Tips Membersihkan Berbagai Jenis Tas

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 20 April 2020 17:12
Tips Membersihkan Berbagai Jenis Tas
Agar tetap bersih dan terjaga kualitas bahannya.

Dream - Meskipun menyebabkan kekhawatiran dan stres, tapi pandemi Covid-19 juga menjadi alasan banyak orang untuk lebih menjaga kebersihan.

Tidak hanya kebersihan tubuh, semua hal yang ada di rumah, pakaan hingga aksesorismu juga harus bersih. Mungkin kamu telah terbiasa membersihkan pakaan, tubuh maupun peralatan rumah. 

Tapi, bagaimana dengan aksesoris seperti tas? Dilansir dari Miss Kyra, berikut cara membersihkan tas agar tetap bersih.

Tas merupakan hal yang selalu menemanimu kemana pun kamu sergi. Oleh karena itu, tas mengandung banyak bakteri meskipun terlihat bersih.

Jenis tas yang harus diperhatikan kebersihannya adalah tas belanja untuk membawa bahan makanan segar. Bersihkan juga tas tempat pakaian kotor atau sepatu.

Mulailah dengan membersikan pegangan dan bagian bawah tas. Untuk tas berbahan kulit, usapkan menggunakan kain lembap agar kualitasnya tetap terjaga.

Tas Kulit© Pexels.com

Pastikan kamu menggunakan disinfektan dan mencoba menerapkannya pada satu area tas terlebih dahulu, untuk memastikan bahannya tidak rusak terkena pembersih.

Untuk tas berbahan kain, rendamlah ke dalam air hangat dengan campuran detergen anti bakteri. Kamu juga bisa memasukkannya ke dalam mesin cuci agar bersih di bagian luar dan dalam.

Pembersihan menggunakan disinfektan dan kain bisa dilakukan juga untuk membersihkan tas koper. 

(Sumber: Miss Kyra)

1 dari 7 halaman

Tips Membuat Tas Kulit Lebih Awet

Dream - Banyak orang lebih menyukai tas berbahan kulit karena dianggap tidak mudah rusak. Tas dari bahan kulit juga diyakini lebih tahan rembesan air hujan dibandingkan yang menggunakan canvas maupun kain. 

Namun tas kulit memang bisa lebih awet jika kamu merawatnya dengan baik. Tak ini juga tak cepat rusak jika si pemiliknya menggunakan dengan hati-hati dan telaten.

Jika pemiliknya jorok dan tak rutin merawat, tas kulit bisa saja lebih cepat masuk gudang karena rusak.

Mengutip Miss Kyra, berikut bebrapa tips menyimpan dan merawat tas kulit agar lebih tahan lama yang bisa Sahabat Dream praktikan.

Memegang Tas Kulit dengan Tangan Bersih

Tas Kulit© Pexels.com

Bahan kulit pada tas akan menyerap minyak dan kotoran. Jadi, pastikan tanganmu bersih ketika memegang tas kulit. Kamu bisa membersihkannya dengan handuk lembap. Tapi pastikan tidak terlalu basah agar tasmu tidak rusak.

2 dari 7 halaman

Menggunakan Pembersih Khusus

Gunakan pembersih khusus untuk tas berbahan kulit dan jangan menggantinya dengan produk lainnya agar tidak menyumbat pori-pori pada bahan tasmu. Bersihkan tas maksimal dua kali setahun.

Menjaga Kelembapan Tas

Tas Kulit© Pexels.com

Kamu bisa membeli pelembap untuk tas kulit agar kelembapan tasmu terjaga dan tetap terlihat mengilap. Tapi, jangan gunakan pelembap tersebut pada dompet kulit.

Membersihkan Kotoran Sesegera Mungkin

Segera bersihkan kotoran seperti noda makanan atau darah pada tas kulit menggunakan bubuk kapur agar tidak menempel dan lebih sulit dihilangkan.

(Sumber: Miss Kyra)

3 dari 7 halaman

4 Hal yang Wajib Diperhatikan Ketika Memilih Tas

Dream - Mungkin Sahabat Dream familiar dengan berbagai jenis tas, mulai dari yang kuno sampai modern. Bisa jadi kamu termasuk kolektor tas yang dipilih berdasarkan kegunaan atau item khusus untuk acara tertentu

Meski sudah cukup expert, ada kalanya kamu juga dibuat bingung dengan banyaknya jenis tas yang dijual di pasaran. Terlebih jika model yang diinginkan ternyata memikat hati. 

Nah dari pada bingung, mengutip laman Times of India, berikut cara memilih tas yang tepat agar bisa digunakan sehari-hari dan pastinya cocok dengan kebutuhanmu.

4 dari 7 halaman

Cara Menggunakan Tas dan Kualitasnya

Caramu menggunakan tas dan profesi bisa membantu saat menentukan pilihan. Sahabat Dream bisa menentukan tas yang tepat untuk dibeli berdasarkan bawaan dan kondisi sehri-hari.

shutterstock© shutterstock.com

Tak lupa, kamu juga harus memilih kualitas yang terbaik agar bisa dipakai untuk jangka waktu cukup lama dan tidak mudah rusak.

5 dari 7 halaman

Perhatikan Talinya

Sahabat Dream perlu memilih tas kerja yang ergonomis. Pilihlah yang memiliki pegangan dan tali konversi. Penelitian menunjukkan bahwa wanita merasa lebih nyaman menggunakan tas punggung.

shutterstock© shutterstock.com

 

 

6 dari 7 halaman

Desain Klasik

Jika kamu tidak bekerja di industri fashion, hindari tas berlogo besar dan pilihlah yang berbentuk klasik.

Terutama, jika kamu menggunakan tas untuk memuat banyak hal. Gunakanlah totebag dengan tali kokoh yang nyaman untuk bahumu.

7 dari 7 halaman

Menggunakan Tas dengan Banyak Kantung

Membawa banyak hal dalam tas akan membuat bawaanmu berantakan. 

shutterstock© shutterstock.com

Jika tidak ingin bawaanmu berantakan, gunakan tas yang memiliki banyak kompartemen atau kantung.

Beri Komentar