7 Manfaat Buah Tin, Buah Surgawi yang Dipercaya Menyimpan Beragam Khasiat untuk Kesehatan

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Jumat, 4 Maret 2022 12:12
7 Manfaat Buah Tin, Buah Surgawi yang Dipercaya Menyimpan Beragam Khasiat untuk Kesehatan
Buah tin sudah dimanfaatkan sejak berabad-abad lalu, terutama oleh masyarakat Arab.

Dream – Buah tin atau disebut juga buah ara menjadi salah satu buah yang disebutkan dalam Al-Quran, yakni surat At-Tin. Ya, nama “ tin” sendiri diambil dari bahasa Arab dan tanaman buah ini juga sudah dibudidayakan sejak ribuan tahun yang lalu. Bahkan buah tin juga kerap disebut-sebut sebagai buah Nabi maupun buah yang berasal dari surga.

Secara sekilas, buah tin memiliki bentuk yang cukup unik, Saat dibuka, daging buahnya berwarna merah muda yang terdapat banyak sekali biji kecil yang bisa sahabat Dream makan. Sehingga saat dikunyah pun akan menghasilkan sensasi yang renyah, tetapi nikmat dan menyegarkan.

Buah yang memiliki nama latin Ficus carica ini ternyata memiliki manfaat yang tidak boleh kamu remehkan lho, sahabat Dream. Seperti dikutip dari hellosehat.com, buah tin memiliki beberapa kandungan seperti karbohidrat, protein, dan serat. Selain itu, ada juga kandungan mikronutrien yang berupa vitamin C, tiamin, riboflavin, dan niasin. Tetapi kandungan yang paling banyak dalam buah tin adalah vitamin B-6 dan tembaga. Jadi tak heran jika manfaat buah tin ini sangatlah baik untuk kesehatan.

Nah, bagi kamu yang penasaran apa saja manfaat buah tin untuk kesehatan, berikut sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui hellosehat.com.

1 dari 3 halaman

Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan

Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan© Freepik.com

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Salah satu cara menjaga sistem pencernaan adalah dengan mengonsumsi banyak serat untuk bisa melancarkannya. Dalam buah tin sendiri terkandung serat yang sangat baik. Tak hanya itu saja, ada juga kandungan berupa zat pektin yang mampu membantu melancarkan metabolisme tubuh. Bahkan zat tersebut hanya bisa ditemukan pada buah-buah tertentu saja, salah satunya adalah buah tin.

Keberadaan zat pektin tersebut bisa membantu untuk meningkatkan serta mengurangi nyeri yang dirasakan di perut. Nah, untuk menjaga agar tidak terkena masalah pencernaan, seperti diare, sembelit, hingga masalah pencernaan yang kronis, sahabat Dream bisa mengonsumsi buah tin.

Mengontrol Gula Darah

Kadar gula darah di dalam tubuh haruslah selalu dikontrol dengan baik. Karena kalau tidak, maka bisa memicu berbagai penyakit berbahaya yang siap menyerang tubuh. Nah, manfaat buah tin bisa kamu ambil dari ekstrak daunnya yang ampuh dalam membantu mengontrol gula darah.

Hal ini telah dilakukan sebuah penelitian pada tahun 2019 lalu, melalui jurnal Nutrients membuktikan bahwa dengan meminum ekstrak buah tin memiliki indeks glikemik yang lebih rendah. Jadi, bisa menjaga kadar gula darah dari penderita diabetes.

Namun sahabat Dream juga harus tahu, bahwa buah tin yang sudah dikeringkan, hal ini justru memiliki kandungan gula yang lebih tinggi. Jadi, bisa membuat kadar gula darah di dalam tubuh menjadi meningkat.

2 dari 3 halaman

Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan

Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan© Freepik.com

Meningkatkan Kepadatan Tulang

Manfaat buah tin selanjutnya adalah meningkatkan kepadatan tulang. Ya, tulang adalah bagian terpenting di dalam tubuh yang membantu dalam menopang tubuh. Jika tulang mengalami masalah, hal ini tentunya akan membuatmu sulit melakukan berbagai aktivitas. Dalam buah tin sendiri terkandung kalsium serta kalium. Mineral inilah yang saling bekerjasama untuk bisa memadatkan tulang dan mencegah terkena osteoporosis.

Bagi anak-anak dan remaja yang masih dalam proses pertumbuhan, maka dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kalium dan kalsium. Sehingga struktur tulangnya bisa berkembang secara optimal.

Mangatasi Disfungsi Ereksi

Manfaat buah tin juga sangat baik untuk mengatasi masalah yang berhubungan dengan seksualitas. Buah ini juga sudah digunakan sejak berabad-abad lalu, terutama bagi masyarakat Arab. Bahkan buah tin dijadikan sebagai makanan afrodosiak yang bisa untuk meningkatkan stamina ketika melakukan hubungan seksual.

Meski begitu, manfaat buah tin untuk mengatasi disfungsi ereksi masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Karena penelitian ini masih hanya dilakukan uji coba pada hewan saja.

Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Kulit dan rambut adalah bagian yang ada di luar tubuh. Sehingga mudah sekali terpapar berbagai benda asing, seperti bakteri dan debu. Hal inilah yang berpotensi bisa merusak kulit dan rambut seseorang. Oleh karena itulah, menjaga kesehatan kulit dan rambut sangatlah penting, karena keduanya juga sebagai pendukung penampilanmu agar selalu percaya diri.

Nah, buah tin yang memiliki kandungan antioksidan mampu untuk merangsang produksi kolagen. Di mana kolagen ini ampun utnuk mengencangkan serta melembabkan kulit. Selain itu, buat tin juga bisa meredaka gejala penyakit kulit seperti gatal dan perih yang disebabkan oleh dermatitis atau alergi yang biasanya dialami oleh anak-anak. Sedangkan kandungan besi yang tinggi pada buat tin sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut.

3 dari 3 halaman

Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan

Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan© Freepik.com

Mencegah Kanker

Manfaat buah tin berikutnya adalah bisa mencegah penyakit kanker. Penyakit ini memang sangat berbahaya dan bisa menyerang siapa saja. Oleh karena itu, sebisa mungkin setiap orang harus mencegahnya. Dalam buah tin terkandung antioksidan seperti flavonoid yang ampuh mencegah rusaknya sel karena terpapar radikal bebas.

Radikal bebas inilah yang menjadi penyebab dari munculnya sel kanker. Nah, manfaat buah tin untuk mencegah kanker bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi daging buahnya. Selain itu, bisa juga memanfaatkan ekstrak daunnya. Meski begitu, untuk daunnya sendiri sebagai pencegah kanker masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Menjaga Kesehatan Jantung

Setiap organ di tubuh haruslah selalu dijaga kesehatannya. Karena organ satu dengan organ yang lainnya saling bekerjasama. Salah satu organ tersebut adalah jantung. Ada berbagai cara untuk menjaga kesehatan jantung, seperti halnya dengan memilih makanan yang sehat. Buah tin bisa menjadi buah pilihan sahabat Dream yang sangat baik untuk membantu melancarkan aliran darah dan mampu mengurangi risiko penyakit jantung serta stroke.

Kandungan kalium dalam buah tin sangat baik untuk mengendalikan denyut jantung serta tekanan darah. Kemudian kandungan zat besi juga membantu dalam memproduksi sel darah merah. Bahkan dengan mengonsumsi buah tin juga bisa untuk meningkatkan kadar kolesterol yang baik di dalam darah.

Beri Komentar