Menelisik Kisah Sukses E-Commerce Indonesia
Dream - Banyak cara menemukan inspirasi untuk membantu mencapai mimpimu. Apalagi, di zaman modern seperti ini.
Siapa sih yang tidak suka berbelanja secara online lewat internet? Di zaman yang serba canggih seperti ini, e-commerce menjadi pasar yang sangat menjanjikan bukan?
Hampir semua masyarakat urban sudah memiliki internet dan senang berbelanja online. Artinya? big opportunity kan untuk berbisnis di bidang online shop.
Beberapa online fashion shop ini pun memanfaatkan dunia digital hingga sekarang nama mereka bisa jadi besar di Indonesia. Yuk, simak kisah mereka!
Berawal dari kaos sablon bergambar Obama yang laku keras di tahun 2008, nama cottonink.co.id semakin melambung.
Local fashion brand yang didirikan oleh Carline Darjanto dan temannya Ria Sarwono ini pada awalnya mempromosikan brand mereka melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Produk Cotton Ink pun jadi semakin berkembang, mulai dari women clothing hingga accessories.
Menurut Carline, salah satu cara Cotton Ink untuk bisa beda dari bisnis fashion lainnya adalah dengan terus melakukan inovasi. Misalnya, dengan sering melakukan eksperimen dalam material mix.
Selain itu, mereka tahu banget selera konsumennya, yaitu pakaian dengan desain simple tapi tetap chic. Kini, di samping website yang gampang diakses, Cotton Ink juga sudah punya toko sendiri yang berlokasi di Kemang, Jakarta Selatan. Hebat, ya?
Untuk ukuran local fashion startup, kesuksesan cloth-inc.com bisa dibilang termasuk luar biasa. Online shop yang awalnya didirikan oleh cewek muda bernama Julian Tanoto di Facebook pada tahun 2010 ini, sekarang sudah bisa mendapat keuntungan hingga ratusan juta per bulan. Wow!
Sama seperti cottonink.co.id, Cloth Inc bukan reseller, tetapi fashion brand asli lokal yang mengerjakan semuanya sendiri, mulai dari sketch design, mencari material, proses produksi, hingga dijual online.
Kini, Cloth Inc sudah punya website sendiri, yang mulai aktif pada tahun 2012. Produk yang ditawarkan pun selalu up-to-date dengan the latest trend, sehingga Cloth Inc terus menarik minat konsumennya.
Selain itu, untuk bidang fashion hijab, nama hijup.com mulai populer sebagai salah satu online shop terbaik untuk kategori muslim fashion, yang sebenarnya punya potensi sangat besar di Indonesia. Online shop yang didirikan oleh Diajeng Lestari pada tahun 2011 ini punya konsep mengumpulkan para desainer dan brand pakaian muslim lokal, yang produknya akan dijual di website.
Walaupun bukan fashion brand yang memproduksi item sendiri, bukan berarti pekerjaannya ringan. Kata Diajeng, di awal mula HijUp berdiri, dia melakukan semuanya sendiri, seperti jadi stylist, mengatur photoshoot, dan berurusan dengan para desainer dan meyakinkan mereka supaya mau menjual produknya di hijup.com.
Tapi itu semua justru membuat Diajeng jadi belajar banyak soal entrepreneurship, khususnya di bidang fashion. Sekarang, HijUp sudah menjual ratusan brand pakaian muslim lokal yang keren-keren.
Kamu pasti mau kan, jadi sukses seperti mereka? Makanya, ayo bergerak mencapai mimpimu mulai dari sekarang! Perbanyak pengetahuan dan skill baru yang bisa membantu kamu. Supaya semakin percaya diri, jangan lupa perhatikan penampilan.
Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya
Maksimalkan Jualan Online, Penjual Sarung Batik Berhasil Tingkatkan Penjualan Sampai 75 Persen
Melihat tren yang berkembang jadi sasaran empuk buat strategi pemasaran suatu bisnis.
Baca SelengkapnyaMeresahkan! 84% Pengakses Internet di Indonesia Pernah Terpapar Iklan Judi Online lewat Medsos
Iklan judi online masih merajalela di dunia maya. Masih banyak pengguna internet pernah terpapar iklan tersebut lewat media sosial maupun situs website.
Baca SelengkapnyaMengintip Peta Persaingan E-Commerce di Akhir Tahun 2023, Ternyata Ini Favorit Brand Lokal dan UMKM
Tren ini pun dimanfaatkan oleh brand lokal dan UMKM dalam berjualan lewat e-commerce.
Baca Selengkapnyavideo untuk kamu.
Bocorkan Hasil Riset, INDEF Ungkap Kampus UMKM Shopee Jadi Program Pelatihan yang Paling Diminati
INDEF bocorkan data tentang pelatihan digital yang populer. Ternyata ecommerce ini paling dikenali.
Baca SelengkapnyaBelanja Online Tak Salah Barang, Manfaatkan Fitur 'Ambil di Tempat'
Fitur belanja 'ambil di tempat' mempermudah konsumen memastikan kualitas barang secara langsung agar tidak salah beli.
Baca SelengkapnyaPerdebatan Sengit Mertua dan Menantu yang Dianggap Habiskan Uang Suami karena Sering Belanja Online, Netizen: Rumah Serasa Neraka
Hampir tiap hari sang mertua melihat menantunya itu lebih sibuk membuka barang yang dibeli dari toko online.
Baca Selengkapnya