‘TB Warriors Hunt & Find’, Game Kekinian Johnson & Johnson Ajak Pemain jadi Agen Perubahan Kalahkan TBC

Reporter : Dwi Ratih
Kamis, 28 Juli 2022 12:30
‘TB Warriors Hunt & Find’, Game Kekinian Johnson & Johnson Ajak Pemain jadi Agen Perubahan Kalahkan TBC
Main game-nya yuk! Seru banget lho!

Dream – PT Johnson & Johnson Indonesia kembali membuat terobosan inovatif dalam mengambanyekan gerakan melawan penyakit Tuberkoulosis (TBC) di Indonesia. Setelh melahirkan 4 flter interaktif, kini hadir gamifikasi ‘TBWarriors’ yang merupakan sebuah gerakan dalam bentuk permainan virtual.

Inovasi ini merupakan bagian dari upaya perusahaan mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 2030 dan bagian komitmen mendukung Kementerian Kesehatan dalam menekan angka penularan penyakit Tuberkulosis (TBC) di Indonesia. 

Melalui gerakan sosialisasi ‘Bersatu Melawan TBC’ (United Against TB), Johson & Johnson berupaya memberdayakan kaum muda sebagai generasi untuk turut mendukung upaya penanggulangan TBC di Indonesia sejak 24 Maret 2022 lalu.

Sebelumnya perusahaan telah memperkenalkan empat filter interaktif untuk Facebook Instagram, dan situs web edukasi TBC yang menyediakan sumber daya dan informasi bagi kaum muda tentang TBC dengan cara yang menyenangkan dan menarik.

Di program terbaru TBWarrioors ini, generasi muda disuguhkan permainan Hunt & Find (Cari & Temukan) terkait dengan upaya edukasi penyakit TBC.

1 dari 4 halaman

Bagaimana cara mainnya?

Tidak hanya ringan dan menyenangkan, permainan TBWarriors juga mengajak publik dan anak muda untuk memahami penyakit TBC melalui kemampuan mendeteksi gejalanya. Permainan ini juga merangsang jiwa kompetitif, karena pemain di Indonesia dapat bersaing dengan generasi muda dari di negara lain seperti Thailand, Vietnam, dan Fillipina.

Permainan virtual yang dapat dilakukan secara berulang ini juga bertujuan mendorong dan membentuk perilaku dalam menghadapi dan menangani TBC, khususnya pemeriksaan, pencegahan, hingga pengobatan.

TBWarriors juga diharapkan dapat menciptakan katalisator dari kalangan generasi muda untuk berbagi pengetahuan dan meningkatkan pemahaman seputar TBC di kalangan teman, keluarga dan kolega.

Saat memainkan TB Warriors game, pemain ditantang untuk menemukan karakter pada gambar sebanyak-banyaknya yang menunjukkan gejala TBC dalam durasi secepat mungkin.

2 dari 4 halaman

Dua latar kota berbeda

Gambar yang tersedia menunjukkan lokasi padat dengan berbagai aktivitasmaupun kegiatan sehingga dibutuhkan kejelian untuk menemukan karakter-karakteryang diharapkan.

Setelah berhasil menemukan semua karakter, pemain akan mendapatkan aksesmenuju informasi terkait edukasi lebih lanjut mengenai TBC dan gejalanya.

TB Warriors© Jhonson & Jhonson

Pada akhir permainan, pemain akan menerima jumlah skor yang akan direkam secara otomatis dalam papan peringkat.

TB Warriors© Jhonson & Jhonson

Inovasi kreatif yang memanjakan mata publik ini rupanya ada keterlibatan M.Syaifuddin Ifoed yang merupakan  kartunis dan ilustrator asal Indonesia.

Permainan inimenyuguhkan ilustrasi spesifik terkait negara dimana pemain berada.

Rancangan desainnya menampilkan pemandangan dan landmark lokal yang telah dikenal publik, di mana Jakarta dan Bali menjadi desain latar utama pada permainan ‘TBWarriors' Indonesia.

3 dari 4 halaman

Bisa mempengaruhi perilaku kesehatan

“ Permainan ‘TB Warriors’ lahir dari sejumlah ide tentang bagaimana gamifikasi yang telah terbukti menjadi salah satu alat persuasi yang kuat dalam mempengaruhi perilaku kesehatan, terutama di kalangan generasi muda, dapat juga dikembangkan menjadi alat bantu dalam meningkatkan kepedulian dan keterlibatan anak muda dalam kampanye ini,” jelas Devy Yheanne selaku Country Leader of Communications & Public Affairs PT Johnson & Johnson Indonesia pada keterangannya, Kamis, 28 Juli 2022.

“ Kami percaya dengan pendekatan ini dapat menghidupkan kesadaran generasi muda dalam mengetahui penyebab tuberkulosis yang kami jadikan mobilisasi sebagai bagian dari gerakan kami,” tambahnya.

TB Warriors© Jhonson & Jhonson

Lebih lanjut, sebagai bagian dari gerakan ini, kamu bisa kunjungi www.tbwarriors.com yang menyediakan sumber edukasi, termasuk video pendidikan yang membahas topik utama, seperti ‘Apa itu TBC?’ dan ‘Gejala TBC’, cerita yang dapat membawa pemain memasuki kehidupan seseorang yang telah tertular TBC, dan informasi lain yang dapat diunduh.

Supaya gerakan ‘TB Warriors’ ini dapat merangkul generasi muda lebih luas lagi, Johnson & Johnson Indonesia berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk mitramedia dan menggagas kompetisi di ranah media sosial.

Selain itu, kolaborasi juga dilakukan dengan melibatkan beberapa influencer Indonesia untuk turut mendorong kesuksesan gerakan ini.

4 dari 4 halaman

Berlangsung hingga akhir 2022

Secara khusus, gerakan United Against TB mengakui pentingnya mobilisasi generasi mudauntuk mengakhiri TBC.

Remaja dan pemuda pada rentang usia produktif 15-34 tahun secara tidak proporsional dapat terkena TBC dan membawa beban berat akibat penyakit ini.

“ Sejalan dengan komitmen 10 tahun dalam membantu mengakhiri TBC, Johnson & Johnson menyadari bahwa langkah penting pertama adalah memungkinkanpartisipasi kami dalam upaya nasional untuk mengakhiri TBC serta menjajaki inisiatif untuk mengajak generasi muda menjadi agen perubahan di Indonesia,” tutur Devy.

Gerakan ini akan berlanjut hingga akhir 2022 sehingga dapat menginspirasi perilaku generasi muda dalam menyikapi TBC di antara mereka.

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More