Punya Hb Rendah? Ini 16 Makanan Lezat Penambah Hb

Reporter : Arini Saadah
Rabu, 7 Oktober 2020 06:46
Punya Hb Rendah? Ini 16 Makanan Lezat Penambah Hb
Kondisi kekurangan Haemoglobin atau Hb akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Dream – Apakah kamu memiliki kadar haemoglobin (Hb) yang rendah? Jika iya, jangan risau Sahabat Dream, banyak makanan yang bisa kamu konsumsi untuk menambah Hb kamu yang rendah.

Makanan penambah Hb sangatlah dibutuhkan untuk meningkatkan kadar Hb secara alami di dalam darah. Kekurangan Hb tidak boleh disepelekkan, karena banyak gejala yang menjengkelkan dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Oh iya, Hb adalah protein yang ada di dalam sel darah merah. Protein ini tugasnya membawa oksigen ke seluruh tubuh, dan membantu paru-paru mengeluarkan karbondioksida dari tubuh. Jika Hb mu rendah maka fungsi tersebut bisa terganggu.

Kadar Hb normal pada perempuan adalah 12,5 hingga 15,5 g/dL. Sedangkan kadar Hb normal pada laki-laki adalah 13,5 hingga 17,5 g/dL. Jika kadar Hb kamu berada di bawah batas normal itu, maka kamu mengalami kekurangan kadar haemoglobin.

Kondisi kekurangan Hb akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, seperti tubuh terasa lemah, sesak napas, pusing, detak jantung tidak teratur, sakit kepala, tangan dan kaki dingin, kulit pucat atau kuning, dan nyeri dada.

Banyak cara menaikkan kadar Hb dalam darah, salah satunya mengonsumsi makanan penambah Hb berikut ini, seperti dikutip dari SehatQ.

1 dari 16 halaman

1. Makanan Mengandung Zat Besi

Bagi kamu yang memiliki kadar Hb rendah disarankan mengonsumsi makanan penambah Hb yang mengandung zat besi seperti daging sapi, daging ikan, edamame, telur, brokoli, bayam, kacang hijau, dan selai kacang.

Pria berusia 19 hingga 50 tahun direkomendasikan memenuhi asupan harian zat besi mencapai 8 miligram, sedangkan wanita usia 19-50 tahun 18 miligram zat besi.

2 dari 16 halaman

2. Vitamin C

Ilustrasi© freepik.com

Makanan penambah Hb selanjutnya adala segala makanan yang mengandung vitamin C. Zat besi tidak bisa diserap dengan baik jika tubuh kekurangan vitamin C.

Maka perlu mengonsumsi makanan yang  mengandung vitamin C untuk meningkatkan kadar Hb di dalam tubuh seperti jeruk, lemon, tomat, berry, dan lainnya.

3 dari 16 halaman

3. Asam Folat

Makanan penambah Hb yang selanjutnya adalah segala makanan yang mengandung asam folat. Asam folat adalah vitamin B kompleks yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sel darah merah.

Jika jumlah asam folat dalam tubuh rendah, maka kadar Hb juga bisa menurun. Maka dari itu makanan seperti kacang-kacangan, pisang, brokoli, hati, sayuran berdaun hijau seperti bayam sangat dianjurkan.

4 dari 16 halaman

4. Beta Karoten

Ilustrasi© freepik.com

Makanan penambah Hb juga bisa berasal dari makanan yang mengandung beta karoten. Biasanya ditemukan pada buah-buahan seperti wortel, kentang, manga, labu, hingga cantaloupe (melon berwarna jingga.

Mengonsumsi makanan-makanan tersebut bisa membantu tubuh menyerap dan menggunakan zat besi secara lebih maksimal.

5 dari 16 halaman

5. Buah Delima

Buah delima menjadi salah satu makanan penambah Hb yang baik. Buah warna merah ini terasa menyegarkan dan mengandung zat besi serta kalsium, karbohidrat, dan serat.

Berkat nutrisi itulah buah delima sangat laku di kalangan penderita Hb rendah. Minumlah jus buah delima atau dimakan secara langsung dengan rutin untuk memastikan Hb di dalam sel darah merah kembali normal.

6 dari 16 halaman

6. Kurma

Kurma juga merupakan makanan penambah Hb yang direkomendasikan. Rasanya yang manis menajdikannya sebagai camilan pilihan yang sehat.

Kurma ampuh menambah kadar Hb di dalam darah, namun dokter tidak merekomendasikan kurma bagi penderita diabetes sebab kandungan gula di dalamnya yang cukup tinggi.

7 dari 16 halaman

7. Buah Bit

Ilustrasi© freepik.com

Buah bit adalah paket lengkap yang sangat baik bagi penderita Hb rendah. Buah berwarna merah ini mengandung asam folat, kalium, dan serat.

Maka tidak mengherankan jika buah bit sangat dipercaya sebagai makanan penambah Hb yang lumayan manjur.

8 dari 16 halaman

8. Biji Labu

Sekitar 100 gram biji labu mengandung 0,9 zat besi, 20 mg kalsium, 5 mg protein, dan 17,9 gram serat. Dengan nutrisi itulah biji labu dieprcaya sebagai penambah Hb secara alami.

Biji labu ini bisa kamu konsumsi dengan cara menaburkannya di atas salad atau smoothies, dan rasakanlah manfaatnya untuk meningkatkan kadar Hb di dalam tubuh.

9 dari 16 halaman

9. Semangka

Buah semangka juga merupakan salah satu makanan penambah Hb yang lezat dan mudah dicari, Semangka mengandung zat besi dan vitamin C.

Buah yang besar dan menyegarkan ini, selain menambah kadar zat besi di dalam tubuh juga membantu tubuh untuk menyerap dan menggunakan zat besi itu dengan baik.

10 dari 16 halaman

10. Ikan Kembung

Ikan kembung mudah kamu dapatkan di pasaran atau tukang sayur. Ikan kembung menjadi makanan penamabah Hb yang lumayan lezat dan menyehatkan.

Ikan laut ini memiliki 1,7 miligram zat besi per 100 gramnya. Selain itu ikan kembung juga diperkaya asam lemak omega 3.

11 dari 16 halaman

11. Hati Ayam

Ilustrasi© freepik.com

Hati ayam merupakan makanan penambah Hb yang sangat kaya akan zat besi. Selain hati ayam, hati sapi juga bisa jadi pilihan. Sekitar 100 gram hati ayam mengandung 9 miligram zat besi.

12 dari 16 halaman

12. Daging merah

Daging merah tanpa lemak seperti daging sapi yang biasanya disajikan jadi steak itu menjadi makanan penambah Hb yang baik.

Makanan lezat ini mengandung zat besi yang lumayan tinggi sehingga mampu meningkatkan kadar Hb dalam darah. Sekitar 85 gram daging merah mengandung 2,1 miligram zat besi.

13 dari 16 halaman

13. Udang

Ilustrasi© freepik.com

Makanan laut selain ikan kembung yang bisa menjadi makanan penambah Hb adalah udang. Udang sangat digemari banyak orang, sebab sekitar 100 gram udang mengandung 3 miligram zat besi.

14 dari 16 halaman

14. Jamur Kancing

Ilustrasi© freepik.com

Jamur kancing memiliki kandungan zat besi yang cukup melimpah. Itulah sebabnya ia masuk ke dalam daftar makanan penambah Hb. Setiap 100 gram jamur kancing terdapat 1,7 miligram zat besi di dalamnya.

15 dari 16 halaman

15. Cokelat Hitam

Ilustrasi© freepik.com

Cokelat hitam bisa menjadi camilan yang lezat sekaligus penambah kadar Hb di dalam darah. Setiap 28 gram cokelat hitam, terdapat 3,4 miligram zat besi di dalamnya.

16 dari 16 halaman

16. Ayam Kalkun

Ilustrasi© freepik.com

Selain ayam kampung, kamu bisa menjadikan ayam kalkun sebagai pilihan lain untuk lauk. Selain lezat, ayam kalkun yang berukuran besar itu ternyata mengandung zat besi yang cukup tinggi yaitu 1,4 miligram setiap 100 gramnya.

Beri Komentar