Ketika Busana Lokal Indonesia Dibawa ke Atas Kapal Prancis

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Senin, 17 Desember 2018 08:15
Ketika Busana Lokal Indonesia Dibawa ke Atas Kapal Prancis
Para model berjalan dengan anggun di atas kapal yang menyusuri sungai di Paris.

Dream - Desainer Indonesia tak pernah tidur dalam memperkenalkan busana lokal ke mancanegara. Kali ini mereka sukses membawanya ke Paris, pusat mode dunia.

Sebanyak 16 desainer memamerkan koleksi mereka di panggung " La Mode" Sur La Seine a Paris pada 1 Desember 2018. Mereka membawa konten lokal yang dikemas dengan gaya internasional.

Jika biasanya panggung runway berada di darat, pertunjukan garapan Indonesian Fashion Chamber (IFC) ini dilangsungkan di atas Kapal Boreas yang menyusuri Sungai Seine. Para model dari berbagai etnis berjalan dengan anggun dalam balutan karya lokal.

Penasaran busana seperti apa yang dipamerkan? Berikut ini beberapa koleksi dari " La Mode" Sur La Seine a Paris.

1 dari 6 halaman

Lia Soraya

 Koleksi Lia Soraya© Foto: Indonesian Fashion Chamber (IFC)

Bertajuk Rise of Aloe, Lia mengambil inspirasi dari lidah buaya. Menurutnya, aloe vera merupakan tumbuhan dengan segudang manfaat yang dapat tumbuh di manapun.

Tanaman tersebut diaplikasikan ke dalam embroidery yang dipadu dengan batik tradisional. Koleksi ini merupakan debut pertama Lia di Kota Paris.

2 dari 6 halaman

Deden Siswanto

 Koleksi Deden Siswanto© Foto: Indonesian Fashion Chamber (IFC)

Deden menampilkan koleksi Kagirinaku, yang berarti tanpa batas dalam bahasa Jepang. Identik dengan kain tradisional, kali ini dia memadukan ragam motif ke dalam desain yang unik.

Kental dengan nuansa Jepang, koleksinya terdiri dari busana dengan cutting yang menyerupai kimono dan yukata.

3 dari 6 halaman

Lenny Agustin

 Koleksi Lenny Agustin© Foto: Indonesian Fashion Chamber (IFC)

Dikenal dengan gaya busana yang nyentrik, Lenny menyulap kain batik dengan berbagai ornamen seru. Ada kalung pom-pom, dan kupu-kupu raksasa yang menutupi bagian dada. Wajah para model juga ditutupi dengan topeng jaring-jaring.

4 dari 6 halaman

Rosie Rahmadi

 Koleksi Rosie Rahmadi© Foto: Indonesian Fashion Chamber (IFC)

Terinspirasi dari pertemuan arus laut air asin dan tawar, Rosie membawa busana muslim yang elegan. Warnanya begitu estetik dengan nuansa serba dusty. Cutting A-line mendominasi koleksinya ini.

5 dari 6 halaman

Istituto Di Moda Burgo Indonesia

 Koleksi Ness© Foto: Indonesian Fashion Chamber (IFC)

Sekolah mode asal Itali ini juga turut hadir dalam perhelatan busana. Mereka memamerkan tiga koleksi, salah satunya Ness.

Lingerie menjadi sorotan utamanya. Mereka mengkreasikan busana lingerie ready to wear yang dapat dipakai untuk aktivitas sehari-hari.

Mix and match busananya begitu pintar sehingga lingerie terlihat seperti pakaian biasa.

6 dari 6 halaman

Ali Charisma

 Koleksi Ali Charisma© Foto: Indonesian Fashion Chamber (IFC)


Ketua Nasional IFC ini mengusung konsep winter. Busana terdiri dari long coat tebal yang dapat menangkal hawa dingin. Ali juga memakai batik cap dan print di beberapa busana.

Beri Komentar