Menjelajahi 'Tanah Peri' di Turki Bareng Halal Dream Trip Wardah

Reporter : Idho Rahaldi
Rabu, 27 November 2019 15:36
Menjelajahi 'Tanah Peri' di Turki Bareng Halal Dream Trip Wardah
Cappadocia dikenal dengan julukan Land of Fairy Chimney.

Dream - Bunyi alarm terdengar dari sudut kamar. Mengingatkan sudah waktunya kembali beraktivitas.

Pagi itu, Selasa 26 November 2019, rombongan Halal Dream Trip Wardah 2019 Turki meneruskan penjelajahan. Kali ini, Cappadocia menjadi destinasi ke dua. Orang Turki menyebut kota ini dengan Kapadokya.

Sebelum memulai petualangan, tim terlebih dulu mengisi perut dengan menu sarapan khas Turki pada restoran tak jauh dari lobi hotel. Ada daging halal yang dimasak dengan bumbu khusus, nasi dengan bentuk yang khas, serta aneka buah untuk penutup.

 Halal Dream Trip Wardah Turki

Rombongan Halal Dream Trip with Wardah tengah berada di Cappadocia (Idho Rahaldi/ Dream)

Waktu sarapan dirasa cukup, sekitar pukul 07.30 waktu setempat, tim memulai perjalanan. Ternyata, menuju Cappadocia tidak bisa menggunakan angkutan darat.

Kota ini terletak 750 kilometer jauhnya dari Istanbul. Untuk bisa sampai ke Cappadocia dalam sehari harus menggunakan penerbangan rute domestik.

Namun begitu, semua akan terbayar lunas. Mata dibuat terpesona dengan pemandangan alam kota ini yang begitu mengagumkan.

1 dari 4 halaman

Kota Bawah Tanah

Ya, Cappadocia adalah salah satu karunia alam buat Turki. Kota kecil di Anatolia timur ini berlokasi di dataran tinggi yang dikelilingi bentang alam unik.

Cappadocia juga punya magnet tersendiri yang dapat membuat orang penasaran. Magnet itu adalah banyaknya lubang mengeluarkan asap di kawasan perbukitan.

 Halal Dream Trip Wardah Turki

Situs bersejarah di Cappadocia (Idho Rahaldi/ Dream)

Karena lubang asap itulah, Cappadocia punya julukan " Land of Fairy Chimney" atau " Tanah Peri Cerobong Asap" . Menilik asal-muasalnya, julukan itu muncul karena adanya bebatuan berbentuk cerobong asap di bukit-bukit.

Asap yang keluar ternyata bukan dari aktivitas gunung berapi, melainkan dapur. Ya, bebatuan di Cappadocia memang dijadikan rumah tinggal warga setempat sampai sekarang.

 Halal Dream Trip Wardah Turki

Kaymakli, kota bawah tanah Cappadocia (Idho Rahaldi/ Dream)

2 dari 4 halaman

Menyusuri Lorong-Lorong Kaymakli

Sebagai tujuan pertama, rombongan dibawa menuju kota bawah tanah, Kaymakli. Kota ini mirip seperti bangunan bertingkat namun menuju bawah tanah.

 Halal Dream Trip Wardah Turki

Lubang yang menjadi saluran pembuangan asap dapur di pemukiman bawah tanah Kaymakli (Idho Rahaldi/ Dream)

Di Kaymakli ada 8 lantai ke bawah yang dihubungkan lorong-lorong. Karena ukurannya cukup kecil, lorong tersebut hanya bisa dilewati dengan cara agak berjongkok.

 Halal Dream Trip Wardah Turki

Perlengkapan dan bahan pangan yang disimpan di dapur bawah tanah (Idho Rahaldi/ Dream

 

3 dari 4 halaman

Keramahan Cappadocia

Keluar dari gua, warga lokal menyambut tim dengan menyematkan sebuah pin. Simbol tolak bala, katanya.

" For you,"  ujar gadis cilik berkerudung pink memberikan pin. Matanya cantik, dengan warna cokelat berbinar.

" What your name,"  tanya Spokeperson Wardah, Hanggini Purinda Retto kepadanya.

" Aisyah," jawabnya.

 Halal Dream Trip Wardah Turki

Aisyah, gadis cilik yang menyapa tim Halal Dream Trip with Wardah (Idho Rahaldi/ Dream)

Dengan polos, Aisyah lalu memohon untuk bisa berfoto dengan tim. Bidikan diambil, gambar langsung terlihat bagus. Para pemenang Halal Dream Trip Wardah 2019 bersama Hanggini berpose ciamik.

 

4 dari 4 halaman

Belanja Souvenir

Puas berfoto di kota bawah tanah, tim bergeser ke salah satu kios tradisional yang menawarkan sejumlah suvenir. Peserta pun membeli beberapa barang, seperti sajadah, tikar, dan lain-lain.

 Halal Dream Trip Wardah Turki

Tim Halal Dream Trip with Wardah berfoto bersama Aisyah pintu masuk Kaymakli (Idho Rahaldi/ Dream)

Agenda belanja berlangsung sekitar 1,5 jam. Selesai belanja, tim kembali berperjalanan menuju ke hotel untuk makan dan istirahat.

Di tengah perjalanan, para peserta memperbaiki riasan mereka dengan produk kosmetik Wardah.Ada yang menambahkan bedak, memoles bibirnya menggunakan lipstik.

Sayangnya, cuaca sedang tidak bersahabat. Alhasil, agenda naik balon udara terpaksa dibatalkan. Pemerintah setempat juga mengeluarkan larangan terbang. Semoga esok hari cuaca kembali cerah.

Terus pantau keseruan Halal DreamTrip Wardah 2019 ya.

Beri Komentar
Yenny Wahid Rilis Produk Kecantikan Halal