Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Mengintip Karya Kolaborasi Seniman Jakarta di JakCraft 2019

Mengintip Karya Kolaborasi Seniman Jakarta di JakCraft 2019 Foto: Keisha Ritzska Salsabila/Dream

Dream - JakCraft 2019 kembali menghadirkan hasil karya pengrajin Jakarta. Acara ini berlangsung dari 25 - 28 November 2019 di lantai dasar Gedung G, Gedung Balaikota DKI Jakarta.

Perhelatan yang digawangi oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) provinsi DKI Jakarta ini mengusung tema Urban Jakarta Festival.

Dengan tema Urban Jakarta Festival, diharapkan pameran tahun ini dapat lebih banyak menggaet milenial untuk mengeksplorasi kerajinan Ibu Kota.

"Kita harap sekali sekarang ini lagi booming acara-acara milenial yang sangat kreatif dan sangat khas anak-anak muda. Mudah-mudahan JakCraft kali ini, bisa menarik anak muda untuk hadir dan melihat karya-karya dari perajin DKI Jakarta," ujar Ketua Dekranasda Provinsi DKI Jakarta, Fery Farhati di Jakarta, Senin 25 November 2019.

Khusus Milenial

Menurut Fery, banyak sekali milenial yang kini bergulat di industri kreatif. Sayangnya, gaung Dekranasda belum terlalu didengar.

Oleh karena itu Dekranasda menyusun Sistem Informasi Perajin (SIP), yakni pengembangan database secara online berisi informasi anggota perajin binaan Dekranasda Provinsi DKI Jakarta.

Informasi yang tersedia dalam SIP ini diantaranya program dan kegiatan pelatihan pengembangan kerajinan serta usaha, publikasi dan promosi (pameran) dan kerja sama dengan instansi pemerintah maupun swasta.

Dengan SIP, perajin yang ingin terlibat dengan Dekranasda pun dapat mendaftar secara online, melalui dekranasda-sip.jakarta.go.id.

"Sekarang ini, banyak sekali anak muda yang memiliki karya dan gaung Dekranasda ini belum menggaet mereka. Dan dengan SIP ini, InsyaAllah anak-anak muda bisa ikut terlibat, ikut mendaftar dalam anggota, dan anggota bisa ikut bertambah," ungkap Fery.

Karya dari Berbagai Komunitas

Lebih lanjut, JakCraft 2019 diikuti oleh 46 peserta dari bidang kerajinan, fashion, perabot rumah tangga, dan kuliner.

Jackraft

Foto: Keisha Ritzska Salsabila/Dream


Ada pula 26 perajin Dekranasda Provinsi DKI Jakarta, Kementerian Hukum dan HAM yang memamerkan produk karya narapidana dan mantan narapidana, BNN Provinsi DKI Jakarta dengan produk karya anak rehabilitasi, Dinas Pendidikan dengan produk karya pelajar disabilitas dan SMK, serta komunitas lainnya.

JakCraft dibuka untuk umum dan gratis mulai pukul 09.00 - 17.00 WIB. Jangan ketinggalan berbagai macam demo produk yang dilakukan pukul 12.00 - 13.00 WIB. Sahabat Dream juga bisa membawa pulang hasil karya kalian usai mengikuti demo.

Laporan: Keisha Ritzska Salsabila

Mengintip Kreasi Remaja Ciptakan Karya Seni dari Makanan Ringan

Dream - Masa kecil meninggalkan banyak kenangan manis. Kehidupan anak-anak tak lepas dari kehadiran snack beraneka rasa yang pada saat itu menjadi jajanan favorit.

Bukan cuma sebagai kudapan, makanan ringan juga bermanfaat untuk melatih daya imajinasi. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk kembali menghadirkan Cheetos Museum, wujud karya imajinasi anak usia 12-15 tahun.

Cheetos Museum

Terdapat 40 bentuk Cheetos paling unik yang dikurasi menjadi karya seni menarik. Museum terbagi menjadi tiga area eksibisi bertema Alam (Laut dan Hutan), Kota (Orang, Hewan Peliharaan dan Transportasi) serta Pengetahuan (Karakter, Science, Benda).

"Kita ajak anak muda untuk berpartisipasi mencari bentuk-bentuk unik dalam satu bungkus Cheetos. Di dalam setiap bungkus Cheetos bentuknya pasti bermacam-macam, tidak ada yang sama. Tugasnya untuk mencari bentuk yang sesuai dengan imajinasi mereka," ujar Harry Susanto Wibowo, Marketing Manager Snack Food di Jakarta, Selasa 5 November 2019.

Karakter Lucu

Setiap peserta menghidupkan bentuk Cheetos sesuai imajinasi masing-masing, seperti bentuk singa, pesawat, kapal, penyu dan lain-lain. Karya tersebut telah diseleksi lewat kompetisi digital yang telah berlangsung sejak Agustus lalu.

Cheetos Museum

"Dari 20 ribu submission kita seleksi jadi 40 berdasarkan voting di media sosial dan pemenang mingguan. Ada hero moments bagi mereka saat menemukan potongan unik dan menjadikannya sebuah karya yang dilihat oleh masyarakat," tuturnya.

Sahabat Dream juga bisa berjumpa dengan karakter Chester si cheetah. Museum Cheetos digelar pada 5 - 10 November 2019 di Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan.

Keren! Seniman Digital Indonesia Ubah Sampah Plastik Jadi Lukisan

Dream - Seorang seniman digital asal Indonesia menjadi perhatian dunia. Seniman digital bernama Kempot Diningrat itu mengubah sejumlah gambar kemasan produk menjadi lukisan wajah.

Dia mengambil gambar dari Google Image, misalnya, Indomie, Kopiko, dan pembalut Laurier. Uniknya, Kempot tak menggunakan aplikasi canggih di komputer.

Kempot hanya menggunakan aplikasi penyuntingan foto di ponsel. World of Buzz menyebut karya ini level lanjutan dari kreativitas.

Bagaimana proses pembuatannya?

 

1. Indomie untuk kepala

Digital artist (Foto: Facebook)

Digital artist (Foto: Facebook)

Kempot mengubah bungkus Indomie menjadi bagian kepala. Dia menambahinya dengan plastik Alfarmat.

2. Kopiko jadi mata

Digital artist (Foto: Facebook)

Digital artist (Foto: Facebook)

Kempot menempatkan empat bungkus Kopiko menjadi mata.

3. Bungkus Lays untuk bibir

Digital artist (Foto: Facebook)

Digital artist (Foto: Facebook)

Kreativitas yang dibuat Kempot belum berakhir. Dia menempatkan bungkus Lays warna merah menjadi bibir.

 

Rambut Hingga Baju

4. Alis dari pembalut

Digital artist (Foto: Facebook)

Digital artist (Foto: Facebook)

Kempot menempatkan bungkus pembalut Laurier di atas mata. Aneh. Tapi setelah penyuntingan, bungkus Laurier itu berubah menjadi alis.

5. Kantong sampah hitam jadi rambut

Digital artist

Digital artist (Foto: Facebook)

Kantong sampah tak hanya berguna menjadi wadah sampah. Tetapi, juga dapat dijadikan rambut.

6. Baju dari plastik

Digital artist

Digital artist (Foto: Facebook)

Baju dari gambar itu terbuat dari plastik Alfamart. Voila!

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP