Serunya Guru Bikin Game Biar Muridnya Saling Empati

Reporter : Mutia Nugraheni
Senin, 26 September 2022 09:47
Serunya Guru Bikin Game Biar Muridnya Saling Empati
Permainan ini sangat seru, para murid bisa saling mengenal satu sama lain dan memberikan pendapat soal karakter teman-temannya.

Dream - Menumbuhkan empati di antara para anak-anak sangat penting, terutama di sekolah. Mengingat banyak sekali kekerasan di sekolah dan juga bullying yang bisa menimbulkan trauma hingga kehilangan nyawa.

Seorang guru di salah satu Sekolah Dasar (SD) di Surabaya, Jawa Timur, membuat permainan (game) di kelas yang memunculkan empati para muridnya. Sang guru yang bernama Lina mengunggah dokumentasi permainan ini di akun Instagramnya @linawijayanti.

Permainan ini sangat seru, para murid bisa saling mengenal satu sama lain dan memberikan pendapat soal karakter teman-temannya. Menurut Lina, game ini bisa menumbuhkan empati dan membuat anak berpikir positif terhadap temannya.

Instagram @linawijayanti© Instagram @linawijayanti

Awalnya, para siswa diminta mengambil selembar kertas. Setelah itu, minta siswa untuk menuliskan nama lengkap dan nama keren. Baru, minta mereka menuliskan kelebihan dirinya, lalu berikan kertas itu ke temannya.

" Tugas selanjutnya adalah kertas dipindah secara mengular ketika guru bilang " ganti" ," tulis Lina.

 

1 dari 6 halaman

Tulis Kelebihan Tiap Siswa

Tugas temannya adalah menuliskan kelebihan teman yang namanya ada di kertas tersebut. Diulang sampai kertas sampai pada pemiliknya.

Instagram @linawijayanti.© Instagram @linawijayanti.

" Tunjuk secara acak untuk membacakan 3 kelebihan yang paling dia suka," ungkapnya.

Permainan ini bisa membuat suasana kelas jadi hangat. Para siswa di kelas pun bisa mengenal satu sama lain, begitu juga guru yang mengajar bisa lebih tahu karakter murid-muridnya.

2 dari 6 halaman

Lihat Videonya

Unggahan tersebut membuat banyak warganet terinspirasi untuk melakukannya. Terutama para guru yang juga ingin melakukan di kelas mereka.

" Kereeeeeen, berharap dulu guru mtk ku begini," tulis salah satu akun.

" Seru 😍, jadi pengen coba. Makasih inspirasinya mba," komentar akun lainnya. Lihat videonya.

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Lina Wijayanti (@linawijayanti)

3 dari 6 halaman

Megahnya Sekolah Islam Bernuansa Emas di Bekasi, Segini Biaya Masuknya

Dream - Memilih sekolah untuk anak pastinya orangtua memiliki banyak pertimbangan. Salah satu yang biasanya dijadikan dasar adalah nilai-nilai Islam yang ditanamkan di sekolah.

Harapannya, anak memiliki pondasi agama Islam yang kuat sebagai bekal kehidupannya. Sebuah sekolah Islam yang kini sedang banyak diperbincangkan adalah Alexandria Islamic School yang berlokasi di Rawalumbu, Bekasi, Jawa Barat.

Megahnya Sekolah Islam Bernuansa Emas di Bekasi, Segini Biaya Masuknya© MEN

Tampak dari luar, sekolah ini seperti bangunan Kerajaan dengan pilar besar dan cat emas. Hal itu membuat Alexandia sering disebut sekolah emas. Megahnya bangunan dari luar membuat banyak orang penasaran seperti apa bagian dalamnya?

Beberapa foto area sekolah diunggah di akun Facebook resmi Alexandria. Juga dokumentasi dari YouTube Alexandria dan N.A.Y. Mari kita lihat sudut mewah sekolah ini.

Pilar Besar

Sekolah Alexandria© Sekolah Alexandria

Pagarnya begitu kokoh, dengan logo khas sekolah. Bangunannya dihiasi pilar putih besar dengan aksen emas yang memunculkan kesan mewah.

 

4 dari 6 halaman

Kelas Mewah

Sekolah Alexandria© Sekolah Alexandria

Memasuki bagian dalamnya terdapat beberapa area untuk keperluan murid belajar. Mulai dari perpustakaan, laboratorium, hingga asrama.

Sekolah Alexandria© Sekolah Alexandria

Untuk kelasnya, tampak seperti suasana kelas perkuliahan. Berdesain modern, didominasi warna hitam dan emas.

 

5 dari 6 halaman

Masjid Megah

Sekolah Alexandria© Sekolah Alexandria

Sekolah ini memiliki program SMP dan SMA, berupa full day school dan boarding. Asrama diperuntukkan bagi murid yang menjalani boarding school. 

Area kamarnya juga tampak rapi dan bersih, dengan fasilitas lengkap. Sekolah juga menyediakan penginapan bagi orangtua yang menengok anaknya.

Sekolah Alexandria© Sekolah Alexandria

Masjidnya berlokasi di atas gedung dan sangat megah. Desainnya dengan lampu cantik dan detail berwarna emas. Masjid ini mampu menampung sekitar 400 jamaah.

 

 

 

6 dari 6 halaman

Biaya Masuk

Untuk biaya sekolah di sini, menurut penuturan salah satu murid di Youtube N.A.Y, ada uang masuk sekitar Rp25 juta hingga Rp30 juta.

Sekolah Alexandria© Sekolah Alexandria

Bayaran bulanan tergantung dari program yang diambil. Untuk murid full day school sekitar Rp2 juta, lalu untuk program asrama sekitar Rp5 juta hingga Rp6 juta. Lihat video detailnya di sini.

 

Beri Komentar