereka mencapai sasaran," kata Prof Kostas Kostarelos, salah satu ilmuwan Universitas Manchester.

" Tantangan bagi kami adalah mencoba mengembangkan liposoma yang kedap air pada suhu badan normal tapi ketika suhu badan ditingkatkan jadi 42 derajat celcius, mereka akan bocor," tambahnya seperti dikutip dari bbc.co.uk.

Saat ini temuan Prof Kostas dan kawan-kawan ini tengah dalam proses penyempurnaan. Selanjutnya, tim ahli dari Universitas Manchester tersebut akan mempresentasikan ciptaannya ini dalam konferensi National Cancer Research Institute yang bakal digelar pekan depan. (Ism) 

 

 

 

Beri Komentar