Biarkan Kebiasaan Mendengkur Bisa Berujung Masalah Kesehatan Serius

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Senin, 20 Maret 2023 19:12
Biarkan Kebiasaan Mendengkur Bisa Berujung Masalah Kesehatan Serius
Gangguan pernapasan ini bisa berujung pada keluhan kesehatan yang lebih kompleks, seperti kardiovaskular, bau mulut dan masalah lain.

Dream - Mendengkur masih disalahartikan sebagai kondisi tidur yang sangat pulas. Padahal suara yang mengganggu ketika tidur itu bisa menjadi pertanda gejala Sleep apnea atau gangguan bernapas.

Obstructive Sleep Apnea (OSA) ditandai dengan tidur yang mendengkur keras lalu diikuti dengan berhentinya jalan napas atau apnea selama 10 detik. Saat jalan napas berhenti akan ada penurunan kadar oksigen di tubuh sebanyak 4-5 persen.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Mendengkur ini bagaikan gunung es, di luarnya mungkin terlihat lucu melihat mendengkur, namun sebenarnya ini mengganggu tidur. Terjadi gangguan kardiovaskular dan sistem imunitas yang harusnya terbangun jadi tidak terbangun, dan gangguan kardiovaskular,” kata dokter Spesialis THT Brawijaya Hospital Duren Tiga, dr. Fauziah Fardizza pada acara launching Klinik Mendengkur beberapa waktu lalu.

1 dari 4 halaman

Pemicu Mendengkur

Ada beberapa kondisi dapat meningkatkan faktor risiko OSA. Sperti kelebihan berat badan atau obesitas. Mereka yang mengalami obesitas dapat memicu penumpukan lemak di daerah belakang faring sehingga menghambat aliran napas saat tidur.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Selain obesitas, kelainan pada anak seperti down syndrom, gaya hidup kurang sehat, kurang tidur, merokok, konsumsi alkohol, juga menjadi faktor,” ujar dr. Fauziah.

2 dari 4 halaman

Akibat dari Sleep Apnea

Mendengkur yang mengganggu saluran pernapasan akan membuat tidur tidak nyenyak karena akan terbangun saat pernapasan terganggu.

“ Sleep apnea ini buat tidur jadi bangun bangun dan tidak nyenyak. Jadi ngantuk di siang hari. Gejala siang hari membuat hidung tersumbat,” kata dr. Fauziah.

Ditambah lagi, akan terdapat lendir yang akan mengganggu tenggorokan akibat bernapas dengan mulut.

3 dari 4 halaman

Mengatasi Lendir Akibat Bernapas dari Mulut

Untuk menghilangkan lendir yang dapat membuat pernapasan tersumbat. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Kandungan garam yang tinggi paling banyak di snack meningkatkan produksi lendir. Kalau batuk pilek snacking sedikit aja, setelah itu minum banyak,” kata Dokter Spesialis Anak Brawijaya Hospital Duren Tiga, dr. Fitria Mahrunnisa pada kesempatan yang sama.

 

4 dari 4 halaman

Konsultasikan dengan Dokter

Selain itu konsumsi vitamin C, zinc, dan vitamin D untuk meningkatkan imunitas. Jangan lupa untuk membersihkan ruangan dan menjaga kelembapan udara.

Jika Sleep Apnea sudah sangat mengganggu kualitas tidur, maka konsultasikan ke dokter. Salah satu Rumah Sakit yang menyediakan konsultasi dan penanganan sleep apnea adalah Klinik Mendengkur (OSA Center), Brawijaya Hospital Duren Tiga.

Beri Komentar